5 Manfaat Vetiver yang Dapat Mengencangkan Kulit

Kulit Mama akan menjadi lebih sehat dan cerah lho

27 Oktober 2021

5 Manfaat Vetiver Dapat Mengencangkan Kulit
Pinterest/Reddit

Vetiver merupakan sejenis rumput yang memiliki senyawa aromatik yang berasal dari India. Jenis rumput ini dapat tumbuh dengan baik bahkan dalam cuaca panas yang terik sekalipun. Biasanya vetiver digunakan sebagai aroma terapi untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Namun, vetiver dapat juga digunakan sebagai salah satu perawatan untuk kulit yang lebih sehat. Saat ini sudah terdapat berbagai macam produk skincare seperti toner dan pelembap yang mana dapat membantu untuk mengatasi permasalahan pada kulit.

Lalu, apa sajakah manfaat dari vetiver? Kali ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat vetiver untuk perawatan kecantikan kulit. Yuk, disimak!

1. Melembapkan kulit dan menguncinya

1. Melembapkan kulit menguncinya
Freepik/cookie_studio

Kulit yang sehat ditandai dengan kulit yang terasa lembap karena terhidrasi dengan baik sehingga kulit menjadi lebih lembap. Tentunya Mama tidak ingin memilik kulit yang terasa kering dan bersisik.

Vetiver dapat digunakan untuk menghidrasi dan melembapkan kulit tanpa perlu merasa khawatir akan membentuk lapisan minyak. Selain memberikan kelembapan, vetiver juga dapat menjaga kelembapan selama berjam-jam tanpa menyebabkan rasa lengket pada kulit.

Editors' Picks

2. Mengecilkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih

2. Mengecilkan pori-pori mengurangi minyak berlebih
Freepik/diana.grytsku

Vetiver dianggap sebagai zat alami yang dikenal dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan membersihkan pori-pori. Tak hanya itu saja, pori-pori yang membesar akibat kotoran yang menempel akan menjadi lebih kecil dengan menggunakan vetiver sehingga akan mengurangi potensi munculnya komedo.

Selain itu, vetiver juga dapat membantu untuk mengontrol produksi minyak yang ada pada kulit sehingga tidak akan membuat kulit terlihat berminyak dan kusam.

5. Mengurangi tanda penuaan dini

5. Mengurangi tanda penuaan dini
Freepik/cookie_studio

Tanda penuaan memang tidak bisa dihindari, tetapi Mama bisa menundanya dengan melakukan berbagai macam perawatan, salah satunya adalah dengan menggunakan vetiver. Karena kaya akan antioksidan, vetiver dapat bekerja secara efektif untuk menghilangkan racun dan radikal bebas pada kulit.

Tanda-tanda umum terjadinya penuaan dini adalah munculnya gari-garis halus, pigmentasi, perubahan warna kulit, dan yang lainnya. Selain itu, vetiver dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembap sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

4. Meratakan warna kulit

4. Meratakan warna kulit
Freepik/drobotdean

Memiliki warna kulit yang tidak merata tentunya akan mengganggu penampilan dan membuat rasa tidak percaya diri muncul. Warna kulit yang tidak merata bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah paparan debu dan juga polusi.

Vetiver dapat berfungsi untuk mengurangi noda hitam atau bekas luka pada kulit yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, vetiver akan membantu untuk memberikan nutrisi untuk kulit dan membantu proses regenerasi kulit dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit yang baru.

5. Mengurangi peradangan kulit

5. Mengurangi peradangan kulit
Freepik/ jcomp

Karena memiliki sifat mendinginkan, vetiver dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan pada kulit. Vetiver dapat membantu untuk mengurangi rasa terbakar pada kuli dan juga meredakan kemerahan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Peradangan yang di sebabkan oleh jerawat atau paparan sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan vetiver. Mama tidak perlu merasa takut kulit akan mengalami iritasi karena vetiver memiliki formula yang lembut di kulit.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa Mama dapatkan dari penggunaan vetiver untuk perawatan kulit. Vetiver sendiri bisa Mama rasakan manfaatnya melalui berbagai macam cara seperti produk skincare atau face oil. Jadi, apa Mama mau coba untuk menggunakannya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.