6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan Rambut

Superfood yang kaya akan manfaat

14 Januari 2022

6 Manfaat Spirulina Kesehatan Rambut
mashed.com

Spirulina merupakan ganggang alami yang kaya akan protein dan nutrisi sehingga termasuk ke dalam makanan super atau superfood. Spirulina tumbuh dalam bentuk ganggang biru-hijau yang hidup di air tawar dan juga air asin, seperti yang dilansir dalam byrdie.com.

Karena memiliki kandungan protein dan nutrisi yang tinggi, spirulina seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan dasar untuk pembuatan produk perawatan kulit karena dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga kencang. Namun tak hanya itu saja, spirulina juga memiliki manfaat yang baik untuk perawatan rambut.

Penasaran ada apa saja? Yuk, simak 6 manfaat spirulina untuk kesehatan rambut yang telah Popmama.com rangkum berikut ini!

1. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut

1. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut
Pexels/Ron Lach

Permasalahan rambut yang sulit untuk tumbuh memang seringkali menjadi masalah karena rambut akan terlihat lebih tipis. Mama bisa menggunakan spirulina sebagai salah satu solusinya.

Spirulina terdiri dari 70% protein, asam lemak, dan juga zat besi yang dapat membantu untuk pertumbuhan rambut.

2. Mengatasi rambut rontok

2. Mengatasi rambut rontok
Freepik/User20061941

Permasalahan rambut yang satu ini sepertinya pernah dialami oleh semua orang. rambut yang rontok bisa sangat mengganggu jika sudah terlalu parah dan akan membuat rambut terlihat lebih tipis.

Spirulina dapat membantu untuk menyeimbangkan anti-oksidan yang ada di dalam tubuh dan mengatasi radikal bebas yang memicu stres oksidatif.

Editors' Picks

3. Melawan ketombe

3. Melawan ketombe
healthgrades.com

Sama seperti rambut rontok, permasalahan ketombe yang ada pada rambut bisa benar-benar mengganggu penampilan., terlebih lagi pada saat menggunakan pakaian berwarna gelap yang bisa memperlihatkan ketombe yang jatuh ke baju.

Spirulina dapat membantu untuk mengatasi masalah ketombe karena memiliki sifat anti-mikroba dan juga kandungan seng di dalamnya.

4. Melembapkan dan menghidrasi kulit kepala

4. Melembapkan menghidrasi kulit kepala
Pexels/Elemen5 Digital

Kulit kepala yang kering bisa memicu permasalahan rambut yang lainnya, seperti ketombe dan juga jerawat pada kulit kepala. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kelembapan pada kulit kepala.

Spirulina mengandung molekul higroskopis dalam mikroalga yang dapat memberikan kelembapan pada kulit kepala.

5. Mengontrol produksi sebum

5. Mengontrol produksi sebum
Pexels/Andrea Piacquadio

Rambut yang lepek merupakan salah satu permasalahan rambut yang sering terjadi dan membuat penampilan menjadi berkurang. Rambut berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum atau minyak alami yang ada pada kulit kepala.

Protein, polisakarida, dan serat yang ada pada spirulina menjadi sebuah polimer alami yang dapat membuat lapisan pelindung pada kepala, menghidrasi kulit, dan juga mengontrol produksi sebum.

6. Membuat rambut lebih berkilau

6. Membuat rambut lebih berkilau
Pexels/Helena Ije

Salah satu tanda rambut yang sehat adalah rambut yang terlihat bervolume dan tampak berkilau. Mama bisa menjadikan rambut tampak berkilau dengan menggunakan spirulina lho.

Senyawa anti-oksidan yang ada di dalam spirulina dapat membantu untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau dan juga kuat.

Nah, itulah enam manfaat yang bisa Mama rasakan dari spirulina untuk kesehatan rambut. Spirulina sendiri memang dikenal sebagai superfood yang memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh, kulit, dan juga rambut. Jadi, apakah Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.