6 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Perawatan ini bisa bikin rambut Mama lebih panjang lho

6 Januari 2021

6 Cara Menumbuhkan Rambut Cepat
Pexels/Javier Pastrana

Mengalami kesulitan saat ingin membuat rambut lebih panjang? Seringkali perempuan mengalami hal ini karena beberapa faktor mulai dari pola makan dan juga gaya hidup.

Memiliki rambut panjang dan juga sehat menjadi impian bagi sebagian perempuan. Oleh karena itu Popmama.comtelah merangkum 6 cara yang dapat membantu Mama menumbuhkan rambut lebih cepat. Yuk, disimak!

1. Jangan sampai folikel tersumbat

1. Jangan sampai folikel tersumbat
Freepik/Sakoodter1

Minyak, kotoran, dan beberapa produk kepala dapat menyumbat folikel rambut sehingga akan menghambat pertumbuhan rambut yang sehat.

Untuk menghindari hal ini, Mama bisa mengurangi penggunaan produk penata rambut seperti hairspray, parfum rambut, dan produk lainnya yang mampu menambah volume rambut.

Biasanya penggunaan produk-produk tersebut menjadi penyebab utama yang umum.

2. Eksfoliasi kulit kepala

2. Eksfoliasi kulit kepala
Freepik/Youranedopekin

Kulit kepala adalah tempat utama yang dapat memastikan pertumbuhan rambut yang sehat. Karena hal itulah, pengelupasan kulit dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Mama bisa menggunakan shampoo yang mengandung bahan untuk mengefoliasi atau bisa juga dengan melakukan scrub kulit kepala sebanyak seminggu sekali untuk menghilangkan dan membersihkan sebum yang berlebihan pada kulit kepala.

Editors' Picks

3. Mendapatkan asupan kafein secukupnya

3. Mendapatkan asupan kafein secukupnya
Freepik

Kafein dipercaya mampu merangsang rambut yang terhalang oleh zat kimia yang mana diketahui dapat merusak folikel rambut. Namun, perlu diingat bahwa meminum kopi bukanlah cara yang dapat mengatasi hal tersebut

Sebagai penggantinya, Mama bisa menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan kopi di dalamnya. Dengan begitu produk perawatan rambut dengan bahan dasar kopi akan membantu mendorong pertumbuhan rambut.

4. Memijat kulit kepala saat berkeramas

4. Memijat kulit kepala saat berkeramas
Unsplash/Erick Larregui

Memijat kulit kepala akan merangsang sirkulasi darah dan membantu pembuluh darah kecil yang akan memberikan nutrisi pada folikel rambut bekerja dengan baik. Mama bisa menarik rambut secara lembut sehingga dapat dirasakan ketegangan pada kulit kepala dan bukan rasa nyeri yang dirasakan.

Selain itu bisa dilakukan teknik mengetuk kulit kepala secara berirama dan menyeluruh, hal ini akan sangat mudah untuk Mama lakukan sendiri di rumah. Namun, jika ingin merasakan pijatan yang lebih terasa lagi, Mama bisa menggunakan jasa profesional untuk memijat kulit kepala agar terasa lebih rileks.

5. Melonggarkan ikat rambut yang terlalu kencang

5. Melonggarkan ikat rambut terlalu kencang
Unsplash/Chris Slupski

Seringkali kita menggunakan ikat rambut yang kencang untuk menjaga rambut agar tetap rapi saat di kuncir, namun pada kenyataannya hal tersebut hanya akan membuat rambut menjadi rusak dan menghambat pertumbuhan rambut.

Memiliki ikat rambut yang tepat adalah hal yang sangat penting agar rambut tetap bisa menerima oksigen dan menjadikannya lebih sehat.

Jika Mama pernah menggunakan ikat rambut yang berbentuk seperti kabel, segera hentikan. Ikat rambut tersebut dapat melilit rambut dan menekannya terlalu keras sehingga akan membuat rambut menjadi mudah patah.

6. Mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini

6. Mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini
Freepik

Produk penataan rambut dan mewarnai rambut bisa menjadi faktor utama mengapa rambut Mama sulit untuk tumbuh panjang dan sehat. Selain itu, keramas setiap hari juga dapat merusak minyak esensial alami kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Menyisir rambut secara kasar pada saat kondisi rambut sedang basah juga akan membuatnya mudah patah dan menjadikan rambut lebih rapuh. Terlalu sering menggunakan catokan rambut dengan tanpa memberikan nutrisi yang cukup pada rambut akan menghambat pertumbuhan rambut.

Untuk memiliki rambut yang mudah tumbuh tentunya Mama perlu untuk mengurangi produk-produk berbahan kimia yang dapat merusak nutrisi rambut. Mungkin Mama bisa menggunakan produk rambut yang mengandung bahan alami atau organik

Coba cegah kerusakan rambut yang dapat menghambat pertumbuhan rambut dengan memerhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.