8 Tips Perawatan Sederhana untuk Semua Jenis Kulit

Caranya mudah untuk dilakukan

19 Januari 2022

8 Tips Perawatan Sederhana Semua Jenis Kulit
Freepik/diana.grytsku

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan juga perawatan kulit yang disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk melakukan perawatan yang tidak terbatas, tetapi untuk menemukan cara yang terbaik dan teraman untuk membuat kulit menjadi lebih sehat bisa sangat sulit, seperti yang dilansir dalam instyle.com.

Terdapat beberapa perawatan yang bisa dicoba untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit normal hingga kulit sensitif. Mama bisa menjaga kulit agar tetap sehat, tampak bercahaya, dan berada dalam kondisi terbaiknya. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 8 tips perawatan sederhana untuk semua jenis kulit. Yuk, disimak!

1. Selalu gunakan sunscreen

1. Selalu gunakan sunscreen
Pexels/Shiny Diamond

Menggunakan sunscreen harus dilakukan setiap hari, terlepas dari warna atau jenis kulit seseorang. Satu-satunya langkah pencegahan terpenting yang dapat dilakukan oleh semua orang adalah dengan menggunakan sunscreen.

Sinar UV dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, perubahan pigmen, dan kerusakan kolagen. Meskipun berada di dalam ruangan sekalipun, jangan pernah Mama melewatkan penggunaan sunscreen, ya!

2. Menggunakan serum antioksidan

2. Menggunakan serum antioksidan
Freepik/Maksymiv-yura

Menggunakan serum dengan bahan aktif antioksidan setiap harinya dapat memberikan perlindungan dari agresor sehari-hari dari lingkungan. Salah satu antioksidan yang seringkali digunakan oleh banyak orang adalah vitamin C.

Vitamin C dapat membantu untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit dan juga dapat meningkatkan efek perlindungan matahari dari sinar UV.

3. Melakukan eksfoliasi

3. Melakukan eksfoliasi
Unsplash/The Creative Exchange

Setiap orang perlu untuk melakukan eksfoliasi setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk mengangkat kulit mati yang ada pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu eksfoliasi alami dan eksfoliasi kimia yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, pengelupasan kimia dinilai lebih aman digunakan untuk semua jenis kulit karena merupakan bentuk pengelupasan kulit yang lebih lembut dibandingkan dengan menggunakan scrub.

Editors' Picks

4. Menggunakan retinol

4. Menggunakan retinol
Freepik/freepik

Retinol merupakan bahan aktif yang dapat membantu untuk mengatasi tanda0tanda penuaan dini dan juga bintik hitam. Menggunakan produk retinol setiap malam dapat membantu untuk memperbaiki kulit dalam bentuk regenerasi kulit.

Saat malam hari, kulit akan memperbaiki diri agar dapat membuat kulit terasa lebih kenyal dan juga lembut di pagi hari.

5. Hindari mandi menggunakan air panas

5. Hindari mandi menggunakan air panas
Unsplash/Hannah Xu

Bagi sebagian orang memang mandi menggunakan air panas akan terasa lebih nyaman dan dapat memberikan ketenangan. Pada kenyataannya, mandi menggunakan air panas bisa membuat kulit menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya.

Suhu air yang paling aman untuk digunakan adalah suhu kamar untuk menghindari terjadinya kulit kering, iritasi, dan gatal.

6. Menjaga kulit tetap terhidrasi

6. Menjaga kulit tetap terhidrasi
Freepik/ViDIstudio

Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang halus, terasa kenyal, dan tampak awet muda. Cara terbaik untuk menghidrasi kulit adalah dengan mengaplikasikan pelembap pada kulit yang lembap untuk mencegah kulit kehilangan air transepidermal.

Selain itu, Mama bisa menjaga kulit terhidrasi dengan minum banyak air putih untuk menjaga kadar air yang ada pada kulit agar kulit tampak lebih lembut dan juga cerah.

7. Gunakan produk skincare baru secara bertahap

7. Gunakan produk skincare baru secara bertahap
Freepik/serhii_bobyk

Dilansir dari artikel Popmama.com dengan judul Mau Ganti Produk Skincare? Perhatikan 5 Cara Menetralkan Kulit Ini!,Mama memerlukan beberapa hal sebelum mengganti produk skincare yang digunakan dengan produk yang baru.

Mulailah secara konservatif dengan beberapa produk yang sesuai dengan kondisi kulit yang Mama miliki. Lakukan perpindahan skincare satu per satu dan jangan digunakan dalam satu waktu untuk menghindari terjadinya iritasi.

8. Harus bersabar

8. Harus bersabar
Freepik/wayhomestudio

Memperbaiki kulit yang mengalami masalah dan menjaganya agar tetap sehat memerlukan kesabaran tersendiri. Tidak ada satupun produk yang dapat memberikan perubahan hanya dalam satu kali pemakaian.

Biasanya perubahan dapat terlihat setelah berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan penggunaan produk. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Mama perlu bersabar dan tetap melakukan perawatan secara rutin.

Nah, itulah delapan tips yang bisa Mama lakukan dalam melakukan perawatan kulit. Tidak perlu khawatir mengalami kesulitan karena kondisi kulit tertentu karena tips diatas bisa diterapkan oleh semua jenis kulit. Apakah Mama sudah melakukannya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk