6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Sheet Mask

Lakukan hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal

27 Februari 2021

6 Hal Perlu Diperhatikan saat Memakai Sheet Mask
Pexels/Polina Kovaleva

Masker menjadi salah satu dari rangkaian perawatan kulit yang tidak boleh terlewatkan. Terdapat masker yang memang harus dicampurkan dahulu dengan air atau air mawar, ada pula masker yang berbentuk tisu yaitu sheet mask.

Sheet mask membuat pemakaian masker menjadi lebih mudah lantaran Mama hanya perlu untuk menempelkannya di wajah. Sheet mask hanya boleh digunakan satu kali, apakah Mama sudah menggunakannya dengan benar?

Karena penggunaannya hanya sekali, Mama harus memakainya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker. Yuk, simak penjelasan dari Popmama.comseputar pemakaiannya sheet mask yang efektif.

1. Membersihkan wajah terlebih dahulu

1. Membersihkan wajah terlebih dahulu
Pexels/Sora Shimazaki

Hal paling utama yang dilakukan sebelum memakai sheet mask adalah membersihkan wajah. Ternyata masih terdapat banyak orang yang tidak membersihkan wajah sebelum memakai sheet mask.

Membersihkan wajah tidak hanya dengan mencuci muka saja, Mama juga bisa membersihkan wajah dengan menggunakan toner atau micellar water. Hal ini penting untuk dilakukan agar kandungan yang ada pada sheet mask bisa menyerap dengan baik.

2. Menggunting sedikit kemasan

2. Menggunting sedikit kemasan
Pexels/Alina Blumberg

Sebelum memakai sheet mask, jangan langsung menggunting seluruh kemasan untuk mengambil lembaran masker.

Disarankan untuk memotong terlebih dahulu sedikit ujung kemasan untuk mengeluarkan cairan essence yang ada di dalamnya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terbuangnya cairan essence di dalam kemasan karena biasanya dalam satu kemasan sheet mask memiliki cukup banyak cairan.

Gunakan cairan ini untuk di aplikasikan ke bagian tubuh yang lain seperti leher dan lengan.

3. Ratakan setiap sisi sheet mask

3. Ratakan setiap sisi sheet mask
Pexels/Sora Shimazaki

Pada saat menaruh masker pada wajah, pastikan agar lubang-lubang untuk mata, hidung, dan juga mulut berada di posisi yang tepat dan pas. Selain itu, perlu diperhatikan pula pemakaian masker yang merata agar tidak muncul gelembung udara pada masker.

Untuk meratakannya, Mama bisa menarik tiap-tiap sisi masker mulai dari sisi kanan, kiri, atas, dan bawah hingga wajah terasa lebih tertarik dari sebelumnya.

Dengan melakukan hal ini, seluruh bagian wajah akan terkena sheet mask dan tidak ada bagian wajah yang terlewatkan.

Editors' Picks

4. Memakai pelembap setelahnya

4. Memakai pelembap setelahnya
Pexels/Alina Blumberg

Hal lainnya yang perlu dilakukan adalah dengan menyegel kandungan yang ada pada sheet mask ke wajah.

Ketika 20 menit sudah berlalu, Mama bisa melepaskan sheet mask dan menepuk serta memijat lembut kulit wajah agar cairan essence dapat meresap ke kulit.

Setelahnya gunakan pelembap untuk mengunci khasiat yang telah diberikan oleh sheet mask. Menggunakan pelembap akan membantu kandungan aktif dari masker.

5. Gunakan secara rutin

5. Gunakan secara rutin
Pexels/Alina Blumberg

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan, semua butuh proses termasuk merasakan manfaat dari sheet mask.

Jika rutin melakukan perawatan pada wajah, sudah pasti akan memberikan hasil yang diinginkan.

Gunakan masker sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu agar wajah menjadi lebih cerah kenyal, lembap, dan juga halus.

6. Ketahui beragam jenis sheet mask

Tahap terakhir yang bisa kamu terapkan sebagai pemula pengguna sheet mask adalah ketahui berbagai jenis sheet mask. Apa saja, cek yuk: 

Sheet Mask dengan Berbagai Karakter

Sheet Mask Berbagai Karakter
Popmama.com/Onic Metheany

Jika kamu berkunjung ke drug store, kamu akan menemukan berbagai jenis sheet mask, salah satunya adalah masker lembaran dengan karakter yang lucu. Namun nggak hanya mengandalkan karakter yang menggemaskan, dalam sheet mask tersebut juga memiliki kandungan yang cukup baik bagi kulit wajah. 

Seperti sheet mask kolaborasi Mediheal dengan Line Friends. Terdapat rangkaian sheet mask dengan design spesial yang menggemaskan. Kamu akan bertemu dengan Brown, Cony, Choco, dan Sally dalam kolaborasi ini.

Bukan hanya menampilkan berbagai design yang lucu, di kolaborasi ini juga menghadirkan berbagai sheet mask dengan kandungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Sebut saja:

  • Teatree Care
  • N.M.F Aquarig Ampoule Mask
  • Collagen Impact Essential Mask
  • W/H.P Blabck Mask
  • Synergy Mask

Semuanya mengandung essence yang baik dan bisa disesuaikan kebutuhan. 

Beda, Ada Sheet Mask yang Berbusa

Beda, Ada Sheet Mask Berbusa
Popmama.com/Onic Metheany

Selanjutnya adalah Bubble Sheet Mask yang beda dari sheet mask lainnya. Produk besutan Oh K ini sangat unik karena mengeluarkan busa ketika diaplikasikan selama 10 menit pada wajah. 

Produk ini berfungsi untuk exfoliate dan clenser, jadi kamu bisa menemukan dua keunggulan dalam menggunakan satu produk saja. 

Sheet mask hydrogel yang tebal

Sheet mask hydrogel tebal
Freepik/Benzoix

Nah, rekomendasi yang terakhir adalah sheet mask hydrogel dengan jenis sheet yang tebal dan transparan.

Jenis sheet mask ini cocok buat kamu dengan kulit kering karena sheet mask ini bisa memberikan kelembapan dengan baik saat digunakan.

Untuk pilihan produknya kamu bisa menggunakan Whamisa Organic Flowers Hydrogel Mask dan Innisfree Canola Honey Hydro Gel Mask. 

Nah itu dia hal yang harus diperhatikan ketika kamu menggunakan sheet mask. Ingat, cukup 20 menit atau sesuaikan dengan anjuran pada kemasan ya. Jangan terlalu lama menggunakan sheet mask agar meminimalisir terjadinya iritasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.