Kenali Kandungan Skin Care yang Digunakan Sesuai dengan Jenis Jerawat

Berbeda jenis jerawat, maka berbeda pula kandungan skin care yang diperlukannya

27 Januari 2021

Kenali Kandungan Skin Care Digunakan Sesuai Jenis Jerawat
Freepik/gpointstudio

Sudah melakukan berbagai macam skin care untuk mengatasi masalah jerawat namun tidak kunjung membaik? Hal ini mungkin bisa terjadi karena kandungan dalam skin care yang tidak tepat untuk digunakan pada wajah yang berjerawat.

Perlu Mama tau bahwa jerawat memiliki beragam jenis sehingga cara menanganinya pula akan berbeda.

Jadi sebenarnya kandungan apa yang cocok digunakan untuk jerawat tertentu? Kali ini Popmama.comtelah merangkum informasi seputar jenis-jenis jerawat dan juga kandungan bahan yang sesuai dalam skin care, berikut ini:

1. Blackhead yang sering muncul

1. Blackhead sering muncul
proactiv.com

Blackhead atau komedo hitam ini termasuk salah satu jenis jerawat yang cukup sering muncul, terutama pada bagian hidung. Blackhead berisi minyak yang berlebih dan juga sel-sel kulit yang mati.

Seringkali orang-orang mengabaikan blackhead yang ada pada kulit, namun jika di diamkan bisa menimbulkan kondisi kulit yang lebih parah.

Untuk mengatasi hal ini, Mama perlu menggunakan skincare yang memiliki kandungan seperti resorcinol, salicylic acid, dan benzoyl peroxide.

Kandungan ini akan mengatasi kelebihan minyak dan mengangkat sel kulit mati serta membunuh bakteri yang menyebabkan komedo.

Editors' Picks

2. Whitehead muncul ketika sel kulit mati dan juga minyak menyumbat pori-pori

2. Whitehead muncul ketika sel kulit mati juga minyak menyumbat pori-pori
omnitar.com

Sama halnya seperti blackhead, whitehead atau komedo putih juga merupakan salah satu jenis jerawat yang paling sering muncul di wajah.

Biasanya whitehead akan muncul ketika sel kulit mati dan juga minyak menyumbat pori-pori sehingga akan muncul benjolan berwarna putih pada permukaan kulit.

Untuk mengatasi whitehead, carilah skincare yang berisikan kandungan seperti retinoid, asam salisilat, AHA, dan benzoyl peroxide. Kandungan ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan yang berada di daerah komedo.

3. Jerawat pustula, Jerawat yang menyerupai whitehead

3. Jerawat pustula, Jerawat menyerupai whitehead
medicalnewstoday.com

Pustula adalah jenis lain dari jerawat yang meradang. Jerawat ini menyerupai whitehead dengan lingkaran merah di sekitarnya. Benjolan ini biasanya berisi nanah berwarna putih atau kuning.

Dalam hal ini, jangan sampai Mama memencet bahkan sampai memecahkannya karena akan meninggalkan bekas luka atau bintik hitam.

Kandungan skin care yang Mama perlukan untuk mengatasi jerawat ini adalah benzoil peroxide dan asam salisilat yang mana akan mengurangi jumlah produksi minyak secara berlebih.

Hal ini dikarenakan pada biasanya jerawat pustula akan muncul pada daerah yang berminyak seperti wajah, punggung, dan juga wajah.

4. Jerawat papula, bentuknya seperti benjolan kecil berwarna merah

4. Jerawat papula, bentuk seperti benjolan kecil berwarna merah
medicalnewstoday.com

Papula adalah komedo yang meradang, membentuk benjolan kecil berwarna merah atau merah muda di kulit.

Jerawat jenis ini adalah salah satu jerawat yang sangat sensitif sehingga jika disentuh atau bahkan dipecahkan akan menyebabkan peradangan yang lebih parah lagi.

Jerawat papula bisa muncul jika whitehead dan blackhead tidak di atasi atau di biarkan begitu saja. Gunakan skincare yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan juga retinoid untuk memulihkan sel kulit yang rusak.

5. Jerawat nodul bisa dikatakan jenis jerawat yang parah

5. Jerawat nodul bisa dikatakan jenis jerawat parah
skinkraft.com

Jerawat nodul menjadi jenis jerawat yang sudah sangat parah dan sulit untuk disembuhkan.

Jerawat ini meradang dan besar yang mana akan terasa sangat sakit jika disentuh. Jerawat jenis ini terletak jauh di dalam permukaan kulit sehingga akan sangat sulit untuk disembuhkan dan membutuhkan obat khusus.

Untuk jenis jerawat yang satu ini, Mama harus langsung memeriksanya ke dokter kulit untuk mendapatkan antibiotik karena biasanya jerawat ini sulit disembuhkan dengan menggunakan obat jerawat tanpa resep dokter.

Biasanya dokter kulit akan menyarankan perawatan yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide dengan kadar tertentu.

Jerawat bisa saja muncul di kulit semua orang. Mama perlu mengetahui betul jenis jerawat seperti apa yang sedang Mama alami agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih tepat dan tidak membuat jerawat semakin parah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.