TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Efek Samping Penggunaan Masker dari Tepung Beras untuk Wajah

Dapat menimbulkan jerawat dan komedo

12 Februari 2022

5 Efek Samping Penggunaan Masker dari Tepung Beras Wajah
Freepik/Jcomp

Tepung beras terbuat dari butiran beras yang kemudian digiling menjadi sebuah bubuk dan membentuknya menjadi tepung. Sama seperti semua jenis tepung, tepung beras dibuat dengan memisahkan tiga bagian biji-bijian dan menggilingnya dalam berbagai proporsi, seperti yang dilansir dalam healthline.com.

Biasnya Mama bisa menggunakan tepung beras sebagai salah satu bahan untuk membuat berbagai macam makanan. Namun, tepung beras juga dapat digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit karena memiliki kandungan antioksidan di dalamnya.

Meskipun dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit, menggunakan tepung beras sebagai masker juga dapat memiliki efek samping yang buruk untuk kulit.

Oleh karena itu kali ini Popmama.com  telah merangkum 5 efek samping penggunaan masker dari tepung beras. Yuk, disimak!

1. Kulit terlihat kusam

1. Kulit terlihat kusam
Freepik/lookstudio

Sesaat setelah menggunakan masker tepung beras, mungkin Mama akan merasa bahwa kulit menjadi lebih kasar. Hal ini dikarenakan tepung beras dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah dan tidak terangkat pada saat membilas masker dari wajah.

Jika mengalami hal ini, Mama bisa menghentikan pemakaian masker lalu lakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran yang membuat kulit wajah tampak kusam.

Editors' Picks

2. Kulit semakin berminyak

2. Kulit semakin berminyak
Pexels/Craig Adderley

Untuk Mama yang memiliki kulit berminyak mungkin akan menjadikan masker tepung beras sebagai solusi untuk membuat minyak berhenti.

Namun, penggunaan masker tepung beras juga dapat membuat wajah semakin berminyak.

Hal ini dikarenakan penggunaan masker tepung beras memicu kulit untuk terus melakukan produksi minyak alami sehingga akan ada lebih banyak minyak pada kulit.

3. Memicu munculnya jerawat

3. Memicu muncul jerawat
Freepik/freepik
Dok. Jovee

Karena kulit akan semakin berminyak, tentunya akan sangat memungkinkan jika jerawat akan muncul di wajah. Seperti yang diketahui bahwa jerawat dapat timbul pada kulit yang berminyak dan tidak dapat menutup kemungkinan jerawat akan muncul.

Terlebih lagi jika Mama tidak membersihkan masker wajah dengan benar, maka butiran-butiran tepung akan tertinggal pada kulit.

4. Muncul komedo

4. Muncul komedo
Freepik/katemangostar

Komedo bisa muncul pada wajah karena beberapa hal, salah satunya adalah tidak membersihkan wajah setelah menggunakan masker dengan benar. Tepung beras terdiri atas butiran halus yang dapat masuk ke pori-pori.

Untuk menghindari hal ini, pastikan agar Mama selalu membilas wajah dengan bersih setelah menggunakan masker.

5. Membuat kulit menjadi iritasi

5. Membuat kulit menjadi iritasi
Freepik/wayhomestudio

Diketahui bahwa menggunakan masker tepung beras dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah, hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam tepung beras dapat mengangkat sel kulit mati dan menipiskan kulit.

Karena hal itu, kulit dapat menjadi lebih sensitif dan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Waspadai hal ini jika Mama tidak ingin mengalami iritasi yang lebih parah.

Nah, itulah lima efek samping yang dapat terjadi apabila menggunakan masker dari bahan tepung beras. Tidak semua orang akan mengalami hal ini, tetapi Mama perlu selalu waspada untuk mencegah kerusakan pada kulit.

Selalu gunakan perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk