Dapat Membuat Rambut Halus, Inilah 5 Jenis Makanan yang Harus Dicoba

Mama pasti sudah tidak asing dengan makanan ini

12 Mei 2021

Dapat Membuat Rambut Halus, Inilah 5 Jenis Makanan Harus Dicoba
Freepik/lookstudio

Untuk memiliki rambut yang sehat dan juga berkilau, perawatan dari dalam juga diperlukan lho, Ma.

Jika biasanya kita merawat rambut dengan cara memakai masker rambut atau perawatan luar lainnya, memperhatikan makanan yang kita makan juga sama pentingnya untuk membuat rambut menjadi sehat.

Makanan yang dikonsumsi harus mencakup vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan memperkuat kutikula dari dalam.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum makanan-makanan yang dapat membantu untuk memberikan perawatan untuk rambut. Yuk, disimak!

1. Chia Seeds, akan memperkuat folikel rambut

1. Chia Seeds, akan memperkuat folikel rambut
Pixabay/ValeriaLu

Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 merupakan makanan yang berperan penting untuk membuat rambut menjadi berkilau. Chia seeds atau biji sia merupakan sumber asam lemak yang bagus untuk rambut.

Selain itu, chia seeds juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang kuat seperti kalsium, protein, dan fosfor. Vitamin dan mineral yang ada ini berfungsi untuk mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuat kutikula.

Chia seeds dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkan nya ke dalam makanan atau menaburkan nya ke dalam segelas jus, susu, atau smoothie.

Editors' Picks

2. Bayam, dapat mempercepat pertumbuhan rambut

2. Bayam, dapat mempercepat pertumbuhan rambut
Freepik/racool-studio

Sayuran yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan rambut, kuku, dan juga kulit. Bayam mengandung cat besi dengan jumlah yang tinggi sehingga dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan pada rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A dan vitamin V yang dapat membantu pertumbuhan rambut dengan cepat dan membuatnya menjadi lebih halus.

3. Tomat, dapat menghilangkan bau tak sedap pada rambut

3. Tomat, dapat menghilangkan bau tak sedap rambut
Freepik/azerbaijan_stockers

Seperti yang sudah diketahui bahwa tomat merupakan sumber Vitamin A, B, C dan E yang dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan mencegah kerontokan.

Selain itu, tomat juga dapat membantu untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Jika Mama menginginkan rambut panjang yang berkilau, lembut, dan terlihat indah maka perbanyak konsumsi tomat baik itu sebagai salad, jus, atau olahan makanan yang lainnya.

4. Wortel, dapat mengatasi kerontokan rambut

4. Wortel, dapat mengatasi kerontokan rambut
Freepik/topntp26

Selama ini kita mengetahui bahwa wortel dapat membantu meningkatkan penglihatan, ternyata wortel juga dapat meningkatkan kesehatan rambut lho, Ma.

Sama seperti ubi, wortel juga merupakan sumber beta-karoten yang mana dapat mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Vitamin A yang ada di dalam wortel dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberikan kilauan alami pada rambut.

5. Pisang, untuk mencegah penipisan rambut

5. Pisang, mencegah penipisan rambut
Freepik/Lifeforstock

Jika kekurangan vitamin B6 maka akan terjadi penipisan dan kerontokan pada rambut yang tentunya ingin dihindari.

Pisang mengandung vitamin B6 yang mana dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam pisang memiliki fungsi sebagai pelindung folikel rambut dan membuatnya tetap terlihat berkilau.

Nah, itulah lima makanan yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut seperti mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut. Jadi Mama mau coba makanan yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.