5 Tips dan Trik Membuat Rambut Terlihat Halus dan Berkilau

Rambut bisa terlihat lebih halus dan berkilau lho, Ma

7 Mei 2021

5 Tips Trik Membuat Rambut Terlihat Halus Berkilau
Pexels/Bernard Lee

Seperti yang diketahui bahwa memiliki rambut yang berkilau merupakan bagian dari genetika, namun ternyata kita bisa mengontrol penampilan rambut menjadi lebih halus dan sehat lho, Ma. Melalui perawatan yang rutin, Mama bisa membuat penampilan rambut menjadi lebih halus dan berkilau dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun memang terkadang sulit untuk membuat rambut menjadi halus dan berkilau, sebuah proses yang dilakukan secara konsisten tentunya akan mewujudkan perubahan tersebut.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 tips dan trik untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau dan lembut seperti sutra dalam jangka waktu yang panjang. Yuk, disimak!

1. Menggunakan sisir yang berbeda untuk rambut basah dan rambut kering

1. Menggunakan sisir berbeda rambut basah rambut kering
Freepik

Sisir yang digunakan dapat menjadi penentu apakah rambut akan menjadi rusak atau akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau.

Terdapat dua kondisi yang perlu diperhatikan saat menyisir rambut, yaitu menyisir rambut dalam keadaan rambut basah dan menyisir rambut dalam keadaan rambut yang kering.

Saat rambut menjadi basar setelah berkeramas, memilih sisir yang memiliki gigi berjarak jauh atau wide tooth brush adalah pilihan yang tepat agar rambut yang basah tidak tersangkut di sisir dan membuat rambut menjadi patah.

Ketika rambut dalam keadaan kering, gunakan sisir dengan bulu sikat yang berjarak dekat seperti the paddle brush.

2. Jangan menggosok rambut dengan menggunakan handuk

2. Jangan menggosok rambut menggunakan handuk
Freepik/lookstudio

Mengeringkan rambut seringkali di lakukan secara kasar dengan cara menggosok-gosokkan handuk ke rambut. Pengeringan yang kasar akan menciptakan gesekan yang membuat kutikula terbuka dan membuat rambut menjadi kusut.

Menjaga kutikula tetap tertutup akan menjaga rambut tetap berkilau dan juga halus. Untuk mencegah terbukanya kutikula rambut, Mama bisa mengeringkan rambut dengan cara di diamkan saja, atau digosok secara perlahan dengan menggunakan kain yang halus untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Editors' Picks

3. Mencuci rambut dengan air dingin atau suhu ruang

3. Mencuci rambut air dingin atau suhu ruang
Wavebreakmedia / Freepik

Hal yang perlu Mama lakukan adalah mencuci rambut dengan menggunakan air dingin atau air dalam suhu ruang. Mencuci rambut dengan menggunakan suhu air ini akan membuat rambut menjadi lebih halus karena kutikula akan tetap tertutup sehingga rambut akan tetap tertata.

Mencuci rambut dengan air panas atau air hangat memang terdengar sangat nyaman, tetapi suhu tinggi tersebut akan membuat kutikula rambut menjadi terbuka dan mengeluarkan minyak-minyak alami yang ada dalam batang rambut.

4. Coba untuk menggunakan conditioning shampoo

4. Coba menggunakan conditioning shampoo
Pexels/cottonbro

Memakai conditioning shampoo adalah hal yang dapat dilakukan jika ingin membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau. Conditioning shampoo akan memberikan nutrisi lebih dan memperkuat rambut sehingga elastisitas dari helai rambut akan meningkat.

Cobalah untuk menggunakan conditioning shampoo secara teratur untuk membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah untuk di tata. Sama seperti masker rambut, conditioning shampoo juga dapat digunakan dalam satu atau dua kali dalam seminggu dan dilakukan secara teratur.

5. Menghindari peralatan dan perawatan penataan rambut panas

5. Menghindari peralatan perawatan penataan rambut panas
Freepik/cookie_studio

Coba untuk mengurangi penggunaan peralatan dan perawatan penataan rambut yang panas seperti hairdryer atau catokan. Meskipun kedua alat itu dapat membuat rambut menjadi tampak halus dan lembut, tetapi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan yang serius.

Jika memang menggunakan catokan adalah hal yang tidak bisa Mama lewatkan, cobalah menggunakan hairspray yang memiliki nutrisi baik sebelum menggunakan catokan. Hairspray dengan kandungan nutrisi yang baik dalam menjadi pelindung untuk rambut dan melindungi rambut dari kerusakan sampai batas tertentu.

6. Melakukan pijatan lembut menggunakan minyak alami

6. Melakukan pijatan lembut menggunakan minyak alami
Freepik/User15098835

Memanjakan diri dengan cara memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak alami adalah hal yang jangan sampai terlewatkan jika ingin membuat kulit kepala menjadi lebih rileks. Selain itu, minyak alami dapat membantu untuk menambahkan kilauan pada rambut.

Lakukan rutinitas memijat kepala dengan minyak alami setidaknya satu kali dalam satu minggu. Kegiatan ini dapat mengembalikan kelembapan pada rambut, menghindari kerusakan rambut, memperbaiki ujung yang bercabang, dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada rambut.

Itulah enam tips dan trik yang bisa Mama lakukan untuk membuat rambut menjadi halus dan menjaganya agar tetap berkilau.

Jadi, apakah Mama sudah pernah melakukan salah satu diantaranya? Coba untuk merawat rambut lebih baik lagi yuk, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.