5 Kebiasaan yang Dapat Membuat Bibir jadi Menghitam

Jangan lakukan hal-hal ini ya, Ma

9 Februari 2021

5 Kebiasaan Dapat Membuat Bibir jadi Menghitam
Pexels/Shiny Diamond

Memiliki bibir yang hitam tentunya akan mengganggu penampilan para perempuan. Penggunaan lipstick matte yang seringkali di pakai oleh banyak perempuan ini ternyata menjadi salah satu alasan mengapa bibir bisa berubah menjadi warna hitam.

Lipstick matte dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan juga menghitam, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat membuat bibir menjadi hitam.

Hal apa saja ya yang mempengaruhinya? Simak penjelasan Popmama.comberikut ini ya, Ma.

1. Tidak membersihkan bibir dengan benar

1. Tidak membersihkan bibir benar
Freepik/wirestock

Setelah memakai lipstick seharian, sangat penting untuk membersihkan lipstick yang ada di bibir dengan bersih. Seringkali lipstick yang ada di bibir dibersihkan dengan asal-asalan tanpa benar-benar melihat apakah bibir sudah bersih atau belum.

Karena lipstick matte merupakan salah satu jenis lipstick yang sulit untuk di bersihkan, seringkali sisa dari lipstick masih menempel di bibir dan membuatnya menjadi kering jika didiamkan terlalu lama.

Pastikan untuk menggunakan pembersih makeup yang mengandung minyak atau oil-based agar lipstick dapat menghilang dengan sempurna dari permukaan bibir. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil untuk menghapus lipstick.

Editors' Picks

2. Tidak memakai lip balm

2. Tidak memakai lip balm
Pexels/Burst

Memakai lip balm tentunya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan jika hendak menggunakan lipstick matte. Karena sifat dari lipstick matte yang dapat membuat bibir menjadi kering, maka ada baiknya jika menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstick.

Hal ini dilakukan agar bibir tetap terjaga kelembapan nya meskipun tengah menggunakan lipstick matte. Untuk menjaga bibir tetap lembap, kenakan lip balm pada malam hari ketika ingin tidur atau beberapa jam sebelum menggunakan lipstick.

Jangan menggunakan lipstick ketika baru mengaplikasikan lip balm, hal ini dikarenakan kandungan minyak yang ada pada lip balm bisa membuat lipstick cepat menghilang dan juga mengelupas.

3. Memakai lipstick dengan harga yang murah

3. Memakai lipstick harga murah
Pexels/Karolina

Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan lipstick dengan harga yang murah selama lipstick tersebut memang merupakan lipstick yang sudah di uji kandungannya dan bukan merupakan lipstick yang mengandung bahan merkuri atau bahan berbahaya lainnya.

Jangan terpengaruh oleh harganya yang murah tanpa mengetahui betul kandungan apa yang terdapat di dalamnya.

Jangan karena memakai lipstick tersebut, menjadi lebih kering dan juga mengalami alergi seperti gatal-gatal dan kemerahan. Pilihlah lipstick yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya untuk menjaga bibir tetap terhidrasi.

4. Menggunakan lipstick pada saat bibir sedang kering

4. Menggunakan lipstick saat bibir sedang kering
alighahary.ca

Ada kalanya bibir mengalami kekeringan sehingga akan menimbulkan pengelupasan kulit di bibir. Pada saat seperti inilah, ada baiknya jika bibir dibiarkan beristirahat dan dihindarkan dari penggunaan lipstick terlebih dahulu.

Sifat lipstick matte yang dapat mengeringkan bibir akan memperburuk keadaan bibir jika dipaksakan untuk dipakai pada saat keadaan bibir sedang mengalami kekeringan atau sedang mengelupas.

5. Jarang men-eksfoliasi bibir

5. Jarang men-eksfoliasi bibir
Pexels/Polina Kovaleva

Sama halnya seperti wajah, bibir juga memiliki sel-sel mati yang dapat membuat bibir menjadi hitam dan juga terlihat kusam. Karena terdapat sel-sel kulit mati, maka ada baiknya jika sesekali melakukan eksfoliasi pada bibir.

Terdapat banyak produk yang bisa membantu dalam men eksfoliasi seperti scrub bibir. Gunakan lah scrub yang memiliki bulir kecil agar dan jangan menggosokkannya terlalu kencang karena dapat membuat bibir menjadi iritasi.

Selain menggunakan produk scrub khusus, Mama juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti madu dan juga gula pasir untuk men eksfoliasi bibir.

Bibir yang menghitam dan menutupi warna alami dari bibir memang akan sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, jangan sampai hal-hal yang telah disebutkan di atas ini dilakukan ya, Ma.

Mulai menjadikan perawatan bibir Mama menjadi salah satu rangkaian skincare yang biasa Mama lakukan.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.