Bukan Sayur Biasa, Inilah Manfaat Timun untuk Kulit Wajah

Ada beragam manfaat timun untuk kesehatan kulit wajah lho, Ma

20 Januari 2021

Bukan Sayur Biasa, Inilah Manfaat Timun Kulit Wajah
Pixabay/Monica1607

Memiliki wajah yang mulus, bersih, segar, dan tanpa noda tentunya memerlukan perawatan khusus seperti skincare atau masker wajah. Masker berfungsi untuk menutrisi wajah agar terlihat lebih lembab dan segar.

Masker bisa terbuat dari bahan apa saja yang memang memiliki kandungan yang baik untuk kulit, salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat baik untuk wajah adalah timun.

Ternyata timun memiliki banyak manfaat untuk wajah lho, Ma. Untuk itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum 5 manfaat timun untuk kesehatan kulit wajah. Simak informasi berikut ini yuk, Ma!

1. Mengurangi bengkak pada mata

1. Mengurangi bengkak mata
Freepik/cookie_studio

Sebuah studi membuktikan bahwa timun memiliki kemampuan untuk mengurangi bengkak pada kulit wajah. Pembengkakan ini biasanya akan muncul saat kekurangan tidur dan terlalu lelah sehingga lingkar hitam dan mata bengkak akan muncul.

Untuk mengatasi hal ini Mama hanya perlu untuk mengompres mata dengan menggunakan irisan timun. Hal ini bisa membuat mata kembali lebih segar dan juga mengecilkan pembengkakan pada mata.

Editors' Picks

2. Mengatasi kulit yang berjerawat

2. Mengatasi kulit berjerawat
Freepik/wayhomestudio

Kulit yang berminyak dan memiliki sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan membuat wajah menjadi berjerawat. Jerawat selalu menjadi musuh utama untuk semua orang karena kehadirannya yang sangat mengganggu.

Namun, ternyata timun juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat. Timun bersifat astrigen ringan yang dapat membantu membersihkan kulit dan juga mengencangkan pori-pori.

3. Membantu memerangi penuaan dini

3. Membantu memerangi penuaan dini
Freepik/benzoix

Kerutan halus yang muncul di wajah khususnya bagian mata dan dahi akan membuat penampilan menjadi terlihat lebih tua. Timun bersifat antioksidan yang dapat menjadikannya sebagai bahan alami untuk mengatasi kerutan halus yang muncul.

Selain itu, timun mengandung vitamin C dan asam folat yang dapat merangsang pertumbuhan sel baru dan juga membantu melawan racun yang ada pada wajah akibat lingkungan yang kotor.

Perpaduan kedua kandungan ini akan sangat sempurna karena akan membuat kulit menjadi terlihat lebih kencang dan sehat.

4. Menenangkan kulit yang iritasi

4. Menenangkan kulit iritasi
istock/Evgen_Prozhyrko

Timun memiliki efek yang mendinginkan sehingga akan membantu meringankan rasa sakit yang diakibatkan dari iritasi.

Selain itu anti-inflamasi yang ada dalam timun dapat membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan oleh paparan langsung dari sinar matahari, ruam, dan juga gigitan serangga.

5. Mampu menghidrasi wajah

5. Mampu menghidrasi wajah
Pexels/VK Studio

Timun terdiri dari 95% air yang bisa membantu untuk memberikan kelembapan pada wajah. Jika memiliki jenis kulit wajah yang kering maka menggunakan timun sebagai pelembap nya adalah hal yang tepat.

Kandungan air yang ada dalam timun akan menghidrasi kulit wajah yang kering dan membantu mengunci kelembapan di kulit wajah. Selain itu, timun sendiri memiliki aroma yang segar sehingga akan memberikan efek menenangkan pada saat memakainya di wajah.

Nah, jadi itulah 5 manfaat dari timun yang bisa Mama dapatkan saat menggunakannya menjadi masker atau face mist. Efek menyegarkan yang diberikan oleh timun akan membuat wajah menjadi lebih cerah dan juga sehat. Segera coba yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.