Digemari Banyak Orang, Ini Manfaat dari Minyak Argan untuk Kecantikan

Rasakan berbagai manfaat dari minyak argan ini

18 Januari 2021

Digemari Banyak Orang, Ini Manfaat dari Minyak Argan Kecantikan
np-d.com

Minyak argan adalah minyak alami yang di ekstrak dari biji pohon argan yang berasal dari Maroko. Minyak argan sering digunakan dalam perawatan kulit karena kaya akan asam lemak dan antioksidan.

Meskipun harganya terbilang mahal, Mama tidak perlu khawatir karena penggunaannya yang hanya memerlukan beberapa tetes saja.

Lalu, sebenarnya apa saja sih manfaat yang diberikan oleh minyak argan bagi kesehatan kulit? Kali ini Popmama.comtelah merangkum 5 manfaat minyak argan yang bisa membantu memberikan perawatan pada kulit. Yuk, disimak!

1. Menjadi pelembab malam hari

1. Menjadi pelembab malam hari
Freepik/nensuria

Minyak argan adalah salah satu minyak alami yang mudah terserap dalam kulit dan tidak meninggalkan residu yang berminyak.

Vitamin A dan vitamin E yang ada di dalamnya dapat membantu mengurangi kerutan halus dan menjaga kelembapan pada area kulit.

Untuk musim dingin atau iklim yang lebih kering, Mama memerlukan minyak argan untuk menjaga kulit menjadi lebih lembab.

Caranya hanya dengan meneteskan 1 tetes minyak argan ke telapak tangan dan gosok hingga menyebar, baru setelah itu aplikasikan pada wajah dengan gerakan yang memutar di sekitar wajah dan juga leher. Diamkan semalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Editors' Picks

2. Menyegarkan kulit

2. Menyegarkan kulit
Freepik/drobotdean

Mengencangkan kulit adalah hal yang perlu dilakukan dalam perawatan kulit dan minyak argan akan berfungsi sebagai toner kulit yang alami. Minyak argan berfungsi untuk melawa jerawat, bintik hitam tanda hitam penuaan dan kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu minyak argan juga dapat membuat warna kulit menjadi lebih merata. Minyak argan dapat berfungsi sebagai toner alami untuk mengangkat sisa kotoran yang ada pada kulit wajah.

3. Membantu mengontrol minyak di wajah

3. Membantu mengontrol minyak wajah
Freepik

Dari sebuah penelitian, minyak argan terbukti mampu mengatasi masalah kulit yang berminyak secara berlebihan. Minyak argan akan menurunkan tingkat produksi sebum pada kulit wajah.

Selain itu, karena termasuk sebagai minyak yang mudah diserap oleh kulit minyak argan tidak akan menyebabkan komedo dan pori-pori yang membesar.

4. Eksfoliasi kulit

4. Eksfoliasi kulit
Freepik

Eksfoliasi secara teratur dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan juga kerutan tanda penuaan. Selain itu minyak argan dapat membantu memberikan kesegaran pada kulit wajah sehingga akan terlihat lebih berseri.

Caranya cukup mudah, Mama hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan gula merah dengan beberapa tetes minyak argan dan gosokkan ke wajah dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 2 hingga 4 menit kemudian setelah bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Mampu mengatasi masalah jerawat

5. Mampu mengatasi masalah jerawat
Freepik/benzoix

Minyak argan dapat mengurangi kadar sebum pada orang yang memiliki tipe wajah berminyak. Asam lemak esensial dalam minyak argan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, minyak argan dapat membantu menenangkan sel-sel kulit yang rusak. Mama hanya perlu mengoleskan minyak argan ke titik-titik yang berjerawat dan diamkan sampai meresap. Cara ini akan menenangkan kulit yang merah akibat jerawat.

Nah, jadi itulah beberapa manfaat untuk kulit yang diberikan oleh minyak argan. Apakah Mama tertarik untuk menggunakan minyak argan sebagai salah satu daftar perawatan kulit yang Mama miliki?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.