Mengenal Beragam Jenis Sisir dan Fungsinya

Apakah Mama sudah menggunakan sisir yang tepat sesuai dengan kondisi rambut Mama?

15 Mei 2021

Mengenal Beragam Jenis Sisir Fungsinya
headcurve.com

Menyisir rambut menjadi hal yang dilakukan oleh semua orang, dan salah satunya adalah perempuan. Sisir berfungsi untuk mengurai, menghaluskan, dan menjaga rambut agar tetap tertata dengan rapi dan juga terawat. Tapi apakah Mama tau kalau ada berbagai jenis sisir yang bisa digunakan?

Meskipun semua sisir dapat merapikan rambut Mama, namun ternyata ada berbagai jenis sisir yang memiliki kegunaan berbeda untuk tiap tipe rambut.

Untuk Mama yang belum mengetahui ada beragam jenis sisir yang berguna sesuai kebutuhannya, Popmama.comtelah merangkum 6 jenis sisir beserta kegunaannya. Ada apa saja, ya?

1. The paddle

1. The paddle
headcurve.com

Sisir ini bisa digunakan oleh berbagai tipe rambut mulai dari lurus hingga keriting dan dapat digunakan untuk Mama yang memiliki rambut yang tebal.

Selain itu, jenis the paddle ini dapat membantu mengeringkan rambut yang basah setelah keramas. Sikatnya yang lembut akan cocok untuk mengatasi kusut pada rambut akibat berkeramas, caranya dengan menyisir dari ujung rambut sampai ke atas secara perlahan.

2. The round brush

2. The round brush
Freepik.com

Sisir ini secara bersamaan akan menghaluskan dan menata rambut, serta mampu untuk merapikan rambut yang tebal. Beberapa sisir berbentuk bundar ini dilengkapi dengan teknologi ionik sehingga akan membantu menangani rambut panjang uang tebal.

Jika Mama suka membentuk rambut menjadi lebih blowout, maka sisir ini adalah pilihan yang tepat. Karena bentuknya yang melingkar ini, pembentukan rambut menjadi lebih ber volume dan ikal akan lebih mudah didapatkan.

Editors' Picks

3. The vented brush

3. The vented brush
ultra.com

Desain dari sisir ini adalah memiliki lubang pada bagian kepala yang berfungsi sebagai lubang udara yang akan membantu untuk mengeringkan rambut. Sisir ini juga cocok untuk Mama yang senang menata rambut dan menggunakan hairdryer karena bentuknya yang kecil dan ramping akan mempermudah Mama dalam membentuk rambut.

Sisir ini dapat digunakan untuk jenis rambut yang lurus sedang hingga tebal. Selain itu karena bentuknya yang kecil, sisir ini akan sangat praktis untuk dibawa bepergian.

4. The teasing brush

4. The teasing brush
wish.com

Tipe sisir ini sangat cocok untuk semua tipe rambut karena terdiri dari sikat bulu yang dapat menambahkan volume pada rambut yang lurus dan juga bergelombang. Selain itu, sisir ini juga dapat digunakan untuk Mama yang memiliki rambut kering.

Sisir ini sangat lembut jika digunakan untuk menyisir rambut yang kering dan mengembang karena sikatnya yang berbentuk bulu ini. Dengan begitu, rambut yang kering tidak akan dengan mudahnya patah.

5. The wide tooth brush

5. The wide tooth brush
1996mag.com

Fungsi dari sisir jenis wide tooth comb ini adalah untuk merapikan rambut yang basah dan kusut setelah keramas. Bentuknya sikatnya yang berjarak cukup jauh ini dapat digunakan oleh semua tipe rambut khususnya untuk Mama yang memiliki tipe rambut bergelombang dan keriting.

Karena jarak antara sikatnya yang cukup jauh ini akan mempermudah Mama saat menyisir rambut yang basah dan tidak membuatnya menjadi rontok.

6. The straightening brush

6. The straightening brush
alibaba.com

Sisir jenis ini dilengkapi dengan teknologi iron yang menghasilkan panas sehingga kegunaannya mirip dengan catokan rambut, bedanya jenis sisir ini akan sekaligus merapikan rambut dan juga membentuk rambut menjadi lebih bergaya.

Sisir jenis ini memiliki pengaturan panas yang berbeda bergantung pada ketebalan rambut yang Mama miliki.

Perlu diingat, penggunaan sisir ini harus pada saat keadaan rambut Mama kering karena jika menggunakannya pada saat rambut dalam keadaan basah, maka akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Nah, jadi itulah beberapa jenis sisir yang dapat digunakan sesuai dengan tipe rambut yang Mama miliki. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.