5 Maker Alami untuk Membuat Rambut Menjadi Lebih Halus

Bahan-bahannya mudah ditemukan lho, Ma!

17 Mei 2021

5 Maker Alami Membuat Rambut Menjadi Lebih Halus
Unsplash/Tim Mossholder

Untuk memiliki penampilan yang sempurna, perawatan yang dilakukan tidak hanya berasal dari produk-produk perawatan kecantikan saja lho, Ma. Terdapat banyak perawatan alami yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tetap berkilau serta halus seperti masker rambut.

Masker rambut dengan menggunakan bahan alami ini bisa Mama coba untuk membuat rambut menjadi lebih dan dapat dilakukan di rumah.

Berikut, Popmama.comtelah merangkum bahan-bahan alami yang dapat dibuat menjadi masker rambut. Yuk, disimak!

1. Lidah buaya dengan kandungan enzim yang tinggi

1. Lidah buaya kandungan enzim tinggi
Freepik

Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang memiliki fungsi untuk memperbaiki sel kulit rusak yang ada di kulit kepala.

Lidah buaya merupakan sumber keratin yang bagus karena dapat membantu untuk mengurangi ketombe, merangsang proses pertumbuhan rambut dan membuatnya menjadi lebih halus.

Hanya dengan menghaluskan gel dari daun lidah buaya dan menambahkan dua sendok makan air untuk mencairkannya. Baru setelahnya aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Editors' Picks

2. Memanfaatkan vitamin dari yogurt

2. Memanfaatkan vitamin dari yogurt
Pexels/Buenosia Carol

Yogurt menjadi sumber vitamin yang penting karena dapat meningkatkan kesehatan pada rambut dengan cara memperbaiki rambut yang rusak dan kusam.

Asam laktat yang ada di dalam yogurt dapat menghidrasi rambut dan mengangkat sel kulit rambut serta meningkatkan pertubuhan folikel pada rambut.

Campurkan 1 cangkir yogurt, 4 tetes minyak esensial lavender dan 2 sendok makan minyak zaitun sampai menjadi pasta.

Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan sepanjang rambut, tutup dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit baru setelahnya bilas dengan sampo.

3. Minyak kelapa dapat mengunci kelembapan rambut

3. Minyak kelapa dapat mengunci kelembapan rambut
nutrition.org.uk

Mungkin Mama sudah tidak asing dengan bahan alami yang satu ini, minyak kelapa seringkali di rekomendasikan untuk perawatan rambut. Minyak kelapa mengandung vitamin dan asam lemak yang dapat mempercepat proses pertumbuhan pada rambut dan mengunci kelembapannya.

Hanya dengan memanaskan 3-4 sendok makan minyak kelapa sampai hangat dan pijat minyak ke kulit kepala selama 15 menit.

Tutup menggunakan shower cap dan diamkan selama 20 menit, baru setelahnya bilas dengan menggunakan sampo.

4. Minyak alami dari pisang

4. Minyak alami dari pisang
Pixabay/Stevepb
Salah satu sumber Vitamin B adalah pisang

Pisang kaya akan minyak alami, vitamin, kalium, dan karbohidrat yang dapat meningkatkan keteraturan dan kilau pada rambut. Selain itu, pisang juga dapat menjadi pelembap kulit kepala dan mengatasi permasalahan ketombe.

Haluskan pisang dan tambahkan 2 tetes minyak esensial lavender ke dalamnya dan aduk hingga rata. Oleskan ke seluruh rambut mulai dari akar hingga ujungnya dan biarkan selama 30 menit, setelahnya tutup dengan menggunakan shower cap selama 20 menit baru setelahnya bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Meningkatkan pH kulit kepala dengan cuka sari apel

5. Meningkatkan pH kulit kepala cuka sari apel
Livestrong.com

Cuka sari apel terbukti dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala sehingga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dan halus cuka sari apel memiliki peran yang penting dalam proses pembersihan rambut tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang keras.

Dengan perbandingan 2:1, campurkan cuka sari apel dengan air ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Setelah keramas dan rambut sudah dikondisikan seperti biasanya, bilas rambut dengan menggunakan campuran tadi dan diamkan selama 15 menit baru setelahnya biarkan rambut mengering secara alami.

Nah, jadi itulah 5 perawatan alami yang dapat Mama lakukan untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Menjadikan bahan-bahan alami ini sebagai masker akan lebih mudah untuk dilakukan. Jadi, Mama mau mencoba perawatan rambut dengan menggunakan bahan yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.