Tips Memilih Masker untuk Menghindari Munculnya Jerawat

Harus tetap menjaga kebersihan!

28 Juni 2021

Tips Memilih Masker Menghindari Muncul Jerawat
Pexels/Max Fischer

Lebih dari satu tahun dunia sejak Indonesia harus membatasi aktivitas sehari-hari karena adanya pandemi Covid-19. Karena pandemi ini, kita harus menghadapi new normal dengan tetap mematuhi peraturan kesehatan seperti menjaga jarak dan juga tetap memakai masker pada saat sedang beraktivitas di luar rumah.

Karena harus memakai masker setiap saat dan dalam waktu yang lama, permasalahan kulit seperti jerawat biasanya seringkali muncul. Hal ini disebut sebagai maskne dikarenakan area wajah yang tertutup oleh masker menjadi lembab dan dapat membuat bakteri penyebab jerawat muncul.

Selain melakukan perawatan dengan menggunakan rangkaian skincare tiap harinya, Mama juga perlu menjaga pola hidup. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com memiliki 5 tips yang bisa Mama lakukan pada saat memilih masker. Yuk, disimak!

1. Menggunakan masker sekali pakai

1. Menggunakan masker sekali pakai
Pexels/Anna Shvets

Terdapat berbagai jenis masker yang bisa Mama gunakan seperti masker kain atau masker sekali pakai.

Masker sekali pakai bisa Mama gunakan untuk mencegah munculnya jerawat pada saat memakai masker seharian.

Hal ini bisa menjadi efektif karena masker sekali pakai hanya dapat digunakan dalam beberapa jam tertentu sehingga kotoran tidak akan bertahan lama pada wajah. Gunakan masker sekali pakai yang memiliki bahan lembut dan pastinya tebal untuk mencegah masuknya virus.

Editors' Picks

2. Menggunakan masker model 3D

2. Menggunakan masker model 3D
Pexels/Charlotte May

Masker model 3D adalah jenis masker yang memiliki bentuk seperti paruh karena memiliki ukuran yang cukup besar untuk daerah hidung dan mulut. Terdapat ruang yang cukup besar pada area bibir dan hidung dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gesekan antara kulit dan masker.

Karena masker 3D memiliki ukuran yang cukup besar, sirkulasi udara yang ada akan lebih baik dan tidak membuat sesak. Selain itu, kulit tidak akan mudah lembap sehingga cocok digunakan untuk mencegah munculnya jerawat.

3. Memilih masker berbahan katun

3. Memilih masker berbahan katun
Pexels/Maksim Goncharenok

Tidak semua jenis kain bisa digunakan sebagai masker karena memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda dan juga tekstur yang berbeda.

Untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, Mama bisa menggunakan kain katun yang memiliki tekstur lembut.

Kain berbahan katun juga akan nyaman digunakan karena tidak akan membuat pernafasan menjadi sesak pada saat pemakaian masker. Selain itu, bahannya yang lembut akan mencegah kulit mengalami iritasi dan munculnya jerawat.

4. Gunakan masker kain berwarna polos

4. Gunakan masker kain berwarna polos
Pexels/Anna Tarazevich

Memakai masker kain tanpa warna atau berwarna polos merupakan hal yang harus Mama lakukan. Pasalnya, menggunakan masker kain yang memiliki berbagai macam warna dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Hal ini dikarenakan pewarna pada kain dapat berbahaya untuk kulit wajah, meskipun terlihat stylish dan lucu pewarna ini dapat menimbulkan iritasi dan menyumbat pori-pori.

5. Mencuci masker dengan cara yang benar

5. Mencuci masker cara benar
Freepik/mistergotjj

Kelebihan dari menggunakan masker kain adalah bisa di cuci setelah pemakaian. Untuk tetap menjaga kebersihan yang ada pada masker, maka Mama perlu untuk mencuci dengan bersih masker yang telah dipakai selama seharian.

Jangan menggunakan detergen atau pewangi pada saat mencuci masker karena dapat meninggalkan residu pada masker. Residu inilah yang dapat memicu munculnya jerawat pada wajah.

Nah, itulah lima tips seputar pemilihan masker untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah karena memakai masker. Selalu jaga pola hidup dan jangan lupa cuci muka ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.