Hindari 5 Hal ini Jika Tidak Ingin Kulit Wajah Terkelupas

Hindari hal-hal berikut ini, ya!

10 Januari 2022

Hindari 5 Hal ini Jika Tidak Ingin Kulit Wajah Terkelupas
Freepik/katemangostar

Dari semua permasalahan kulit, pasti Mama pernah mengalami pengelupasan kulit. Baik itu pengelupasan pada wajah atau pada daerah kulit yang lainnya. Tentunya permasalahan ini dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Kulit yang terkelupas bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal seperti pemicu dari dalam atau kulit yang sensitif, seperti yang dilansir dalam self.com. Kulit yang mengelupas bisa menjadi salah satu dari beberapa gejala infeksi atau penyakit yang mengkhawatirkan.

Untuk mengatasinya, tentu Mama perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang dapat menyebabkan kulit terkelupas. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 penyebab pengelupasan pada kulit. Yuk, disimak!

1. Terkena paparan sinar matahari

1. Terkena paparan sinar matahari
Pexels/Barbara Ribeiro

Siapapun dapat mengalami hal ini, pengelupasan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Setelah kulit terbakar oleh matahari, maka kulit akan menjadi merah dan seiring berjalannya waktu bisa terjadi pengelupasan.

Sel kulit yang terbakar matahari pada dasarnya akan mati dan menyebabkan sel kulit menjadi tidak menempel dengan baik sehingga akan membuatnya terkelupas.

Editors' Picks

2. Memiliki kulit kering

2. Memiliki kulit kering
Pexels/Craig Adderley

Untuk Mama yang memiliki kulit kering, mungkin sudah beberapa kali mengalami pengelupasan kulit. Lingkungan yang ditempati juga kan berpengaruh pada kelembapan kulit, sehingga sangat perlu untuk menjaga agar tetap berada pada lingkungan yang lembap.

Penyebab kulit kering juga tidak hanya berasal dari hormon saja, tetapi kebiasaan seperti terlalu sering mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit kehilangan kelembapannya dan secara perlahan mengering kemudian mengelupas.

3. Terapat eksim pada kulit

3. Terapat eksim kulit
Freepik/wayhomestudio

Jika Mama mengalami kulit mengelupas yang disertai dengan kulit merah dan gatal, bisa saja ini menjadi eksim. Hal ini bisa terjadi karena perekat atau lem alami yang ada pada kulit tidak mampu untuk memproduksi ceramide yang dapat menjaga kulit.

Untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan produk krim yang memiliki bahan dasar petrolatum atau dengan segera menghubungi dokter kulit.

4. Tidak cocok dengan produk skincare yang digunakan

4. Tidak cocok produk skincare digunakan
Pexels.com/SoraShimazaki

Pemilihan produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit merupakan sebuah keharusan. Jika salah memilih produk dengan kandungan yang tidak sesuai, maka kulit bisa mengalami iritasi dan mengelupas.

Selain itu, hindari penggunaan produk skincare yang mengandung deterjen atau pewangi yang berlebih karena akan merusak lapisan kulit.

5. Berada di lingkungan yang dingin

5. Berada lingkungan dingin
Pexels/Max Vakhtbovych

Mungkin Mama merasa nyaman berada di ruangan yang ber AC karena akan terasa lebih sejuk. Namun, terlalu sering berada di ruangan yang ber AC juga dapat membuat kulit menjadi kering dan kemudian mengelupas.

Ditambah lagi jika Mama memang menghabiskan waktu seharian berada di dalam ruangan yang ber AC. Suhu dingin yang diberikan oleh AC akan mengurangi produksi minyak alami pada lapisan kulit sehingga akan menghilangkan kelembapan.

Nah, itulah lima hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi terkelupas. Hal yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kelembapan pada kulit agar terhindar dari kondisi kulit seperti ini. Jangan sampai diabaikan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.