6 Cara Melembapkan Kulit agar Tetap Terhidrasi dan Tidak Kering

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kering

20 September 2021

6 Cara Melembapkan Kulit agar Tetap Terhidrasi Tidak Kering
Pexels/Sora Shimazaki

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan karena terdapat banyak hal yang perlu untuk dilakukan, salah satunya adalah menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Namun, seringkali permasalahan kulit seperti kulit yang kering membuat wajah terasa gatal, kusam, dan meradang. Untuk menghindari hal tersebut, maka Mama harus bisa menjaga kulit agar tetap lembap.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 cara melembapkan kulit. Yuk, disimak!

1. Menggunakan facewash dengan formula ringan

1. Menggunakan facewash formula ringan
Pexels/Ron Lach

Salah satu penyebab kulit menjadi kering adalah penggunaan facewash yang tidak sesuai dengan kondisi kulit sehingga dapat menghilangkan minyak alami pada wajah.

Melakukan double cleansing setelah menggunakan makeup untuk menghilangkan minyak berlebih atau kotoran merupakan hal yang harus dilakukan, tapi jangan berlebihan.

Untuk menghindari kulit yang kering, maka gunakan facewash dengan formula yang lembut dan cuci muka sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Menggunakan toner setelah mencuci muka

2. Menggunakan toner setelah mencuci muka
Freepik/User3008571

Setelah mencuci muka, minyak alami pada kulit ikut terangkat bersamaan dengan kotoran yang menempel pada kulit. Dengan begitu, segera gunakan toner yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau ceramide.

Kedua kandungan ini dapat berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan kelembapan kulit. Terdapat banyak produk toner yang memiliki kedua kandungan tersebut sehingga Mama tidak perlu khawatir.

Editors' Picks

3. Jangan pernah melupakan pelembap

3. Jangan pernah melupakan pelembap
Pexels/Shiny Diamond

Jangan pernah melupakan penggunaan pelembap jika ingin wajah tetap terhidrasi dan juga lembap. Pelembap yang digunakan setelah mencuci muka akan bekerja dengan membuat kulit terhidrasi dan menguncinya sehingga kulit tidak terasa kering.

Pilih pelembap dengan tekstur gel yang ringan. Pelembap yang memiliki tekstur gel biasanya tidak akan membuat kulit terasa lengket dan terlihat greasy.

4. Menggunakan serum humektan

4. Menggunakan serum humektan
Pexels/Chill Jane

Humektan sendiri merupakan bahan dalam skincare yang dapat membantu untuk melembapkan kulit. Serum sendiri diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi yang dirancang untuk kulit agar menjadi lebih lembab.

Humektan dalam serum dapat berupa hyaluronic acid dan gliserin untuk menjaga kulit tetap kenyal dan juga mengunci kelembapan pada kulit.

5. Menggunakan face oil

5. Menggunakan face oil
Freepik/User15098835

Belakangan ini, penggunaan face oil menjadi hal yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Face oil tidak memiliki berbagai macam kandungan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, salah satunya adalah lipid.

Kandungan lipid yang ada pada face oil bekerja untuk menjaga kadar air dalam kulit dan sebum alami agar tetap seimbang. Gunakan face oil yang sesuai dengan jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mengonsumsi makanan yang seimbang

6. Mengonsumsi makanan seimbang
Freepik/gpointstudio

Untuk menjaga kelembapan kulit, maka Mama harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan padat air dan kaya akan antioksidan.

Banyak makanan yang dapat membantu kulit menjadi lebih lembab seperti sayuran hijau dan juga buah-buahan segar.

Pola makan yang sehat dengan makanan yang mengandung banyak mineral dapat membuat kulit menjadi lebih lembab secara alami.

Nah, itulah enam cara yang dapat Mama lakukan untuk menjaga kelembapan pada kulit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kadar air dalam tubuh akar kulit juga bisa lebih kenyal dan sehat ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.