6 Cara Merawat Eyelash Extension agar Lebih Awet

Perlu di rawat dengan benar ya, Ma!

24 November 2021

6 Cara Merawat Eyelash Extension agar Lebih Awet
fustany.com

Sambung bulu mata atau eyelash extension merupakan pilihan yang tepat untuk Mama yang menginginkan tampilan bulu mata lentik dan cantik, seperti yang dilansir dari byrdie.com. Menggunakan eyelash extension dapat membuat penampilan semakin on point dan tentunya lebih praktis.

Untuk menjaga bulu mata tetap on point, Mama perlu untuk merawat eyelash extension dengan seksama. Jika tidak dilakukan perawatan dengan cara yang benar, bulu mata sambung bisa dengan mudahnya rusak dan rontok.

Untuk menjaga keindahan dari eyelash extension bisa dilakukan dengan 6 tips merawat eyelash extension yang telah Popmama.com rangkum berikut ini. Yuk, disimak!

1. Hindari air selama 48 jam pertama

1. Hindari air selama 48 jam pertama
Freepik/Studiomay

Setelah eyelash extension baru dipasang, kelembapan pada sekitar mata mungkin akan merusak bagian ujung bulu mata. Setidaknya biarkan selama 48 jam untuk memastikan lem yang dipakai sudah kering sepenuhnya.

Jika memang harus membersihkan riasan yang ada di mata, Mama bisa menggunakan penghapus makeup yang bebas minyak. Jika mencuci muka, pastikan agar bagian mata tidak terkena air ya, Ma.

2. Hindari penggunaan produk berbasis minyak

2. Hindari penggunaan produk berbasis minyak
Freepik/margarita88

Minyak dapat membuat lem yang menahan bulu mata menjadi pecah sehingga akan lebih mudah untuk mengalami kerontokan. Hindari pembersih wajah dan juga makeup remover yang mengandung minyak untuk sementara.

Coba gunakan pembersih wajah berbasis gel atau micellar water yang bebas minyak. Pastikan untuk selalu membersihkan mata setelah berkegiatan selama seharian untuk menghindari kotoran pada bulu mata.

Editors' Picks

3. Jangan mengusap mata

3. Jangan mengusap mata
Freepik

Hindari mengusap mata terlalu keras pada saat menggunakan eyelash extension, jika Mama memiliki kebiasaan ini maka harus segera dihentikan, ya! Kebiasaan mengusap mata hanya akan merusak eyelash extension yang dipakai.

Mengusap mata akan membuat bulu mata menjadi rontok, tak hanya bulu mata sambungan tetapi juga bulu mata asli. Jika mata terasa gatal, Mama bisa menggunakan cotton bud dan usap pada bulu mata secara perlahan.

4. Hindari produk mata yang waterproof

4. Hindari produk mata waterproof
Pexels/Aleks

Apapun yang tahan air maka tidak akan hilang hanya dengan mencuci muka dalam waktu yang lama. Biasanya untuk menghapus produk yang waterproof, dibutuhkan pembersih yang berbahan dasar minyak untuk menghilangkannya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Mama perlu menghindari produk berbasis minyak karena dapat melunturkan lem yang digunakan untuk bulu mata. Lebih baik gunakan produk mata yang tidak waterproof ya, Ma.

5. Jangan cabut eyelashes extension sendiri

5. Jangan cabut eyelashes extension sendiri
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Mungkin jika sudah menggunakannya terlalu lama, bulu mata sambung akan secara perlahan menjadi tidak rapi dan terlihat miring. Namun, jangan sekali-kali Mama mencoba untuk mencabutnya sendiri dengan menggunakan tangan karena merasa tidak nyaman dengan bulu mata yang mulai tidak rapi.

Mencabut eyelash extension secara tidak sadar akan membuat bulu mata asli juga ikut tercabut. Agar lebih aman, coba datangi klinik kecantikan agar dapat dilepas dengan bantuan ahli kecantikan.

6. Rutin menyisir bulu mata

6. Rutin menyisir bulu mata
Pexels/Karolina Grabowska

Untuk menjaga penampilan bulu mata yang tetap rapi dan bagus, Mama bisa menyisir bulu mata untuk merapikan bulu mata yang miring atau kusut. Lakukan secara rutin setelah bangun tidur, mandi, atau cuci muka dengan menggunakan spoolie brush.

Selain itu, Mama juga harus menjaga agar spoolie brush yang digunakan selalu dalam keadaan yang bersih dan juga kering.

Nah, itulah enam hal yang bisa Mama lakukan untuk merawat eyelash extension agar tahan lama dan tentunya tetap terlihat rapi dan lentik. Jangan sampai salah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.