5 Tips Mengatasi Rambut yang Rusak

Caranya cukup sederhana lho, Ma

2 April 2021

5 Tips Mengatasi Rambut Rusak
Pexels/José Luis Photographer

Hampir semua hal yang di alami pada rambut setiap harinya dapat menyebabkan kerusakan yang ringan sampai kerusakan parah.

Pada umumnya kerusakan rambut adalah karena faktor lingkungan seperti paparan sinar UV atau suhu dingin yang ekstrem sehingga membuat rambut menjadi kering dan juga kasar.

Kalau sudah rusak, apakah dapat dikembalikan menjadi rambut yang sehat? Tentu saja bisa, Ma. Rambut yang kering akan membutuhkan perhatian yang ekstra.

Berikut, Popmama.comteah merangkum 5 cara untuk mengatasi rambut kering agar menjadi sehat kembali. Yuk, disimak.

1. Menggunakan masker rambut setiap minggu

1. Menggunakan masker rambut setiap minggu
garnierusa.com

Sudah pasti sampo dan kondisioner yang Mama gunakan secara teratur adalah bagian dari perawatan rambut. Tetapi Mama harus menjadikan hal ini sebagai bagian dari rutinitas dalam melakukan perawatan rambut Mama, yaitu dengan menggunakan masker rambut.

Mama bisa menggunakan masker rambut sebanyak satu kali dalam satu minggu dengan formula pelembap, seperti shea butter, minyak kelapa, dan minyak alpukat.

Rambut yang terhidrasi dengan cukup memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami rambut patah atau rontok. Selain itu, rambut juga akan terasa lebih lembut dan halus setelah memakai masker rambut.

Editors' Picks

2. Lindungi rambut dari pemakaian alat pemanas yang berlebih

2. Lindungi rambut dari pemakaian alat pemanas berlebih
Pexels/Element5 Digital

Mengeringkan rambut Mama dengan menggunakan hair dryer atau menggunakan catokan rambut setiap harinya tentu dapat membuat rambut menjadi kering. Alat pemanas ini dapat menjadi sumber utama kerusakan pada rambut.

Jika tetap ingin menggunakan alat pemanas, Mama bisa melindungi rambut dari panas secara langsung dengan menggunakan handuk.

Seperti misalnya pada saat ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer, Mama bisa menggunakan handuk sebagai alasnya.

3. Memotong rambut secara teratur

3. Memotong rambut secara teratur
Freepik

Perbaikan sederhana lainnya adalah dengan membiasakan diri untuk memotong rambut walaupun hanya sedikit. Dengan begitu, Mama bisa mempertahankan ujung rambut yang seat dan mencegah rambut menjadi bercabang.

Ujung rambut yang bercabang mungkin tidak tampak berbahaya, tetapi akan membuat rambut terlihat rusak dan juga kusut.

Selain itu, ujung rambut yang rusak dapat menjalar ke bagian rambut bagian atas hingga batang rambut yang mana dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

4. Selalu lindungi rambut dari sinar UV

4. Selalu lindungi rambut dari sinar UV
Pexels/Rachel Claire

Bukan hanya kulit, rambut juga perlu untuk selalu terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat rambut menjadi kering dan warna alami rambut menjadi luntur. Cara paling mudah adalah dengan selalu memakai topi setiap kali berada di bawah sinar matahari.

Selain itu, Mama bisa mencoba untuk menggunakan heat spray yang dapat melindungi rambut dari matahari.

Produk heat spray ini dapat menjadi lapisan pelindung untuk mencegah pengeringan yang merusak helai rambut.

5. Berhati-hati saat menyisir rambut

5. Berhati-hati saat menyisir rambut
Pexels/Cottonbro

Menyisir rambut secara berlebihan dan menggunakan cara yang tidak tepat menjadi salah satu sumber kerusakan pada rambut yang seringkali tidak kita sadari.

Beberapa hal perlu diperhatikan pada saat menyisir rambut, seperti menyisir rambut dari bagian bawah.

Jika Mama menyisir rambut dari bagian atas kepala, akan semakin besar kemungkinan sisir akan mendorong rambut lepas dari akarnya.

Selain itu, sangat penting untuk menyisir rambut sebelum berkeramas untuk menghindari rambut yang kusut.

Nah, itulah lima cara sederhana yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi rambut yang rusak menjadi sehat kembali. Jadi, Mama sudah pernah melakukan hal yang mana saja?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.