6 Mitos Rambut yang Perlu Diketahui Kebenarannya

Jangan sampai terkecoh dengan mitos ya, Ma

28 September 2021

6 Mitos Rambut Perlu Diketahui Kebenarannya
Pexels/Andrea Piacquadio

Mitos menjadi hal yang terjadi secara turun temurun dalam makna apa saja, termasuk juga mitos yang seringkali mengenai hal-hal yang menyangkut perawatan kecantikan, seperti soal perawatan rambut. Mitos yang tersebar tanpa diketahui kebenarannya dapat membuat was-was pada saat ingin melakukan perawatan rambut.

Untuk menghindari kesalahpahaman, ada baiknya Mama mengetahui mitos-mitos apa saja yang ada seputar perawatan rambut dan ketahui bagaimana fakta yang sebenarnya.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 mitos seputar rambut yang perlu diketahui. Yuk, disimak!

1. Sering menyisir rambut akan membuat rambut lebih sehat

1. Sering menyisir rambut akan membuat rambut lebih sehat
Freepik/pressfoto

Hal ini menjadi mitos paling yang paling umum mengenai perawatan rambut yaitu menyisir rambut secara berkala akan membuat rambut menjadi lebih sehat. Faktanya, menyisir rambut terlalu sering hanya akan merusak rambut dan membuatnya lebih mudah rontok.

Ditambah lagi jika menyisir rambut terlalu kasar dengan sisir yang tidak sesuai dengan kondisi rambut. Lebih baik jika menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut atau menggunakan sisir dengan gigi yang lebar.

2. Rambut harus dicuci setiap hari

2. Rambut harus dicuci setiap hari
Freepik/valuavitaly

Walaupun Mama memiliki rambut yang berminyak, bukan berarti Mama dapat mencuci rambut setiap hari untuk menghindari rambut lepek. Mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut menjadi mengembang dan mengeringkan kulit kepala.

Minyak alami pada rambut sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan rambut. Dianjurkan untuk mencuci rambut sebanyak satu kali dalam dua hari atau tiga kali dalam seminggu.

Editors' Picks

3. Rutin memotong rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut

3. Rutin memotong rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut
Pexels/Engin Akyurt

Mitos yang satu ini menjadi salah satu mitos yang seringkali dibicarakan oleh banyak orang. Namun, pada kenyataannya rutin memotong rambut tidak akan mempercepat pertumbuhan pada rambut.

Rambut tumbuh dari folikel rambut yang ada pada kulit kepala, oleh karena itu memotong bagian ujung rambut tidak akan memengaruhi pertumbuhan pada rambut.

4. Menggunakan topi dapat menyebabkan rontok

4. Menggunakan topi dapat menyebabkan rontok
Pexels/Tobi

Menggunakan topi biasanya tidak akan membuat rambut menjadi rontok, tetapi bisa merontokkan rambut jika topi yang digunakan menyangkut dan membuat rambut tertarik.

Sebenarnya tak hanya topi saja, apapun yang menutup kepala dapat menyebabkan kerusakan pada rambut jika tidak dijaga kebersihannya.

Selalu jaga kebersihan kepala dengan menggunakan aksesoris kepala yang juga bersih dan berhati-hati agar rambut tidak tertarik dan menimbulkan kerontokan.

5. Terlalu sering keramas akan merusaknya

5. Terlalu sering keramas akan merusaknya
Freepik/Jcomp

Berkaitan dengan nomor dua, mencuci rambut setiap hari dapat merusak rambut. Namun fakta yang perlu diketahui adalah bukan seberapa sering rambut dicuci, melainkan sampo dengan bahan kimia yang jika digunakan terlalu sering dapat menyebabkan rambut rontok.

Mama harus memastikan untuk menggunakan sampo yang memiliki bahan lembut untuk kulit kepala dan sesuai dengan kondisi rambut yang dimiliki. Jarang mencuci rambut juga akan menyebabkan penumpukan kotoran, minyak, dan bakteri.

6. Rambut berminyak tidak membutuhkan kondisioner

6. Rambut berminyak tidak membutuhkan kondisioner
Unsplash/NordWood

Hal ini adalah sebuah mitos yang tidak benar karena rambut yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih pada kulit kepala. Jika tidak menggunakan kondisioner sebagai rangkaian perawatan rambut, dikhawatirkan dapat menimbulkan permasalahan rambut yang lain.

Sedangkan kondisioner sendiri berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih halus, bukannya membuat rambut menjadi semakin berminyak. Saat ini sudah terdapat banyak produk kondisioner yang di khususkan oleh rambut berminyak, maka pilihkan kondisioner tersebut.

Nah, itulah enam mitos seputar rambut yang seringkali dibicarakan. Sebelum melakukan perawatan apapun, ada baiknya jika Mama mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya agar perawatan yang dilakukan dapat bekerja secara maksimal.

Jangan lupa untuk selalu menjaga rambut tetap sehat ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.