Jangan Dibuang, Inilah Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan

Suka minum kopi? Jangan dibuang ampasnya, ya!

3 Maret 2021

Jangan Dibuang, Inilah Manfaat Ampas Kopi Kecantikan
Pexels/Ready Made

Bagi para pecinta kopi, meminum kopi di waktu-waktu tertentu akan membuat perasaan mereka menjadi lebih rileks dan juga nyaman. Apakah Mama termasuk orang yang membuang ampas kopi karena tidak dapat diminum?

Mulai sekarang jangan lakukan hal itu dan simpan ampas kopi untuk dijadikan beberapa racikan untuk perawatan kecantikan. Mama penasaran?

Kali ini Popmama.comtelah merangkum 5 manfaat yang dapat diberikan oleh ampas kopi. Yuk, disimak!

1. Menghilangkan mata bengkak

1. Menghilangkan mata bengkak
Freepik/diana.grytsku

Banyaknya kegiatan yang dilakukan dalam satu hari dapat membuat mata menjadi cepat lelah dan juga bengkak. Biasanya jika kondisi mata terlihat bengkak, hal yang bisa dilakukan adalah mengistirahatkan nya dengan cara tidur.

Namun selain tidur, mata yang bengkak akibat kelelahan dapat diatasi dengan cara yang lain yaitu dengan menggunakan ampas kopi.

Setelah meminum kopi, simpan ampasnya dan diamkan hingga ampas menjadi lebih dingin baru setelahnya di oleskan ke area sekitar mata selama beberapa saat.

Editors' Picks

2. Meminimalisir selulit

2. Meminimalisir selulit
Freepik/Suriyayapin

Menghilangnya selulit yang ada pada kulit bukanlah hal yang mudah, berbagai cara dilakukan seperti berolahraga juga dilakukan.

Selain dengan berolahraga, terdapat cara lain yang bisa dilakukan untuk meminimalisir selulit di kulit, yaitu dengan menggunakan ampas kopi.

Lulur yang dibuat dari ampas kopi dapat sangat membantu dalam meminimalkan munculnya selulit. Hal ini dikarenakan pengelupasan kulit yang dilakukan dengan pijatan lembut dapat membantu merangsang aliran darah ke kulit dan mengencangkan nya.

3. Mencerahkan kulit

3. Mencerahkan kulit
Pexels/Mikhail Nilov

Saat secangkir kopi panas dapat menyegarkan pagi hari Mama, ampas dari kopi yang diminum bisa digunakan untuk mencerahkan kulit, lho. Melihat ada banyak produk kecantikan yang mengandung kopi, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan.

Hanya dengan mencampurkan yogurt dengan kopi dan menjadikannya sebagai pasta Mama bisa mencerahkan kulit. Kafein yang ada dalam kopi mampu merangsang sirkulasi yang kemudian akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

4. Mengelupas kulit mati di kepala

4. Mengelupas kulit mati kepala
Pexels/Bennie Lukas Bester

Sama seperti wajah dan tubuh, melakukan eksfoliasi atua pengelupasan kulit adalah hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati dan juga penumpukan sel. Ampas kopi bisa digunakan sebagai scrub yang juga dapat memberikan kilauan alami pada rambut.

Tidak memerlukan cara yang sulit, Mama hanya perlu untuk menaburkan ampas kopi ke kepala yang basah dan memijatnya secara perlahan.

Baru setelahnya dibilas dengan menggunakan air, dilanjutkan dengan berkeramas dan memakai conditioner.

5. Menenangkan kaki

5. Menenangkan kaki
Freepik

Perpaduan antara kopi yang kaya akan antioksidan dengan minyak kelapa yang dapat mengunci kelembapan menjadi salah satu kombinasi yang sempurna untuk menenangkan kaki.

Perpaduan ini menjadi bahan alami yang dapat mengangkat dan juga memperbaiki kulit mati yang kasar.

Untuk menenangkan kaki, Mama hanya perlu untuk merendamkan kaki Mama di dalam air yang sudah dicampurkan dengan 1 sendok teh ampas kopi dan juga sat1-2 sendok teh minyak kelapa.

Setelah itu rendam kaki selama 10 menit sambil sesekali di gosok secara perlahan dengan gerakan melingkar untuk menghilangkan kulit mati.

Nah, itulah 5 manfaat yang dapat diberikan oleh ampas kopi untuk perawatan kecantikan Mama.

Mulai sekarang, jangan buang ampas kopi ya, Ma karena ternyata ampas kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.