5 Penyebab Lipstick Cepat Memudar saat Dipakai

Nomor 2 paling sering dilakukan

27 Juli 2021

5 Penyebab Lipstick Cepat Memudar saat Dipakai
Freepik/halayalex

Lipstick merupakan salah satu produk makeup yang menjadi andalan banyak perempuan dan selalu dibawa kemanapun. Namun, tak jarang lipstick yang digunakan tidak bertahan lama dan cenderung cepat memudar.

Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan lipstick menjadi lebih cepat memudar, seperti misalnya karena Mama memiliki bibir yang cenderung kering dan pecah-pecah.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi pada Mama, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 hal yang dapat menyebabkan lipstick tidak awet di bibir Mama. Yuk, disimak!

1. Tidak pernah melakukan eksfoliasi

1. Tidak pernah melakukan eksfoliasi
Freepik/Racool_studio

Mengelupas sel-sel kulit mati tentunya hal yang perlu untuk dilakukan, tidak hanya pada kulit wajah tetapi juga pada bibir. Dengan bibir yang lebih halus, maka Mama bisa mendapatkan look yang lebih flawless dan tentunya terlihat sehat.

Jika Mama tidak pernah melakukan eksfoliasi pada bibir, lakukan sekarang! Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Lakukan eksfoliasi pada bibir sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu dan lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Editors' Picks

2. Tidak membiarkan lip balm menyerap sebelum menggunakan lipstick

2. Tidak membiarkan lip balm menyerap sebelum menggunakan lipstick
Freepik/diana.grytsku

Fungsi dari lip balm sendiri adalah untuk membantu melembapkan bibir.

Namun, Mama perlu untuk membuat lipstick tahan lama, lip balm harus menyerap dengan baik pada permukaan bibir. Jika masih membiarkannya basah, lipstick pun tidak dapat tahan lama. 

Kandungan minyak yang ada pada lip balm akan membuat dasar bibir yang licin untuk lipstick sehingga warna yang dikeluarkan tidak maksimal. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan lip balm sebagai salah satu rutinitas dalam melakukan perawatan kulit untuk membuat bibir terlihat lembap alami.

3. Mengabaikan bibir yang kering dan pecah-pecah

3. Mengabaikan bibir kering pecah-pecah
Freepik/cookie_studio

Jika Mama mengalami bibir kering dan pecah-pecah namun hanya di diamkan begitu saja, berharap bahwa akan membaik dengan sendirinya, itu salah. Membiarkan kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah hanya akan memperburuk penampilan Mama.

Bibir yang kering dan pecah-pecah adalah tanda bahwa bibir memerlukan kelembapan yang lebih untuk membuatnya menjadi lebih kenyal.

Sama halnya seperti melakukan eksfoliasi, Mama juga perlu untuk menggunakan pelembap secara rutin.

4. Tidak menggunakan teknik blotting

4. Tidak menggunakan teknik blotting
Pexels/Oleg Magni

Teknik blotting adalah hal yang jangan sampai terlewatkan pada saat menggunakan lipstick. Hal ini dilakukan untuk membantu mengunci warna bibir yang telah ada sebelumnya dan membuatnya menjadi lebih matte.

Oleskan lipstick untuk lapisan pertama, kemudian hapus dengan menggunakan tisu. Baru setelahnya gunakan lagi lipstick sebagai lapisan kedua.

5. Tidak menggunakan kuas untuk membaur lipstick

5. Tidak menggunakan kuas membaur lipstick
Freepik/Maksymiv-yura

Para profesional seringkali terlihat tengah menggunakan kuas pada saat mengaplikasikan lipstick pada bibir. Menggunakan kuas pada saat mengaplikasikan lipstick dapat berfungsi untuk memadukan beberapa warna lipstick jika Mama menginginkan efek ombre pada bibir.

Kuas yang cocok untuk digunakan adalah kuas eye shadow berukuran medium untuk membuat penampilan bibir Mama menjadi lebih bagus dan tentunya dapat membuat lipstick menjadi lebih tahan lama pada bibir.

Nah, itulah lima hal yang dapat menyebabkan lipstick yang Mama gunakan tidak bertahan lama atau lebih cepat memudar. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini untuk membuat lipstick menjadi lebih awet dan tahan lama ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.