7 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi untuk Perawatan Kulit

Bagus untuk menjaga kesehatan kulit

21 Juli 2021

7 Makanan Mengandung Antioksidan Tinggi Perawatan Kulit
Pexels/Ella Olsson

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan juga terawat tanpa adanya masalah? Tentunya untuk memiliki kulit yang tampak sehat dan awet muda memerlukan perawatan yang benar dan juga konsisten.

Melakukan perawatan pada kulit tidak hanya dilakukan dari luar dengan menggunakan skincare saja lho, Ma. Perawatan dari dalam seperti gaya hidup dan pola makan juga bisa memengaruhi kesehatan kulit.

Terdapat berbagai macam makanan yang memiliki khasiat untuk kulit yang lebih cantik. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 7 makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Yuk, disimak!

1. Blueberry yang merupakan buah super

1. Blueberry merupakan buah super
Pexels/RODNAE Productions

Dalam sebuah penelitian, buah blueberry memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Blueberry disebut juga sebagai buah super karena dapat memberikan manfaat berupa anti penuaan dan mencegah terjadinya kerusakan kolagen.

Buah ini juga merupakan penghasil nutrisi antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Lawan radikal bebas dengan strawberry

2. Lawan radikal bebas strawberry
Pexels/Tiberiu

Jenis buah beri lainnya yang juga memiliki manfaat baik untuk kulit adalah strawberry yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Selain dapat membantu melawan masalah jantung, kandungan vitamin C yang ada di dalam strawberry ini dapat membantu untuk melawan radikal bebas yang ada pada kulit.

Editors' Picks

3. Tomat yang dapat mengecilkan pori-pori

3. Tomat dapat mengecilkan pori-pori
Pexels/Jess Ho

Tomat menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit seperti salah satunya adalah dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori.

Antioksidan yang ada di dalam tomat dapat menjaga kulit menjadi tetap bersinar dan juga cerah.

Biasanya tomat dijadikan sebagai salah satu bahan dalam produk sunscreen karena memiliki komponen likopen sebagai senyawa pelindung alami dari sinar matahari.

4. Kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin

4. Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin
Pexels/Marta Branco

Jika Mama biasanya mengonsumsi kacang-kacangan hanya sebagai cemilan, Mama juga perlu mengetahui bahwa kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk kulit.

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga Vitamin E yang dapat menghaluskan kulit dan menjadikannya lebih cerah.

Selain itu, kandungan vitamin B yang ada pada jenis kacang-kacangan ini dapat membantu untuk mengatasi garis halus dan kerutan tanda penuaan dini.

5. Menjaga kulit tetap lembut dengan mengonsumsi kubis ungu

5. Menjaga kulit tetap lembut mengonsumsi kubis ungu
Pexe;s/Laker

Pasti Mama sudah tidak asing dengan sayuran yang satu ini, kubis ungu ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kulit lho, Ma.

Kubis ungu kaya akan vitamin C dan juga vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

Selain itu kubis ungu juga mengandung polyphenol dan antosianin yang kuat untuk membantu menjaga kulit tetap lembut.

6. Bayam yang membantu mengatasi masalah jerawat

6. Bayam membantu mengatasi masalah jerawat
Pexels/Pixabay

Untuk Mama yang memiliki permasalahan kulit berupa jerawat yang membandel, maka cobalah untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Bayam memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi serta vitamin C dan E yang dapat memperlambat pembelahan sel pada sel kanker kulit lho.

Selain itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi untuk menjaga kulit agar tetap terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit.

7. Brokoli yang memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat lebih banyak

7. Brokoli memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat lebih banyak
Pexels/Polina Tankilevitch

Sayuran yang memiliki bentuk seperti karangan bunga ini merupakan sumber antioksidan dan mineral yang alami.

Brokoli mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan dengan vitamin C yang ada di dalam jeruk ataupun kalsium yang ada di dalam susu.

Jika Mama rutin mengonsumsi brokoli, sifat antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuatnya lebih bercahaya.

Nah, itulah tujuh makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk membuat kulit menjadi lebih terawat dan sehat.

Untuk memiliki kulit yang tampak sehat, Mama juga memerlukan perawatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Selalu jaga pola makan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.