Mengenal Kaolin Clay, Mineral Alami yang Kaya Akan Manfaat

Cocok untuk semua jenis kulit

16 Oktober 2021

Mengenal Kaolin Clay, Mineral Alami Kaya Akan Manfaat
Pexels/Monstera

Untuk membuat wajah tetap sehat, kita perlu untuk melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit. Mama bisa melakukan berbagai macam cara seperti chemical peeling atau menggunakan clay mask yang bersifat kering sehingga dapat menyerap minyak berlebih yang ada pada kulit.

Namun, Mama tidak perlu merasa khawatir menggunakan clay mask karena dapat membuat kulit menjadi kering karena terdapat satu jenis mineral alami yang tetap menjaga kulit Mama tetap lembap, yaitu Kaolin Clay.

Untuk Mama yang belum mengetahui seputar kaolin clay, Popmama.com telah merangkum informasi seputar kaolin clay. Yuk, disimak!

1. Apa itu kaolin clay?

1. Apa itu kaolin clay
Pinterest/Etsy

Kaolin clay merupakan mineral alami yang berasal dari tanah bukit Cina yang dianggap sebagai kandungan lembut untuk wajah sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk juga kulit sensitif.

Kaolin clay terdiri dari kaolinite dan tanah liat yang merupakan mineral silikat berlapis berwarna putih atau terkadang kehijauan dan merah muda. Kaolin clay juga merupakan clay mask dengan formula lembut dengan kandungan pH yang netral sehingga tidak akan membuat kulit menjadi kering.

Editors' Picks

2. Apakah kaolin clay baik untuk kulit?

2. Apakah kaolin clay baik kulit
Freepik/Benzoix

Kaolin clay yang memiliki kandungan pH netral dan silikon dioksida yang tinggi dapat digunakan untuk kulit dan rambut yang tentunya bersifat aman karena tidak mengeringkan kulit. Silikon dioksida yang ada pada kaolin clay merupakan trace mineral yang ada di dalam makanan nabati sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Karena memiliki kandungan formula yang ringan, kaolin clay akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit dan aman digunakan untuk semua jenis kulit.

3. Manfaat kaolin clay untuk kulit

3. Manfaat kaolin clay kulit
Pexels/Gustavo Fring

Kaolin clay memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit seperti mengontrol minyak, menenangkan kulit yang iritasi, meratakan warna kulit, serta dapat digunakan sebagai sampo alami.

Kaolin clay dapat membuat kulit menjadi lebih tenang dengan sensasi mild healing seperti halnya penggunaan aloe vera untuk menenangkan kulit. Selain itu, kaolin clay juga dapat membersihkan sisa kotoran dan bakteri yang ada pada kulit sehingga akan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat.

4. Memiliki fungsi lain selain sebagai masker

4. Memiliki fungsi lain selain sebagai masker
Pexels/Ron Lach

Selain digunakan sebagai masker wajah, kaolin clay juga dapat digunakan sebagai mineral makeup, hair mask, bath supplement facial cleanser, dan spot treatment untuk jerawat. Mama bisa merasakan manfaat jangka panjang saat menggunakan kaolin clay.

Kaolin clay dapat mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus sehingga wajah akan tetap terlihat kencang dan juga sehat.

5. Cara terbaik menggunakan kaolin clay

5. Cara terbaik menggunakan kaolin clay
Freepik/7191052

Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna dari penggunaan kaolin clay, Mama harus memperhatikan peralatan yang digunakan sebagai wadah untuk menampung masker. Hindari penggunaan mangkuk atau sendok yang berbahan logam.

Hal ini dikarenakan logam akan mengurangi sifat menyembuhkan yang diberikan oleh kaolin clay. Ada baiknya jika Mama menggunakan peralatan dari kayu, plastik, atau keramik.

Nah, itulah hal-hal yang bisa Mama ketahui seputar kaolin clay yang ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit. Jadi, apakah Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.