6 Tips Mengatasi Jerawat di Alis yang Mengganggu Penampilan

Lakukan pengobatan ini secara teratur, ya!

30 Juni 2022

6 Tips Mengatasi Jerawat Alis Mengganggu Penampilan
Pexels/Shiny Diamond

Alis menjadi salah satu bagian pada wajah yang paling mencolok dimana alis seringkali dijadikan sebagai karakteristik wajah yang mudah dilihat oleh orang lain pada pandangan pertama. Oleh karena itu perawatan pada kulit di sekitar alis tentunya menjadi hal yang harus dilakukan, seperti yang dilansir dalam healthline.com.

Seringkali jerawat muncul pada bagian alis dan dapat mengganggu penampilan, salah satu penyebabnya adalah karena kulit yang kurang bersih di area tersebut. Meskipun jerawat pada alis tidak terlalu terlihat karena tertutup oleh bulu halus pada alis, biasanya jerawat yang ada pada area tersebut sering terasa sakit.

Nah, untuk Mama yang memiliki masalah tumbuhnya jerawat pada alis, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 hal yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi jerawat yang ada di sekitar alis. Yuk, disimak!

1. Rutin membersihkan wajah

1. Rutin membersihkan wajah
Freepik/wayhomestudio

Sebelum menggunakan produk perawatan kulit lainnya, membersihkan wajah menjadi sebuah keharusan. Dengan membersihkan wajah, maka busa yang ada akan membantu untuk mengangkat minyak dan kotoran yang menempel pada wajah.

Jika perlu, Mama bisa melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah dua kali lipat dibandingkan dengan biasanya. Lakukan double cleansing secara menyeluruh hingga bagian alis mata untuk mengangkat kotoran yang menempel.

2. Menggunakan spot treatment

2. Menggunakan spot treatment
Pexels/Min An

Karena biasanya jerawat pada alis seringkali terasa sakit, maka Mama perlu untuk meredakan rasa sakit dengan menggunakan produk spot treatment atau obat totol jerawat. Terlebih lagi, saat ini sudah terdapat banyak produk acne spot treatment yang dapat mengobati jerawat secara mendalam.

Mama bisa menggunakan produk yang memiliki tekstur seperti gel agar lebih mudah menyerap pada jerawat. Gunakan secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

Editors' Picks

3. Menghindari penggunaan serum pada alis

3. Menghindari penggunaan serum alis
Pexels/Ekaterina bolovtsova

Hal ini seringkali dilakukan tanpa disadari, terlebih lagi pada saat sedang menggunakan produk serum alis. Pada saat ada jerawat pada alis, lebih baik hentikan terlebih dahulu penggunaan serum alis.

Menghentikan sementara penggunaan serum alis ini bertujuan agar produk acne spot treatment yang digunakan dapat bekerja dengan baik dan tidak tercampur dengan kandungan yang ada pada serum alis.

4. Menggunakan skincare khusus jerawat

4. Menggunakan skincare khusus jerawat
Freepik/cookie_studio

Meskipun hanya ada jerawat pada bagian alis, ada baiknya jika Mama juga menggunakan produk skincare yang memang dirancang untuk kulit berjerawat. Beberapa kandungan seperti salicylic acid, niacinamide, dan mugwort dapat membantu untuk mengatasi jerawat.

Mama juga bisa menggunakan produk clay mask yang memang dirancang untuk mengatasi jerawat.

5. Menggunakan pensil alis dengan tekstur yang lembut

5. Menggunakan pensil alis tekstur lembut
Freepik/Geargodz

Untuk menghindari rasa sakit pada saat membentuk alis dengan menggunakan pensil alis, ada baiknya jika Mama menggunakan pensil alis yang memiliki tekstur lembut.

Jika Mama memiliki jerawat pada bagian alis maka gunakan pensil alis dengan tekstur yang tidak keras atau bahkan lembut untuk mengurasi rasa sakit dan menghindari terjadinya iritasi pada alis.

6. Rutin membersihkan peralatan makeup

6. Rutin membersihkan peralatan makeup
Pixabay/danielreche

Hal terakhir yang harus Mama perhatikan adalah menjaga kebersihan peralatan makeup yang dimiliki. Cuci beauty blender, brush, dan peralatan makeup lainnya secara rutin untuk menghindari perpindahan bakteri yang ada pada peralatan makeup ke wajah.

Nah, itulah enam hal yang perlu Mama perhatikan untuk mengatasi jerawat yang ada pada are alis.

Jerawat ini tentunya sangat mengganggu dan seringkali terasa sakit apalagi tersentuh. Lakukan hal-hal di atas secara rutin untuk menghilangkan jerawat yang ada pada are alis, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk