Ilegal, Produsen Kosmetik Oplosan Diamankan Meski Sering Endorse Artis

Hati-hati Ma kalau memilih produk kosmetik!

5 Desember 2018

Ilegal, Produsen Kosmetik Oplosan Diamankan Meski Sering Endorse Artis
Unsplash/icon8 team

Berita produsen kosmetik oplosan ditangkap semakin seru. Kabarnya ia sudah beberapa kali bekerja sama dengan artis ibu kota untuk mempromosikan produk kecantikan miliknya.

Produsen kosmetik dan obat kecantikan ilegal yang berasal dari Kediri, Jawa Timur, mengaku pernah "mengendorse" sejumlah artis ibukota untuk mempromosikan produk melalui media sosial Instagram.

Berikut Popmama.com berikan kabar selengkapnya.

1. Pernah endorse 6 artis

1. Pernah endorse 6 artis
Unsplash/gabrielle cole

Kepada pihak kepolisian, pemilik usaha berinisial KIL mengaku pernah endorse 6 artis ibu kota untuk mempromosikan produk kosmetik oplosannya melalui masing-masing media sosial instagram.

Keenam artis itu antara lain NR, MP, VV, NK, DJB, dan DK.

Menurut polisi, KIL, menggunakan merek "Derma Skin Care Beauty" pada produk ilegalnya. Ia memproduksi produk kecantikan seperi krim, bedak, serum, cairan pembersih wajah dan masker, pelaku juga memproduksi obat-obatan untuk kecantikan.

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Kosmetik agar Awet Tahan Lama

Baca juga: 6 Bahan Kosmetik Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Lihat Nama Lainnya di Sini

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui Pakai Cream Pemutih?

Editors' Picks

2. Polisi mendalami keterlibatan para artis

2. Polisi mendalami keterlibatan para artis
Unsplash/freestock.org

Polisi masih mendalami apakah keenam artis tersebut mengetahui atau tidak jika produk yang dipromosikannya ilegal dan tidak memiliki izin edar.

"Jika diperlukan, kami akan panggil keenam artis itu untuk dimintai keterangan sebagai saksi," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhmad  Yusep Gunawan, Selasa (4/12/2018).

3. Moengoplos dengan kosmetik merek mahal

3. Moengoplos kosmetik merek mahal
Unsplash/Chelsea London Phillips

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimum) Polda Jawa Timur sebelumnya telah membongkar praktik produksi kosmetik dan obat ilegal di Kediri, Jawa Timur.

Produsen mengaku mengoplos bahan kosmetik merek terkenal dan mengemasnya lagi menjadi produk kosmetik dengan merek yang dibuatnya sendiri.

"Produk kosmetik ini tidak memiliki izin edar dari BPOM," kata Yusep.

Sementara produk kosmetik yang dijual pelaku berasal dari bahan-bahan produk kosmetik merek terkenal seperti, Marcks Beauty Powder, Viva Lotion, Mustika Ratu, Sabun Papaya, Vasseline, Sriti dan sebaginya.

Mungkin sebagai konsumen kamu juga perlu berhati-hati untuk memilih produk kosmetik yang ingin dibeli, apalagi jika itu hendak dipakai sehari-hari. Perhatikan juga izin edarnya, apakah produk tersebut legal. Bayangkan jika ada efek samping pada kulit dan ternyata itu produk yang tidak jelas. Mungkin kamu akan kesusahan untuk meminta pertanggungjawaban nantinya.

Topic: