TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Kulit Semakin Berminyak

Ubah kebiasaan ini kalau nggak mau kulit makin berminyak

29 September 2022

Hindari 5 Kebiasaan Ini Jika Tak Ingin Kulit Semakin Berminyak
Pexels.com/Moose

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, baik itu kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, maupun kulit kering. Setiap jenis kulit tentunya memiliki perawatan yang berbeda sesuai dengan keadaan kulit, termasuk juga pada kulit berminyak.

Terlebih lagi penggunaan produk skincare harus sesuai dengan kondisi kulit agar tidak membuat kulit semakin berminyak. Namun, terkadang kulit terasa sangat berminyak meskipun sudah menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Penyebab kulit berminyak antara lain faktor genetik lingkungan, dan gaya hidup, seperti yang dilansir dalam foreo.com. Untuk menghindari kulit yang semakin berminyak, Mama perlu untuk menghindari 5 kebiasaan yang dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Ada apa saja? Yuk, simak penjelasan yang telah Popmama.com rangkum berikut ini!

1. Mencuci wajah terlalu berlebihan

1. Mencuci wajah terlalu berlebihan
Freepik/Racool_studio

Jika kulit terlihat semakin berminyak, hal yang paling mungkin menjadi penyebabnya adalah karena terlalu sering mencuci muka dengan produk yang tidak sesuai untuk kulit berminyak.

Selain itu, menggosok wajah terlalu keras pada saat mencuci muka akan menghilangkan kelembapan kulit sehingga menyebabkan kelenjar memproduksi minyak secara berlebihan.

Editors' Picks

2. Menggunakan produk yang bukan oil-free

2. Menggunakan produk bukan oil-free
Freepik

Sering menggunakan makeup dan wajah terlihat semakin berminyak? Bisa jadi Mama menggunakan produk makeup yang bukan oil-free.

Mama harus bisa memilih produk makeup seperti foundation, bedak, dan produk lainnya yang memiliki label oil-free.

Tentunya produk yang sudah memiliki label ini akan lebih ramah pada kulit yang berminyak dan tidak membuat hasil akhir makeup yang terlihat greasy.

3. Mengeksfoliasi terlalu keras

3. Mengeksfoliasi terlalu keras
Freepik/wayhomestudio

Melakukan eksfoliasi memanglah penting, terlebih lagi eksfoliasi dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Melakukan eksfoliasi dengan cara yang benar tentunya akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan kotoran terangkat.

Namun, jika dilakukan secara berlebihan dan terlalu keras maka kulit akan menjadi iritasi dan membuat kulit wajah semakin berminyak. Lakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu dengan menggunakan produk yang memiliki butiran kecil dan lembut.

4. Tidak menggunakan pelembap

4. Tidak menggunakan pelembap
Pexels/Sora Shimazaki
joker with card

Meskipun wajah yang dimiliki memiliki kondisi kulit yang berminyak, bukan berarti Mama tidak memerlukan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain dapat melembapkan, menggunakan pelembap juga akan membantu untuk menyeimbangkan kadar minyak alami yang ada pada kulit.

Mama bisa memilih pelembap yang berbahan dasar air dan memiliki label oil-free dan juga non-comedogenic.

5. Terlalu sering mengonsumsi junk food

5. Terlalu sering mengonsumsi junk food
Pexels/Tim Samuel

Apapun makanan yang Mama konsumsi, akan memiliki pengaruh pada kesehatan kulit. Jika Mama terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan juga junk food, sudah dapat dipastikan kalau kulit Mama akan semakin berminyak.

Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan berminyak dan junk food terlalu banyak, Mama harus bisa menyeimbangkan asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan perbanyak sayur. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari, ya!

Nah, itulah lima kebiasaan yang seringkali dilakukan sehingga membuat kulit terlihat semakin berminyak. Mama harus benar-benar bisa melakukan perawatan yang sesuai agar kulit tidak terlihat semakin berminyak. Mulai hentikan hal-hal di atas ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk