Cara Merawat Kulit wajah Berdasarkan Jenisnya

Apakah Mama sudah mengetahui jenis kulit apa yang Mama miliki?

20 Mei 2022

Cara Merawat Kulit wajah Berdasarkan Jenisnya
Freepik/benzoix

Untuk memberikan perawatan pada kulit, Mama harus mengetahui terlebih dahulu jenis kulit seperti apa yang Mama miliki agar perawatan yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal.

Melakukan perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit yang sesuai akan membuat kulit mengalami permasalahan seperti timbulnya jerawat, beruntusan, kemerahan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki masing-masing orang.

Berikut, Popmama.comrangkum 5 jenis kulit dan bagaimana cara merawatnya untuk mendapatkan perawatan kulit yang tepat:

1. Kulit normal biasanya memiliki masalah kulit yang lebih sedikit

1. Kulit normal biasa memiliki masalah kulit lebih sedikit
Freepik/drobotdean

Untuk Mama yang memiliki jenis kulit normal, maka Mama sangat beruntung karena kulit akan terlihat sehat dan tidak terlihat menua sebelum waktunya.

Jenis kulit normal ini biasanya memiliki masalah kulit yang lebih sedikit dan cukup mudah dalam melakukan perawatan.

Selain itu, kulit normal biasanya akan terlihat lebih merona, tidak berminyak dan kusam, serta tidak kering. Yang dibutuhkan untuk merawat jenis kulit ini adalah dengan membersihkan wajah dengan rutin dan menggunakan pelembap untuk menjaganya tetap lembap.

Editors' Picks

2. Kulit kering yang mudah alami mudah mengalami iritasi

2. Kulit kering mudah alami mudah mengalami iritasi
Freepik/master1305

Kulit kering menghasilkan lebih sedikit minyak dan memilki garis yang sedikit menonjol di area mata dan juga mulut. Kulit jenis ini biasanya akan terlihat lebih kusam, kasar, dan juga lebih mudah mengalami iritasi.

Jenis kulit ini sangat rentan terhadap kekeringan dan juga perubahan suhu atau cuaca di sekitar. Sehingga perawatan yang diperlukan adalah dengan menggunakan produk yang tidak mengandung pewangi atau antibakteri.

Selain itu, hindari menggosok muka terlalu keras pada saat mencuci muka karena hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Selalu gunakan pelembap setelah mandi dan juga menggunakan produk dengan bahan dasar petroleum jelly untuk mengunci kelembapan dalam kulit.

3. Kulit berminyak atau berjerawat

3. Kulit berminyak atau berjerawat
Freepik/user18526052

Jenis kulit ini biasanya lebih rentan mengalami kemerahan, lebih berkilau karena minyak, dan memiliki pori-pori yang besar.

Biasanya jenis kulit ini akan lebih sering mengalami masalah komedo dan juga jerawat karena memiliki kelenjar minyak yang menghasilkan sebum secara berlebihan.

Orang yang memiliki jenis kulit seperti ini harus bisa menjaga agar kulit tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan selalu menggunakan sunscreen baik itu saat sedang berada di rumah.

Selain itu gunakan lah produk yang memiliki bahan dasar air yang lebih besar agar kulit tidak semakin berminyak dan mampu mencegah timbulnya jerawat.

4. Kulit kombinasi bisa lebih berminyak dari jenis kulit lain

4. Kulit kombinasi bisa lebih berminyak dari jenis kulit lain
beautyundercover.sg

Jenis ini termasuk dalam jenis kulit normal namun berminyak di zona T. Zona T sendiri terdiri dari area hidung, dahi, dan dagu.

Jenis kulit ini perlu dilindungi dengan baik dari sinar matahari karena akan lebih berminyak dibandingkan jenis kulit lainnya.

Selain itu, jenis kulit kombinasi lebih sensitif terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Dengan begitu, untuk merawat jenis kulit kombinasi ini membutuhkan pencuci muka yang lembut untuk membersihkan pori-pori secara mendalam.

Selain itu menggunakan pelembap hanya pada area yang kering atau normal serta menghindari produk yang mengandung pewangi dan juga alkohol.

5. Kulit sensitif harus memerhatikan jenis produk

5. Kulit sensitif harus memerhatikan jenis produk
Freepik/doucefleur

Untuk yang memiliki jenis kulit sensitif benar-benar harus memerhatikan produk perawatan yang digunakan. Hal ini dikarenakan jika menggunakan produk yang terlalu keras, maka akan membuat kulit mengalami iritasi, kemerahan, dan gatal.

Orang yang memiliki jenis kulit sensitif ini harus menghindari produk yang mengandung pewangi, alkohol, dan zat asam. Selain itu carilah produk yang memiliki kandungan lidah buaya, chamomile serta menggunakan produk yang memiliki kandungan kimia yang rendah untuk mengurasi resiko iritasi pada kulit.

Perawatan kulit secara umum juga perlu dilakukan untuk semua jenis kulit seperti memperbanyak minum air putih agar kulit tetap terhidrasi, rutin membersihkan wajah sebelum tidur, dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan sampai salah melakukan perawatan untuk jenis kulit yang berbeda ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk