5 Efek Samping Penggunaan Kopi untuk Wajah

Bisa membuat kulit kering

28 Januari 2022

5 Efek Samping Penggunaan Kopi Wajah
Pexels/negative-space

Mungkin Mama sudah tidak asing lagi dengan manfaat kopi yang diberikan untuk kesehatan kulit. Karena memiliki berbagai macam manfaat, kopi juga seringkali dijadikan sebagai salah satu kandungan yang ada di dalam produk skincare.

Namun, tak banyak yang mengetahui apa saja efek samping dari penggunaan kopi pada kesehatan kulit wajah jika digunakan secara berlebihan. Meskipun terdapat beberapa manfaat baik, kopi juga memiliki kerugian tertentu pada kulit, seperti yang dilansir dalam shethepeople.tv.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 efek samping dari penggunaan kopi atau kafein pada kesehatan kulit. Yuk, disimak!

1. Membuat kulit kering

1. Membuat kulit kering
Freepik/master1305

Sudah menjadi fakta ilmiah yang terkenal bahwa kafein dapat menyebabkan dehidrasi yang mana fakta tersebut juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Pada saat hal itu terjadi, maka akan membuat penumpukan racun yang merugikan kulit.

Oleh karena itu, jika terlalu banyak kopi maka akan menyebabkan kulit menjadi keriput dan kendur sebelum waktunya.

Editors' Picks

2. Menimbun sel kulit mati

2. Menimbun sel kulit mati
Freepik/wayhomestudio

Terkadang secara tanpa sadar Mama menggunakan produk kopi dengan varian latte dan cappuccino. Dengan begitu, maka kopi yang digunakan sudah memiliki kandungan susu di dalamnya.

Produk susu juga memiliki dampak yang mana dapat menghalangi dan menghambat produksi sebum. Hal tersebut dapat membuat sel kulit mati menjadi menumpuk dan memperburuk kondisi kulit.

3. Dapat menimbulkan jerawat

3. Dapat menimbulkan jerawat
Freepik/diana.grytsku

Segala sesuatu yang berlebihan memanglah tidak baik, begitu juga dengan mengandalkan kafein untuk tetap terjaga. Karena tubuh Mama merasa siap dan waspada setiap saat, secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan rasa stres.

Perasaan stres dapat meningkatkan jumlah produksi minyak alami sehingga kemungkinan munculnya jerawat akan semakin besar.

4. Muncul tanda penuaan dini

4. Muncul tanda penuaan dini
Freepik/diana_grytsku

Tanda penuaan dini bisa muncul pada saat Mama mengonsumsi Kopi, terlebih lagi jika menambahkan gula didalamnya. Gula dapat menempel pada kolagen di kulit dan menimbulkan permasalahan kulit yang baru.

Termasuk juga tanda penuaan dini seperti kerutan dan juga garis halus bisa dengan mudahnya muncul pada kulit wajah.

5. Dapat menimbulkan iritasi

5. Dapat menimbulkan iritasi
Freepik/wayhomestudio

Kulit yang mengalami iritasi pada saat menggunakan masker kopi mungkin bisa menjadi salah satu tanda bahwa kulit yang Mama miliki sensitif. Sebenarnya penggunaan kopi sebagai masker bisa digunakan untuk semua jenis kulit, tetapi memang kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Penggunaan kopi dapat memicu alergi yang dapat berubah menjadi iritasi, kemerahan, bahkan rosacea.

Nah, itulah lima efek samping kopi atau kafein untuk kesehatan kulit. Kopi sendiri memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, tetapi jika digunakan secara berlebihan hanya akan menimbulkan masalah baru yang tentunya tidak diinginkan. Jadi, tetapi behati-hati ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk