TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Efek Samping Putih Telur sebagai Masker Wajah, Bisa Bikin Iritasi!

Dapat menyebabkan iritasi lho!

10 Agustus 2022

5 Efek Samping Putih Telur sebagai Masker Wajah, Bisa Bikin Iritasi
Parenting.firstcry.com

Seperti yang diketahui bahwa terdapat banyak bahan alami yang mudah kamu temukan untuk dijadikan sebagai masker wajah.

Terlebih lagi, bahan-bahan alami ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, komedo, dan bahkan garis halus pada wajah, seperti yang dilansir dalam healthline.com.

Namun, tak semua bahan alami ini cocok untuk kulit seseorang karena dapat menyebabkan efek samping tertentu, salah satunya adalah penggunaan putih telur sebagai masker. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 efek samping menggunakan putih telur sebagai masker. Yuk, disimak!

1. Reaksi alergi

1. Reaksi alergi
freepik/dimaberlin

Untuk kamu yang memiliki alergi pada telur, sudah seharusnya tidak memakai telur meskipun sebagai masker untuk perawatan kulit. Selain tidak boleh mengonsumsi telur, kamu juga dipastikan tidak boleh mengaplikasikan putih telur untuk kulit.

Reaksi alergi yang muncul tergantung pada tingkat keparahan alergi yang kamu dimiliki. Biasanya reaksi alergi yang muncul adalah gatal, ruam, dan juga kesulitan bernapas.

Editors' Picks

2. Infeksi salmonella

2. Infeksi salmonella
Freepik.com/freepik

Mungkin kamu mengingat peringatan tentang makan makanan mentah dan bagaimana dapat menyebabkan infeksi salmonella. Meskipun relatif jarang terjadi, jenis infeksi ini disebabkan oleh bakteri salmonellosis.

Jenis bakteri ini terkadang terdapat pada telur dan juga daging mentah, serta sebuah produk dan air yang terkontaminasi. Kamu bisa saja terkena infeksi salmonella pada saat menggunakan putih telur sebagai masker.

3. Iritasi kulit

3. Iritasi kulit
Pixabay/jmexclusives
Penggunaan salicylic acid untuk ibu hamil yang mengalami masalah jerawat

Hampir semua zat dapat menyebabkan iritasi kulit, bahkan seseorang yang tidak memiliki alergi dan intoleransi sekalipun. Begitu juga dengan penggunaan putih telur sebagai masker untuk perawatan kulit wajah.

Jika kamu merasakan gatal ringan, kemerahan, atau benjolan sesaat setelah menggunakan putih telur, segera hentikan penggunaannya untuk menghindari permasalahan yang semakin parah.

4. Gejala intoleransi telur

4. Gejala intoleransi telur
Freepik.com/wayhomestudio

Tidak sama seperti alergi telur, intoleransi terhadap telur dapat menyebabkan peradangan dan perasaan ketidaknyamanan pencernaan pada perut saat kamu mengonsumsinya. Hal ini juga berlaku pada saat kamu menjadikan putih telur sebagai masker pada wajah.

Kamu tetap berisiko mendapat sedikit putih telur yang masuk lewat mulut pada saat menjadikannya sebagai masker wajah.

5. Infeksi lainnya

5. Infeksi lainnya
Freepik/Jcomp

Infeksi pada kulit bisa saja terjadi pada saat mengaplikasikan bahan mentah ke kulit, hal tersebut bukanlah ide yang baik untuk dilakukan. Terlebih lagi, jika kamu memiliki luka goresan atau luka-luka yang baru.

Putih telur berpotensi menyebabkan infeksi sekunder pada bagian kulit yang sedang terluka dan juga tergores.

Nah, itulah lima efek samping dari penggunaan putih telur sebagai masker wajah. Setiap orang tentunya akan memiliki reaksi yang berbeda dari menggunakan bahan alami sebagai masker perawatan kulit.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui betul bahan apa yang seharusnya tidak kamu gunakan untuk menghindari terjadinya permasalahan kulit yang baru.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk