6 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit

Bisa melindungi kulit dari sinar UV yang membahayakan lho!

4 Oktober 2021

6 Manfaat Buah Nanas Kecantikan Kulit
Pexels/shvets production

Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang dapat berfungsi dengan baik untuk kecantikan kulit. Selain itu buah nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, mama bisa mengonsumsi langsung buahnya, dijadikan sebagai jus, atau membuat DIY dengan buah nanas.

Penggunaan yang teratur dapat memberikan hasil nyata pada kulit. Lalu, apa sajakah manfaatnya?

Yuk, simak 6 manfaat buah nanas untuk kecantikan kulit yang telah Popmama.com rangkum berikut ini!

1. Membuat wajah lebih awet muda

1. Membuat wajah lebih awet muda
Freepik/photohobo

Manfaat yang satu ini pasti diinginkan oleh semua orang, yaitu sebagai anti-aging yang dapat memperlambat proses penuaan pada kulit.

Hal ini dikarenakan nanas mengandung antioksidan dan asam alfa-hidroksi yang dapat mengatasi radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

Buah nanas dapat membantu untuk menghilangkan garis halus dan kerutan yang termasuk dalam tanda-tanda penuaan.

2. Mengatasi masalah jerawat

2. Mengatasi masalah jerawat
Pexels/Cottonbro

Nanas memiliki banyak kandungan vitamin C dan antioksidan yang bekerja dengan baik untuk mengatasi permasalahan jerawat yang seringkali mengganggu penampilan.

Kandungan enzim bromelain yang ada pada buah nanas dapat membantu untuk melawan peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.

Untuk merasakan hal ini, Mama bisa memanfaatkan buah nanas dengan cara dijadikan sebagai jus.

Editors' Picks

3. Melembapkan kulit

3. Melembapkan kulit
Pexels/Shiny Diamond

Permasalahan kulit yang kering bukanlah hal yang baru di kalangan para perempuan. Hal ini dikarenakan kulit yang kering akan membuat tampilan makeup menjadi tidak terlihat flawless.

Wajah yang kering akan terlihat kusam dan juga memiliki warna yang tidak rata, dengan kandungan mineral yang tinggi pada buah nanas maka kulit akan menjadi lebih lembab dan juga kenyal.

4. Kulit menjadi lebih halus

4. Kulit menjadi lebih halus
Pexels/Kindel Media

Masih banyak perempuan yang mengeluhkan permasalahan kulit yang kasar dan bersisik, ternyata nanas bisa mengatasi kedua masalah tersebut.

Kandungan enzim bromelain pada buah nanas dapat membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.

Mama bisa merasakan manfaatnya dengan cara menjadikan buah nanas sebagai masker yang digosokkan ke area wajah selama beberapa saat.

5. Menghilangkan bintik hitam

5. Menghilangkan bintik hitam
Pexels/Gantas Vaičiulėnas

Bintik hitam yang ada pada beberapa titik di kulit wajah tentunya dapat mengganggu penampilan.

Bintik hitam pada wajah biasanya merupakan bekas jerawat yang menghitam atau darah kotor yang ada pada kulit yang tersumbat.

Antioksidan yang ada dalam buah nanas dapat membantu untuk mengatasinya dari dalam sehingga secara perlahan bintik hitam akan menghilang.

6. Melindungi kulit dari kerusakan sinar UV

6. Melindungi kulit dari kerusakan sinar UV
Pexels/Andrea Piacquadio

Paparan sinar matahari atau sinar UV tentunya akan sangat berbahaya, ditambah lagi dapat menyebabkan kanker kulit jika sudah terlalu parah.

Namun, vitamin C yang ada pada buah nanas dapat membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar UV.

Nah, itulah enam manfaat dari buah nanas yang baik untuk kecantikan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa langsung memotong bagian buah dan di aplikasikan ke wajah, dikonsumsi secara langsung, atau dijadikan sebagai jus buah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.