Jerawat Tidak Pernah Menghilang, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Apakah Mama pernah melakukan salah satunya?

19 Mei 2021

Jerawat Tidak Pernah Menghilang, Cek Penyebab Cara Mengatasinya
Freepik/user18526052

Jerawat merupakan hal yang seringkali muncul sebagai benjolan merah, baik di permukaan kulit atau di bawahnya dan terkadang mengandung nanah. Beberapa jenis jerawat akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu, namun ada juga jenis jerawat yang cenderung bertahan lama.

Mungkin Mama sudah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah atau bagian kulit lainnya tetapi jerawat tidak kunjung menghilang.

Beberapa alasan yang telah Popmama.com rangkum berikut ini mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Kira-kira apa saja ya hal yang membuat jerawat tak kunjung menghilang? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Tidak mengetahui dengan jelas tentang jerawat yang dimiliki

1. Tidak mengetahui jelas tentang jerawat dimiliki
Freepik/master1305

Salah satu hal yang seringkali terjadi pada orang-orang yang memiliki jerawat adalah mereka yang tidak memahami jerawat yang ada. Seperti apakah penyebabnya dan mengapa jerawat tersebut bisa muncul pada wajah.

Jerawat bisa muncul pada saat masa pubertas, pengaruh hormon, dan juga makanan yang di konsumsi.

Cokelat, produk susu, dan makanan berminyak memang tidak akan menyebabkan jerawat, tetapi dapat memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Editors' Picks

2. Memecahkan jerawat dengan menggunakan tangan

2. Memecahkan jerawat menggunakan tangan
Freepik/KamranAydinov

Hal yang seringkali dilakukan saat jerawat muncul di wajah adalah memecahkannya dengan menggunakan tangan.

Memencet jerawat dengan tangan hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri yang ada pada tangan pindah ke jerawat dan memperburuk nya.

Selain itu, pada saat jerawat di pencet maka kotoran yang ada pada pori-pori akan semakin masuk ke dalam. Hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan jerawat dan bahkan dapat meninggalkan berkas jerawat yang menghitam dan memerah.

3. Tidak menggunakan perawatan kulit dengan kandungan yang benar

3. Tidak menggunakan perawatan kulit kandungan benar
Freepik

Produk skincare yang digunakan untuk merawat kulit wajah yang berjerawat memiliki pengaruh yang penting dalam proses penyembuhan nya.  Namun seringkali kandungan yang di pakai tidak dapat menghilangkan jerawat yang ada pada kulit.

Kandungan yang baik untuk memerangi jerawat adalah salicylic acid, witch hazel, niacinamide, azelaic acid, dan benzoyl peroxide. Kandungan-kandungan ini dapat bertindak sebagai pengelupas, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan meredakan iritasi.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis
Freepik/user18526052

Terdengar sepele, tetapi mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang manis dapat menjadi salah satu alasan mengapa jerawat terus muncul. Ditambah lagi jika mengonsumsi makanan atau minuman manis hasil olahan atau buatan seperti minuman kemasan.

Coba untuk menjaga pola makan dan juga membatasi diri dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kurangi konsumsi cokelat, cake, minuman kemasan, dan produk susu untuk mencegah jerawat menjadi lebih parah dan sulit untuk menghilang.

5. Menggunakan produk skincare secara berlebihan tanpa kadar yang tepat

5. Menggunakan produk skincare secara berlebihan tanpa kadar tepat
Freepik

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak akan bagus dalam segi apapun, salah satunya adalah berlebihan dalam penggunaan produk perawatan kulit. Jika Mama berfikir semakin banyak menggunakan campuran kandungan penghilang jerawat maka jerawat yang ada akan lebih cepat menghilang.

Namun sebaliknya, penggunaan produk perawatan yang terlalu banyak justru dapat memperburuk kondisi kulit seperti membuat kulit menjadi iritasi. Jangan menggunakan lebih dari datu produk salicylic acid atau benzoyl peroxide sekaligus dan bersamaan dengan retinol karena hanya akan membuat kulit memburuk.

Nah, itulah lima alasan yang mungkin tanpa sadari Mama lakukan sehingga jerawat yang ada di wajah tidak kunjung menghilang. Jangan mengulangi kesalahan ini lagi ya, Ma jika tidak ingin jerawat terus menetap di wajah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.