5 Manfaat Masker Charcoal untuk Kulit

Ampuh untuk mengatasi jerawat

10 Januari 2022

5 Manfaat Masker Charcoal Kulit
Freepik/diana.grytsku

Charcoal atau arang merupakan salah satu bahan yang untuk perawatan kulit yang digemari oleh banyak orang, terlebih lagi para beauty enthusiast. Charcoal memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya dapat menyerap minyak yang berlebih pada kulit, seperti yang dilansir dalam Indiatimes.com.

Oleh karena itu charcoal biasa dijadikan sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk produk perawatan kulit seperti masker bahkan sampai dengan pasta gigi. Lalu, apa sajakah manfaat dari masker charcoal ini? Yuk, simak 5 manfaat masker charcoal yang telah Popmama.com rangkum berikut ini!

1. Mengatasi masalah jerawat

1. Mengatasi masalah jerawat
Pexels.com/Polina

Untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, coba gunakan perawatan dengan menggunakan masker charcoal. Masker ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dari kulit dan membantu untuk menyeimbangkan produksi sebum pada kulit.

Charcoal akan bekerja sebagai magnet yang dapat menyerap racun dan bakteri, sehingga kulit akan menjadi lebih bersih jika digunakan secara rutin.

Editors' Picks

2. Membantu mengecilkan pori-pori

2. Membantu mengecilkan pori-pori
Freepik/cookie_studio

Masker charcoal bekerja dengan baik untuk membantu menghilangkan kotoran yang mengendap pada pori-pori sehingga akan membentuk komedo. Biasanya pori-pori besar dimiliki oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Dengan menggunakan masker charcoal, kotoran dapat dibersihkan secara menyeluruh dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil karena sudah tidak ada kotoran yang menyumbat.

3. Menjadi eksfoliator yang gentle

3. Menjadi eksfoliator gentle
Freepik/lookstudio

Untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati tidak bisa dilakukan secara sembarang dan memerlukan hal-hal yang dilakukan dengan benar. Eksfoliasi akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati, oleh sebab itu diperlukan cara yang lembut agar tidak terjadi iritasi.

Masker charcoal memiliki butiran yang lembut sehingga akan membantu untuk melakukan pengelupasan secara alami. Bisa dikatakan bahwa pengelupasan sel kulit mati merupakan tugas utama dari masker charcoal.

4. Mengatasi minyak berlebih

4. Mengatasi minyak berlebih
Freepik/diana_grytsku

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak yang berlebih diakibatkan oleh produksi sebum yang lebih banyak dibandingkan dengan orang biasa. Dengan menggunakan masker charcoal, kamu dapat meminimalisir minyak berlebih yang ada pada kulit dan membantu untuk menyeimbangkannya.

Dengan begitu, permasalahan seperti jerawat dan komedo dapat diatasi dengan menggunakan masker charcoal ini.

5. Membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus

5. Membuat kulit menjadi lebih lembut halus
Pexels/Andrea Piacquadio

Dengan semua manfaat yang diberikan oleh charcoal, maka kulit akan menjadi lebih segar dan juga terlihat cerah. Selain itu, masker charcoal juga membantu untuk meratakan tekstur kulit yang kurang merata.

Masker charcoal juga secara aktif membantu untuk mendetoksifikasi kulit dengan menghilangkan semua kotoran dan racun yang ada di dalam kulit.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa dirasakan dari penggunaan masker charcoal pada kulit. Jika digunakan secara rutin yaitu sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu, kamu akan merasakan perubahan lebih baik pada kulit wajah. Jangan sampai lupa, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.