Nggak Perlu di Potong, Inilah Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang nggak harus selalu di potong kok, Ma!

27 Januari 2021

Nggak Perlu Potong, Inilah Cara Mengatasi Rambut Bercabang
Freepik/photohobo

Ujung rambut yang bercabang disebabkan oleh kering dan rapuhnya rambut karena kekurangan protein dan juga kelembapan rambut. Belum lagi, ujung rambut adalah bagian yang paling terbuka sehingga menjadi bagian rambut yang rentan akan kerusakan.

Jika diperhatikan, ujung bercabang disebabkan oleh ujung rambut yang kering dan rapuh sehingga membutuhkan kelembapan. Perlu Mama ketahui bahwa mengatasi rambut yang bercabang tidak hanya dengan memangkasnya saja.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comsudah merangkum 6 cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi masalah rambut yang bercabang. Yuk, disimak.

1. Kurangi penggunaan peralatan pemanas

1. Kurangi penggunaan peralatan pemanas
Freepik/nikitabuida

Terlalu sering menggunakan hairdryer atau catokan akan berakibat buruk bagi rambut. Jika digunakan terlalu sering apalagi setiap hari, rambut akan dengan mudahnya mengalami kerusakan berupa rambut kering dan rentan patah.

Ada baiknya jika tidak terlalu sering menggunakan alat-alat ini jika memang tidak terlalu penting. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengeringkan rambut. Selain itu Mama bisa menggunakan catokan jika pergi ke acara-acara khusus saja.

2. Buat rambut menjadi lebih kuat

2. Buat rambut menjadi lebih kuat
Freepik/cookie_studio

Cara terbaik untuk mengurangi masalah rambut yang bercabang adalah dengan menggunakan produk dengan bahan-bahan yang dapat memberikan protein secara rutin untuk rambut.

Selain menggunakan produk rambut, Mama juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lainnya untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut.

Editors' Picks

3. Mencuci rambut hanya jika perlu

3. Mencuci rambut ha jika perlu
blush.me

Mama tidak perlu mencuci rambut setiap harinya untuk membuat rambut tetap terlihat segar. Jika terlalu sering mencuci rambut, maka rambut akan mengalami kekeringan dan memiliki ujung yang bercabang.

Mencuci rambut secara berlebihan akan menghilangkan nutrisi dan juga minyak alami rambut yang menjaganya untuk tetap lembab.

Mama bisa mencuci rambut sebanyak dua hari sekali untuk tetap menjaga kelembapan alami dari rambut.

4. Gunakan conditioner tanpa bilas

4. Gunakan conditioner tanpa bilas
hairfinder.com

Menggunakan produk conditioner tanpa bilang juga menjadi hal efektif yang bisa membantu Mama untuk tetap menjaga kelembapan rambut dan mencegah terjadinya kerusakan.

Conditioner rambut tanpa bilas ini biasanya berupa spray yang tinggal Mama semprotkan saja ke rambut, bisa saat rambut setengah basah atau pada saat kering.

Conditioner ini dapat menjaga rambut tetap terhidrasi dan elastis sehingga tidak akan mudah rusak dan tidak pecah.

Selain itu, penggunaan conditioner tanpa bilang ini juga sangat cocok pada saat berada di lingkungan yang kering atau matahari yang terik.

5. Sembunyikan bagian ujung rambut

5. Sembunyikan bagian ujung rambut
Pexels/Sound On

Beberapa hairstyle bisa Mama coba untuk menyembunyikan ujung rambut agar terhindari dari lingkungan luar.

Mama bisa mencoba style seperti bun atau pin-up, karena dengan style seperti ini ujung rambut tidak akan terlihat sehingga akan menjaganya tetap lembap.

Selain membuat rambut tetap terjaga, Mama juga bisa tampil lebih stylish dengan model rambut diikat gaya bun dan pin-up. Hairstyle seperti ini bisa menjaga rambut untuk tetap terhidrasi dan tidak terkena sinar matahari.

6. Hindari mengeringkan rambut dengan handuk

6. Hindari mengeringkan rambut handuk
skinkraft.com

Mengeringkan rambut dengan handuk hanya akan membuat rambut semakin rusak. Mengeringkan rambut dengan cara menggosokkannya hanya akan membuat kondisi rambut semakin parah jika dilakukan terlalu kasar.

Mama bisa saja mengeringkan rambut dengan handuk namun harus dengan cara yang gentle agar rambut tidak mengalami gesekan yang parah. Alternatif lainnya, Mama bisa mengeringkan rambut hanya dengan mendiamkannya saja dan biarkan terurai agar rambut dapat terkena angin secara alami hingga benar-benar mengering.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang tanpa perlu memotongnya. Namun, jika memang kerusakan pada bagian ujung rambut sudah cukup parah, Mama bisa memotongnya sedikit tepat pada bagian ujung yang bercabang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.