5 Tanda Rambut Kamu Mengalami Kelelahan, Bukan Hanya Rontok Lho!

Rambut rontok adalah salah satu tandanya, tapi kenali tanda lain rambut kamu sudah tua dan lelah

17 Januari 2022

5 Tanda Rambut Kamu Mengalami Kelelahan, Bukan Ha Rontok
Freepik.com/cookie_studio

Pada umumnya rambut memiliki 3 tahap pertumbuhan yang kemudian ditetapkan sebagai siklus pertumbuhan pada rambut. Tahap pertama merupakan tahap pertumbuhan aktif yang berlangsung selama dua sampai tujuh tahun dengan menghasilkan rambut yang terlihat panjang dan juga tebal.

Tahap kedua ada pada fase catagen, atau rambut yang mulai secara perlahan tubuh dan bahkan berhenti bertumbuh. Kemudian masuk pada tahap ketiga dimana rambut akan beristirahat dan akan mengalami kerontokan secara alami.

Tahap ini akan terus berulang sepanjang hidup dan ada kalanya dimana rambut merasa lelah dan mengalami masalah seperti kerontokan yang parah dan juga ujung yang bercabang. Rambut lelah bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah rasa stress.

Selain itu, terdapat beberapa tanda yang dapat terlihat pada saat rambut sedang lelah. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 tanda rambut berada pada fase lelah. Yuk, disimak!

1. Rambut terlihat berminyak

1. Rambut terlihat berminyak
Pixabay/coloringcuties

Rambut yang berminyak memang bisa terjadi secara alami karena memang pada dasarnya folikel rambut memiliki kelenjar sebaceous yang akan mengeluarkan minyak secara alami. Namun terkadang, kelenjar minyak tersebut memproduksi minyak terlalu berlebihan sehingga rambut akan terlihat berminyak.

Fungsi dari kelenjar minyak ini akan berbeda pada setiap individu sehingga tidak dapat ditentukan dengan usia ataupun jenis kelamin seseorang.

Editors' Picks

2. Rambut yang lepek

2. Rambut lepek
Pxhere

Seringkali mengalami rambut yang lepek bisa menjadi pertanda bahwa rambut Mama sedang berada di fase lelah. Biasanya permasalahan ini terjadi pada usia 20-an dengan berbagai macam penyebab.

Penyebab yang paling umum adalah terkena paparan sinar matahari, penggunaan alat panas yang terlalu sering, dan juga produk rambut yang tidak cocok.

3. Rambut yang kering dan kusam

3. Rambut kering kusam
Pexels/Liza Summer

Kondisi rambut seperti ini seringkali mengganggu penampilan, terlebih lagi rambut yang kering akan terlihat mengembang dengan kurang indah. Selain itu, rambut yang kering juga akan membuat rambut terlihat kusam.

Rambut kering dapat terjadi ketika kulit kepala tidak memproduksi minyak alami sebagaimana seharusnya, sehingga diperlukan perawatan lebih untuk membuat rambut menjadi lebih lembap.

4. Rambut bercabang

4. Rambut bercabang
Freepik/Monthirayo

Rambut bercabang yang ada pada rambut merupakan rambut tertua dari tiap helai rambut yang tumbuh. Selain itu, penyebab rambut menjadi bercabang adalah karena penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering.

Bahan kimia yang ada pada pewarna rambut dapat menyebabkan rambut kekurangan nutrisi alaminya, oleh karena itu sangat diperlukan perawatan ekstra pada saat memiliki rambut yang berwarna.

5. Rambut mengalami kerontokan

5. Rambut mengalami kerontokan
beautyzoomin.net

Memang ada kalanya rambut mengalami kerontokan namun terjadi secara alami sehingga rambut yang rontok tidaklah banyak. Namun, jika rambut mengalami kerontokan yang lumayan banyak, maka itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa rambut sedang berada di fase lelah.

Nah, itulah lima tanda yang dapat terlihat saat rambut Mama berada pada fase lelah sehingga memerlukan perawatan yang ekstra agar rambut kembali terlihat lebih sehat dan juga berkilau. Jadi, apakah Mama pernah mengalami tanda-tanda seperti yang telah disebutkan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk