7 Cara Sederhana Mengurangi Minyak di Wajah

Wajah berminyak? Cek berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah

1 Desember 2020

7 Cara Sederhana Mengurangi Minyak Wajah
Pexels/Sound On

Minyak berlebih pada wajah seringkali menjadi masalah terutama bagi perempuan yang gemar menggunakan makeup. Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak.

Sebenarnya tidak semua sebum buruk bagi kulit karena dapat membantu melindungi dan melembabkan kulit. Namun, jika terlalu banyak sebum dalam kulit akan menyebabkan kulit berminyak dan pori-pori tersumbat.

Kali ini, Popmama.comakan memberikan 7 cara yang dapat Mama coba untuk mengurangi minyak berlebih yang ada pada kulit wajah. Ada apa saja, ya?

1. Rajin mencuci muka

1. Rajin mencuci muka
Pexels/Victoria Santos

Mencuci wajah secara teratur akan mengurangi jumlah minyak yang ada pada kulit wajah. Mama juga perlu ingat untuk tidak menggunakan sabun pencuci muka dengan pewangi atau tambahan bahan kimia lainnya yang akan mengiritasi kulit.

Memilih pembersih wajah yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal pada kulit Mama. Jangan sampai Mama mencuci muka secara berlebihan atau terlalu kasar karena hal itu dapat membuat wajah memproduksi minyak lebih banyak.

2. Menggunakan blotting paper atau kertas minyak

2. Menggunakan blotting paper atau kertas minyak
smarthomekeeping.com

Ketika Mama merasa bahwa kulit wajah mulai mengeluarkan minyak berlebih dan terasa sangat licin, gunakan kertas minyak untuk menguranginya. Gunakanlah kertas minyak sesuai dengan kebutuhan yang ada agar minyak bisa berkurang.

Jangan menggunakan kertas minyak terlalu banyak tiap harinya karena itu akan membuat kulit wajah Mama terlalu kering. Menggunakan kertas minyak diwajah dapat dilakukan sesekali sebagai upaya sederhana untuk menghilangkan kilau berlebih dan menjaga riasan yang Mama pakai tetap utuh.

Editors' Picks

3. Menggunakan madu

3. Menggunakan madu
Pixabay/Stevepb

Untuk menghilangkan bakteri dan minyak berlebih, Mama bisa memanfaatkan madu yang ada di rumah. Madu secara alami bersifat antibakteri sehingga mampu membantu mengunci kelembapan pada kulit.

Mama hanya perlu mengoleskan madu diwajah dan diamkan selama beberapa menit, hingga kemudian dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Mama bisa menggunakan madu organik ataupun madu mentah.

4. Oat sebagai anti inflamasi alami

4. Oat sebagai anti inflamasi alami
Pixabay/Fotoblend

Selain dipakai untuk menu sarapan, ternyata oat juga bisa membantu Mama untuk mengurangi minyak berlebih. Anti inflamasi yang ada pada oat akan membantu menenagkan kulit wajah.

Seperti membuat oatmeal pada umumnya namun tanpa topping, Mama bisa membiarkannya hingga mendingin baru kemudian oleskan di wajah dan diamkan selama 20 menit. Cuci wajah dengan air hangat dan oleskan pelembab untuk mengunci hasil dari oat yang ada di wajah Mama.

5. Masker lidah buaya

5. Masker lidah buaya
Pixabay/Rosina-Sch

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit yang terbakar sinar matahari, lidah buaya juga mampu mengobati jerawat dan dapat membantu penyembuhan kulit. Jika wajah teriritasi akibat siklus seperti berminyak-kering-lalu berminyak, maka lidah buaya bisa membantu menenangkan kondisi kulit tersebut.

Sebelum tidur, Mama hanya perlu mengoleskan masker lidah buaya di kulit wajah dan didiamkan selama semalaman. Kemudian pada pagi hari, seperti biasa bersihkan wajah Mama dan rasakan efek pendinginan dari pemakaian masker lidah buaya pada wajah. Jika Mama rutin melakukan hal ini, maka khasiat yang dihasilkan akan semakin terasa.

6. Manfaatkan vitamin dari tomat

6. Manfaatkan vitamin dari tomat
Unsplash/Vincen Lee

Kandungan vitamin B, antioksidan, dan enzim yang ada pada tomat sangat bagus untuk kulit. Enzim yang ada pada tomat akan membantu mengangkat sel kulit mati yanga da pada kulit wajah.

Vitamin dan antioksidannya akan membantu mengurangi peradangan dan tanda penuaan. Namun, perlu Mama ingat juga bahwa tomat mengandung asam sehingga Mama perlu berhati-hati dan tidak menggunakannya terlalu sering agar tidak terjadi iritasi pada wajah.

7. Menggunakan buttermilk

7. Menggunakan buttermilk
foodnetwork.com

Asam laktat bagus digunakan untuk semua jenis perawatan kulit karena dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Buttermilk secara alami mengandung asam laktat yang tinggi.

Tingkat keasaman yang tinggi bisa membuat susu terasa pahit, namun ternyata dapat membantu menghaluskan kulit.

Mama bisa menggunakan buttermilk sebagai bahan yang dapat mengurangi minyak berlebih dengan cara mencampurnya dengan gandung untuk kemudian dapat diolah menjadi masker wajah.

Nah, itu dia 7 cara yang dapat Mama lakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, perlu Mama ingat bahwa keberhasilan dari pengobatan a la rumahan ini bergantung pada situasi spesifik kulit wajah dan juga produk yang Mama gunakan.

Jika kulit Mama menjadi sensitif saat menggunakan produk apapun, hentikan penggunaannya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.