Kenali Kandungan Niacinamide pada Produk Perawatan Kulit

Sudah tau apa itu kandungan Niacinamide yang ada pada produk perawatan kulit?

9 Desember 2020

Kenali Kandungan Niacinamide Produk Perawatan Kulit
Pixabay/ivanogood

Sering mendengar istilah Niacinamide dalam produk skincare yang Mama pakai? Umumnya, Niacinamide adalah kandungan yang terdapat dalam banyak produk skincare.

Tapi sebenarnya apa sih Niacinamide itu? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com siapkan untuk Mama!

1. Apa itu niacinamide?

1. Apa itu niacinamide
Pexels/Shiny Diamond

Sederhananya niacinamide atau yang disebut juga di nicotinamide adalah bentuk dari vitamin B atau nutrisi yang penting bagi tubuh.

Jika tubuh kekurangan vitamin B, maka akan menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak. Dengan mendapatkan kandungan niacinamide dari luar maka akan membantu mencegah defisiensi B.

Sebenarnya kandungan niacinamide bisa ditemukan pada makanan, seperti daging salmon, daging sapi, daging ayam, dan telur.

Namun, nacinamide sendiri akan berfungsi lebih efektif jika digunakan dengan cara topikal atau dioleskan. Niacinamide sendiri bisa Mama temukan di berbagai produk perawatan kulit.

Umumnya, produk yang menggunakan kandungan niacinamide ini adalah cleanser, moisturizer, serum, dan toner. Kandungan vitamin B yamg terdapat pada niacinamide ini dapat membantu mengobati kondisi kulit tertentu seperti jerawat dan eskim.

Editors' Picks

2. Apa saja manfaat dari niacinamide?

2. Apa saja manfaat dari niacinamide
Pexels/Shiny Diamond

Setelah mengetahui apa itu niacinamide, tentunya Mama ingin mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan niacinamide ini, kan?
Simak informasi berikut ini ya, Ma!

1. Meningkatkan kekebalan kulit:
Niacinamide akan membantu membangun keratin atau protein yang ada di dalam kulit, dengan begitu akan membuat kulit Mama kencang dan sehat.

2. Meminimalkan kemerahan dan bercak hitam:
Kandungan yang ada dalam niacinamide akan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu meredakan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

3. Mengecilkan pori-pori:
Menjaga kulit tetap halus dan lembab mungkin menjadi hal utama yang diperlukan, dengan adanya kandungan niacinamide dalam sebuah produk, maka akan membantu mengecilkan pori-pori secara alami.

4. Mengatur minyak:
Kelembapan pada kulit tidak hanya untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Namun yang memiliki jenis kulit berminyak juga membutuhkan kelembaban. Kandungan dalam niacinamide dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sehingga tidak akan mengalami produksi minyak yang berlebih.

5. Melindungi kulit dari dari sinar matahari:
Kandungan yang ada dalam niacinamide dapat secara bersamaan membangun sel kulit yang mati kemudian meregenerasinya sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.

6. Mengobati hiperpigmentasi:
Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan yang ada dalam niacinamide dapat membantu mengurangi bintik hitam yang ada pada kulit. Bintik hitam bisa menghilang karena adanya peningkatan produksi kolagen pada kulit.

7. Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan:
Kandungan niacinamide bermanfaat untuk mengurangi beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan penuaan termasuk garis halus dan kerutan.

8. Mengobati jerawat:
Niacinamide dapat membantu untuk jerawat yang parah, terutama bentuk peradangan seperti papula (jerawat merah atau jerawat yang timbul) dan pustula (jerawat bernanah). Dengan adanya kandungan niacinamide pada produk skincare yang dipakai maka seiring berjalannya waktu jerawat akan mengempes dengan sendirinya. Selain itu niacinamide juga dapat memperlambat pergelakan melanin yang ada di epidermis kulit.

3. Apa yang harus diperhatikan saat memilih produk?

3. Apa harus diperhatikan saat memilih produk
Pexels/Shiny Diamond

Fungsi dari niacinamide akan bervariasi sesuai dengan produknya. Jika Mama memiliki kulit yang sensitif, maka Mama bisa mencoba dengan takaran niacinamide yang lebih rendah seperti dimulai dari 2 persen untuk meringankan gejala eskim dan kondisi serupa. Niacinamide mungkin terdaftar sebagai "niacin" dan "nicotinamide" pada label produk.

4. Bisakah niacinamide dikombinasikan dengan kandungan skincare lainnya?

4. Bisakah niacinamide dikombinasikan kandungan skincare lainnya
Pexels/Andrea Piacquadio

Niacinamide dapat digunakan bersamaan dengan bahan skincare lainnya untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

Misalnya, perpaduan antara niacinamide dengan asam folat untuk mengobati jerawat.
Mama mungkin bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari kandungan niacinamide dalam serum jika menggabungkannya dengan asam hialuronat yang mana dapat meningkatkan kelebapan pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih kenyal.

Nah, itulah pembahasan tentang niacinamide yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit hingga menyamarkan kerutan dan bintik hitam yang muncul.

Karena manfaat itulah, banyak produk kecantikan yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu bahan dasar untuk perawatan kulit. Setelah Mama mengenal niacinamide, semoga Mama bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang diperlukan ya, Ma.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai niacinamide. Ternyata niacinamide memang memiliki beragam manfaat menarik untuk kulit ya, mulai dari mengatasi masalah mendasar seperti pelembab dan kekebalan kulit, hingga menyamarkan jerawat dan kerutan.

Tidak heran jika para pecinta skincare mencari produk perawatan kulit dengan kandungan niacinamide ini. Setelah mengetahui manfaat dari kandungan niacinamide, Mama bisa mulai menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit Mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.