6 Tips dan Trik Menggunakan Makeup untuk Kulit Kering

Jaga agar kulit tetap terhidrasi ketika makeup ya, Ma

25 Januari 2022

6 Tips Trik Menggunakan Makeup Kulit Kering
Freepik/Racool_studio

Beberapa hal dapat merugikan untuk pemilik kulit wajah yang kering, salah satunya adalah pada saat menggunakan makeup. Bagi pemilik kulit kering, akan sangat rentang mengalami masalah seperti kulit yang mengelupas, seperti yang dilansir dalam instyle.com.

Meskipun sudah melembapkan wajah sebelum mengaplikasikan makeup, seringkali makeup terlihat tidak halus dan merata. Tidak hanya pemilik kulit kering saja, bahkan di saat berada pada lingkungan dengan udara yang dingin, kulit akan kesulitan untuk mempertahankan kelembapannya sehingga akan membuat kulit menjadi kering.

Tentunya Mama tidak menginginkan hasil akhir makeup yang terlihat tidak halus dan mudah pecah, bukan? Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 tips dan trik menggunakan makeup untuk pemilik kulit kering. Yuk, disimak!

1. Lakukan eksfoliasi secara rutin

1. Lakukan eksfoliasi secara rutin
Unsplash/The Creative Exchange

Melakukan eksfoliasi secara rutin dan menjadikannya sebagai salah satu rutinitas Mama menjadi salah satu tips untuk menjaga makeup Mama tetap awet seharian. Selain itu, melakukan eksfoliasi juga dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan produk sehingga tidak akan ada sel kulit mati yang menghalangi penetrasi.

Mungkin masih ada banyak pemilik kuring kering yang takut untuk melakukan eksfoliasi karena akan membuat kulit semakin kering. Pada kenyataannya, jika memilih ekfoliator yang lembut maka pengangkatan sel kulit mati akan lebih mudah dan tidak menimbulkan iritasi.

2. Pastikan kulit terhidrasi

2. Pastikan kulit terhidrasi
Pexels/Yan Krukov

Setelah melakukan eksfoliasi, Mama harus menggunakan pelembap untuk memberikan kandungan mineral pada kulit. Pastikan agar kelembapan pada kulit tetap terkunci sehingga akan mempermudah Mama dalam menggunakan makeup.

Perlu Mama ingat untuk tidak menggunakan pelembap yang berbasis air karena akan membuat makeup tidak menempel dengan baik pada kulit wajah.

Editors' Picks

3. Lewatkan penggunaan foundation

3. Lewatkan penggunaan foundation
Freepik/master1305

Dibandingkan dengan menggunakan foundation, Mama bisa mencoba untuk memakai BB krim atau CC krim sebagai dasar penggunaan makeup. Dibandingkan dengan foundation, kedua jenis krim ini dapat mencegah makeup terlihat seperti serpihan yang menempel pada kulit.

Mama tetap bisa menggunakan concealer untuk menutupi bagian wajah yang kering. Tentunya dengan memilih jenis concealer yang berbahan dasar air agar kulit dapat terhidrasi dengan baik.

4. Gunakan teknik tepuk, jangan di gosok

4. Gunakan teknik tepuk, jangan gosok
Freepik/KamranAydinov

Untuk menggunakan makeup, Mama perlu mengetahui cara mengaplikasikan makeup ke wajah yang kering. Karena teknik yang salah dalam mengaplikasikan produk makeup pada wajah yang kering akan membuat hasil makeup yang tampak bertekstur dan mudah pecah.

Saat mengaplikasikan bb krim atau concealer, lakukan secara perlahan dalam satu arah jika menggunakan kuas dan menggunakan teknik pressing atau ditepuk pada saat menggunakan sponge. Hindari gesekan terlalu banyak pada bagian wajah karena dapat membuat kulit semakin mengelupas.

5. Penggunaan bedak yang strategis

5. Penggunaan bedak strategis
Freepik/master1305

Mungkin masih ada diantara Mama yang enggan untuk menggunakan bedak karena takut akan memperburuk hasil akhir makeup. Meskipun Mama memiliki kulit kering, Mama tetap bisa menggunakan bedak tabur.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah area penggunaan bedak yang harus tepat, seperti pada bagian wajah yang memang membutuhkan cakupan tambahan. Pastikan juga Mama memiliki bedak yang halus dan tidak full coverage untuk menghindari kulit menjadi lebih kering.

6. Face mist sebagai langkah terakhir

6. Face mist sebagai langkah terakhir
Freepik

Tips terakhir yang jangan sampai terlewatkan adalah penggunaan face mist. Fungsi dari face mist sendiri adalah untuk membuat riasan Mama bertahan lama dan juga menghindari terjadinya pengelupasan makeup.

Face mist juga akan memberikan kesegaran dan bisa digunakan terus menerus untuk memberikan kelembapan pada wajah dan menjaga penampilan makeup yang terlihat halus.

Nah, itulah enam tips dan trik yang bisa dilakukan oleh pemilik kulit kering pada saat menggunakan makeup. Tentunya Mama tidak menginginkan makeup yang terlihat mengelupas setelah beberapa jam digunakan.

Dengan begitu, memperhatikan beberapa hal di atas dapat menjaga makeup Mama selama seharian meskipun memiliki kulit yang kering. Jangan sampai lupa ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk