6 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Coba cara-cara ini yuk, Ma!

8 Januari 2021

6 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung
allure.com

Perlu Mama ketahui bahwa jerawat tidak hanya muncul pada kulit wajah tetapi juga pada punggung. Bahkan jerawat yang muncul di punggung akan jauh lebih sulit untuk dihilangkan dibandingkan dengan jerawat pada wajah.

Jerawat punggung disebabkan oleh penumpukan minyak dan sel kulit mati di sekitar pori-pori. Karena terkait hormon, mungkin beberapa orang akan lebih rentan terhadap pertumbuhan jerawat di punggung.

Meskipun jerawat di punggung cenderung normal, ada kalanya kita merasa tidak nyaman dengan kehadiran jerawat tersebut. Oleh karena itu Popmama.comtelah merangkum beberapa tips yang bisa mama terapkan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Ada apa saja, ya?

1. Mengganti sabun mandi dengan bahan yang lebih alami

1. Mengganti sabun mandi bahan lebih alami
Freepik/Yanalya

Sabun mandi tentu memiliki peran yang penting untuk mengalami masalah jerawat pada punggung karena kita menggunakan sabun mandi untuk membersihkan badan. Kandungan yang dimiliki dalam sabun mandi yang kita pakai perlu untuk diperhatikan.

Untuk mengatasi jerawat di punggung, Mama bisa menggunakan sabun mandi yang mengandung asam salisilat atau BHA yang dapat mengelupas lapisan permukaan kulit.

Selain itu, asam glikolat dan asam laktat yang ada dalam sabun mandi dapat membantu menghilangkan bintik hitam bekas jerawat dan mampu menghaluskan kulit.

2. Mandi setelah berolahraga

2. Mandi setelah berolahraga
Freepik

Bakteri yang menyebabkan jerawat biasanya akan berkembang biak pada kulit yang berkeringat. Oleh karena itu, sangat penting untuk langsung mengganti pakaian ketika terkena keringat atau setelah berolahraga.

Keringat yang mengendap di pakaian akan membuat kulit punggung menjadi kotor, karena hal itu Mama harus segera membersihkan badan Mama dengan cara mandi untuk menghilangkan kotoran dari keringat.

Selain itu, bilas sabun atau sampo dengan benar agar tidak tersisa di punggung yang dapat menimbulkan jerawat.

Editors' Picks

3. Menggunakan scrub sebelum mandi

3. Menggunakan scrub sebelum mandi
Freepik

Bintik-bintik hitam yang ada di punggung merupakan jerawat kering yang membekas dan membentuk luka kecil. Sebelum mandi, Mama bisa melakukan scrub terlebih dahulu untuk mengangkat kulit mati yang ada di punggung.

Perlu Mama ingat untuk menggosok punggung dengan cara yang lembut agar tidak menimbulkan peradangan pada punggung.

Gunakan scrub dengan bulir yang tidak terlalu besar untuk mencegah terjadinya iritasi akibat luka yang ditimbulkan oleh scrub dengan bulir yang besar.

4. Menggunakan pelembab tubuh yang tepat

4. Menggunakan pelembab tubuh tepat
Pexels/Andrea Piacquadio

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, oleh karena itu penanganannya pun akan berbeda. Memakai pelembab pada bagian punggung dapat Mama lakukan untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan tidak mengalami kekeringan.

Produk pelembab yang memiliki kandungan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam glikolat adalah pilihan yang tepat.

Jangan menggunakan pelembab yang memiliki kandungan minyak lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya karena jerawat punggung dapat muncul karena minyak yang berlebih pada kulit.

5. Jenis pakaian tertentu picu timbulnya jerawat punggung

5. Jenis pakaian tertentu picu timbul jerawat punggung
Freepik/ensila

Jenis pakaian tertentu dapat memicu timbulnya jerawat di punggung. Pakaian yang terlalu ketat dapat mendorong minyak dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Gesekan yang ditimbulkan dari pakaian yang terlalu ketat juga dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan benjolan merah.

Gunakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat agar kulit dapat menerima oksigen yang cukup. Namun, hal yang paling penting adalah dengan mengganti pakaian saat merasa bahwa pakaian yang Mama kenakan sudah basah karena keringat.

6. Berkonsultasi dengan dokter kulit

6. Berkonsultasi dokter kulit
Freepik/nensuria
Ilustrasi

Jika Mama sudah melakukan berbagai cara yang disebutkan sebelumnya namun masih tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit sebagai ahli nya.

Dokter kulit dapat memberikan saran terkait perawatan dan resep-resep yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah jerawat di punggung.

Nah, jadi itulah beberapa hal yang bisa Mama lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Perlu Mama ingat jika tidak ada satupun dari perawatan yang telah disebutkan sebelumnya berhasil untuk menghilangkan jerawat di punggung, segera berkonsultasi dengan ahli nya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.