5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Kulit

Ternyata ada banyak manfaatnya lho, Ma

25 Februari 2021

5 Manfaat Minyak Zaitun Perawatan Kulit
Freepik/master1305

Saat pertama kali memikirkan tentang minyak zaitun, mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah memasak.

Namun, minyak zaitun tidak hanya dapat digunakan untuk memasak dan memberikan efek yang baik untuk kesehatan tetapi juga memberikan manfaat baik untuk kulit dan rambut.

Minyak zaitun mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, melembapkan kulit, dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain ketiga hal tersebut, tentu saja minyak zaitun memiliki manfaat lain untuk kesehatan kulit.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum 5 manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Yuk, disimak!

1. Melindungi dan melembapkan kulit sensitif

1. Melindungi melembapkan kulit sensitif
Pexels/Shiny Diamond

Minyak zaitun memiliki sifat melembapkan dan menutrisi yang bekerja dengan sangat baik untuk melembapkan kulit wajah.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembap pada malam hari setelah melakukan rangkaian skincare atau bisa juga digunakan sebagai pengganti serum.

Tidak hanya kaya akan kandungan vitamin A dan E saja, tetapi terdapat kandungan vitamin D dan K yang dapat memberikan nutrisi yang aman untuk kulit sensitif.

Perlu di ingat, jika Mama memiliki jenis kulit yang berminyak sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun ini.

Editors' Picks

2. Membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak

2. Membantu memperbaiki jaringan kulit rusak
Freepik/gpointstudio

Kulit adalah organ terbesar yang ada di tubuh dan berfungsi untuk memberikan perlindungan dari faktor eksternal dan kerusakan yang di akibatkan oleh sinar matahari.

Minyak ekstrak minyak zaitun juga ternyata dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Penggunaan minyak zaitun untuk bagian kulit yang pecah-pecah adalah hal yang bisa dilakukan untuk membuatnya menjadi lembap kembali. Bagian kulit yang biasanya mengalami pecah-pecah atau kasar adalah siku dan juga lutut.

Vitamin D yang ada di dalam minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi kondisi kulit lain seperti rosacea dan psoriasis, karena dapat meredakan peradangan.

3. Dapat mencegah penuaan dini

3. Dapat mencegah penuaan dini
Freepik/pressfoto

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan yaitu zat yang dapat mencegah oksidasi. Oksidasi sendiri adalah sebuah proses yang dapat menimbulkan radikal bebas dan mengakibatkan kerusakan sel bahkan sampai memicu perkembangan kanker.

Karena kandungan antioksidan inilah yang membuat minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain itu minyak zaitun yang dioleskan ke bagian kulit yang terkena paparan sinar matahari dapat membantu melawan sel-sel penyebab kanker.

4. Mengangkat sel kulit mati dari wajah

4. Mengangkat sel kulit mati dari wajah
Freepik

Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk men eksfoliasi sel kulit mati yang ada di wajah dengan cara menjadikannya sebagai scrub. Minyak zaitun bisa berfungsi untung mengatasi kulit yang bersisik dan kering, serta membantu untuk mengunci kelembapan.

Scrub wajah minyak zaitun ini bisa dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula atau garam laut.

Masker ini dapat membantu mengelupas kulit mati dan meningkatkan kelembapan kulit.

5. Dapat dijadikan sebagai makeup remover

5. Dapat dijadikan sebagai makeup remover
Freepik/drobotdean

Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, membersihkan kulit menjadi langkah yang sangat penting dalam rutinitas perawatan kulit yang dimiliki. Untuk menghilangkan bekas makeup atau sunscreen, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat digunakan secara langsung untuk membersihkan makeup tanpa adanya risiko sama sekali.

Dengan menggunakan minyak zaitun seperti ini, Mama juga bisa sambil memijat pelan kulit wajah untuk memberikan rileksasi bagi kulit wajah.

Nah, jadi itulah lima manfaat yang bisa di dapatkan dari minyak zaitun untuk kecantikan alami kulit. Jadi, Mama sudah pernah mencoba menggunakan minyak zaitun untuk keperluan apa saja?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.