Memiliki Bibir yang Hitam? Inilah 5 Cara Alami untuk Mencerahkannya

Cara perawatannya mudah lho, Ma

17 Maret 2021

Memiliki Bibir Hitam Inilah 5 Cara Alami Mencerahkannya
Freepik/Nnudoo

Kulit bibir bisa menjadi bagian yang paling sensitif dan mengalami perubahan seperti bibir kering, pecah-pecah, dan berpigmen yang salah satunya di akibatkan oleh kondisi lingkungan yang kurang sehat dan bibir yang mengalami dehidrasi.

Memiliki bibir yang berwarna pink dan juga terlihat cerah tanpa menggunakan riasan adalah keinginan semua perempuan.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat bibir menjadi lebih cerah dan juga sehat. Yuk, disimak!

1. Eksfoliasi bibir dengan menggunakan scrub gula dan madu

1. Eksfoliasi bibir menggunakan scrub gula madu
Pexels/Polina Kovaleva

Salah satu penyebab utama bibir terlihat hitam atau menggelap adalah karena akumulasi dari sel-sel mati. Oleh karena itu, melakukan eksfoliasi pada bibir bisa dilakukan untuk mengatasi bibir yang mengering.

Mama bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan campuran gula dan juga madu. Gula kaya akan antioksidan yang dapat mencegah bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, enzim yang ada pada madu dapat membantu mencerahkan dan melembapkan bibir.

Editors' Picks

2. Mengaplikasikan kunyit dan susu pada bibir

2. Mengaplikasikan kunyit susu bibir
Pixabay/stevepb

Kunyit dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sapat mengobati pigmentasi. Tak hanya untuk mencerahkan kulit, kunyit yang dikombinasikan dengan susu dapat mengatasi bibir yang gelap dan membuatnya menjadi cerah.

Cukup mencampurkan keduanya hingga menjadi pasta dan diaplikasikan ke bibir selama 5 menit. Kunyit dan susu dapat menjadi obat untuk mengatasi pigmentasi dan juga mengembalikan bibir yang hitam menjadi lebih merah alami.

3. Mencampurkan buah bit dengan madu

3. Mencampurkan buah bit madu
Pixabay/pompi

Buah bit memiliki pigmen merah alami yang dapat membantu untuk membuat bibir Mama menjadi merah alami. Cara sederhananya Mama bisa mengoleskan buah bit langsung pada bibir, namun Mama bisa juga mencampurkan buah bit dengan madu.

Selain dapat memberikan warna merah alami, buat bit juga bisa digunakan sebagai exfoliator alami untuk bibir. Dengan menggosokkannya ke bibir, maka sel-sel mati akan terangkat sehingga bibir akan menjadi lebih cerah.

4. Mengoleskan minyak almond dan lemon pada bibir

4. Mengoleskan minyak almond lemon bibir
healthline.com

Alasan yang paling umum untuk bibir yang gelap adalah kurangnya kelembapan dan hidrasi pada bibir. Mama bisa menggunakan minyak almond untuk mengatasi masalah kulit dan juga kekeringan pada bibir.

Mencampurnya minyak almond dengan perasan lemon dapat Mama lakukan untuk mengembalikan warna bibir Mama.

Minyak almond dapat mencegah bibir menjadi kering sedangkan lemon bekerja sebagai zat pemutih alami yang dapat membuat bibir menjadi lebih cerah dan juga kenyal.

5. Memakai gel aloe vera

5. Memakai gel aloe vera
Freepik/jcomp

Aloe vera kaya akan vitamin E yang mana dapat membantu untuk mengembalikan kelembapan pada bibir. Selain itu aloe vera juga memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Jika Mama memiliki kulit yang gelap dan juga pecah-pecah, aloe vera dapat mengatasinya secara perlahan untuk memperbaiki kerusakan pada bibir dan juga mengembalikan warna bibir menjadi merah muda alami.

Nah, jadi itulah 5 cara alami yang dapat Mama lakukan untuk mengembalikan bibir gelap menjadi merah muda alami. Mau coba yang mana dulu, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.