5 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah

Bisa hilangkan jerawat sampai tunda penuaan

24 Mei 2021

5 Manfaat Tepung Beras Kecantikan Kulit Wajah
Freepik/jcomp

Pada umumnya tepung beras digunakan untuk beberapa masakan saja, namun ternyata tidak hanya itu saja fungsi dari tepung beras. Ternyata manfaat tepung beras telah lama digunakan untuk melakukan perawatan dan membuat wajah menjadi lebih cantik lho, Ma

Tepung beras organik memiliki manfaat yang ganda karena bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Tepung beras organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar dan jumlah antioksidan yang lebih tinggi.

Namun, tepung beras yang Mama miliki di rumah juga memiliki banyak kegunaan yang dapat menjadi salah satu dari rutinitas perawatan kulit.

Lalu, apa sajakah manfaat dari tepung beras untuk kecantikan? Yuk, simak informasi yang telah Popmama.com  rangkum berikut ini:

1. Memberikan perlindungan dari sinar UV

1. Memberikan perlindungan dari sinar UV
Pexels/Barbara Ribeiro

Beras mengandung beberapa zat yang dapat menjadi pelindung kulit dari sinar matahari. Asam ferulic dan allantoin di dalamnya dapat digunakan sebagai sunscreen yang alami.

Selain itu, tepung beras juga memiliki sifat anti-inflamasi dan juga dapat menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari dan mencegah kulit terkena sengatan matahari.

Editors' Picks

2. Mengatasi masalah mata panda

2. Mengatasi masalah mata panda
Pixabay/ivanovgood

Lingkaran hitam yang ada di sekitar mata memang menjadi permasalahan yang dapat membuat penampilan menjadi kurang sempurna. Namun tak perlu khawatir karena tepung beras dapat memberikan manfaatnya untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam tersebut.

Penggunaannya bisa dengan menjadikannya sebagai masker mata dengan mencampurkan tepung beras, minyak jarak, dan juga pisang yang sudah dihaluskan. Masker mata dari bahan ini dapat memberikan relaksasi di sekitar bagian mata.

3. Sebagai eksfoliasi alami

3. Sebagai eksfoliasi alami
Pexels/Cottonbro

Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar sehingga bisa menjadi bahan yang cocok dijadikan sebagai scrub. Butiran halus yang ada pada tepung beras dapat membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Karena beras dapat menyerap semua sebum berlebihan yang ada pada wajah, maka kulit akan terasa lebih bersih dan halus. Mencampurkannya dengan gula dan madu sebagai masker, maka khasiat yang di dapatkan akan semakin berlimpah.

4. Mencerahkan kulit wajah

4. Mencerahkan kulit wajah
Freepik

Beras memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang telah dikenal lama sebagai salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit. Karena beras memiliki kandungan asam amino dan vitamin, maka beras dapat bekerja sebagai pembersih dan membuat wajah menjadi lebih cerah dan bersih.

Jadikan tepung beras sebagai masker dengan cara mencampurkan tepung beras dengan madu yang diaplikasikan ke seluruh wajah dan bagian leher. Dengan cara ini, kulit akan terasa lebih lembut dan juga cerah.

5. Menghilangkan keriput, jerawat, dan juga bercak tanda penuaan

5. Menghilangkan keriput, jerawat, juga bercak tanda penuaan
Freepik/Doucefleur

Tepung beras berfungsi sangat baik untuk mengatasi masalah keriput halus, jerawat, dan juga bercak hitam tanda penuaan yang ada pada wajah. Selain itu, tepung beras juga dapat membantu untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit agar tampak segar dan juga awet muda.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa mencampurkan tepung beras dengan mentimun yang telah dihaluskan dan juga air perasan lemon untuk dijadikan sebagai masker. Jika digunakan setelah melakukan kegiatan di luar rumah, maka masker ini akan berfungsi untuk mencegah penggelapan pada kulit.

Nah, itu lah lima manfaat dari tepung beras untuk kecantikan yang bisa Mama dapatkan dengan mudah. Mama bisa menggunakan tepung beras yang ada di rumah Mama untuk melakukan perawatan ini lho. Apakah Mama mau mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.