7 Cara Pudarkan Flek Hitam pada Wajah, Pakai Bahan Alami dan Skincare

Flek hitam bisa diatasi dengan cara alami maupun skincare, Ma!

30 Juni 2024

7 Cara Pudarkan Flek Hitam Wajah, Pakai Bahan Alami Skincare
Freepik.com

Flek atau bintik hitam menjadi salah satu masalah wajah yang dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang ya, Ma. 

Apalagi, semakin bertambahnya usia, flek hitam dapat muncul dengan sendirinya. Selain bertambahnya usia, flek hitam juga bisa disebabkan oleh sering terkena paparan sinar matahari, perubahan hormon, hingga bekas jerawat.

Biar Mama ngga khawatir, berikut Popmama.com rangkum 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam agar kulit wajah menjadi glowing dan sehat, mulai dari bahan alami hingga skincare. Simak ulasannya sebagai berikut, yuk!

1. Lidah buaya

1. Lidah buaya
Freepik.com

Lidah buaya menjadi cara yang alami untuk mengatasi flek hitam lho, Ma, lantaran lidah buaya mengandung aloin yang mampu menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, Mama hanya perlu mengambil gel lidah buaya kemudian kocok gel tersebut, lalu pakaikan ke wajah dengan menggunakan kapas.

2. Lemon

2. Lemon
Freepik.com

Bahan alami yang satu ini juga nggak kalah memberikan khasiat untuk kulit lho, Ma. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang bagus untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam.

Mama dapat menggunakan sari lemon kemudian oleskan ke flek hitam, diamkan hingga 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Editors' Pick

3. Mentimun

3. Mentimun
Freepik.com

Selain lemon, mentimun juga diyakini mampu meminimalisir munculnya flek hitam. Mentimun mengandung senyawa silika dan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya, ambil mentimun segar kemudian dihaluskan. Setelah itu, oleskan mentimun tersebut ke wajah seperti menggunakan masker, lalu tunggu beberapa saat dan bilas dengan air.

4. Madu

4. Madu
Freepik.com

Madu yang memiliki rasa manis ini ternyata juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam nih, Ma. Sebab, madu memiliki kandungan antibakteri yang mampu meregenerasi kulit wajah.

Caranya, campurkan madu dengan sedikit perasan lemon, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air.

5. Retinol

5. Retinol
Freepik.com

Selain cara yang alami, Mama juga dapat menggunakan skincare dengan kandungan retinol untuk menghilangkan bintik hitam. 

Retinol dapat mempercepat pergantian sel epidermis serta menghambat proses melanosom ke keratinosit sehingga mempercepat pengelupasan sel kulit mati.

6. Arbutin

6. Arbutin
Freepik.com

Kandungan skincare lainnya adalah arbutin. Arbutin mampu memudarkan hiperpigmentasi atau flek hitam dengan mengurangi aktivitas enzim tirosinase.

Selain itu, arbutin cocok digunakan bagi Mama yang tidak cocok dengan kandungan seperti niacinamide, retinol, dan AHA BHA.

7. Laser Skin Resurfacing

7. Laser Skin Resurfacing
Freepik.com

Mama juga bisa, lho, melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan untuk memudarkan flek hitam, salah satu caranya dengan laser skin resurfacing.

Seperti namanya, perawatan ini menggunakan teknologi laser yang dapat memperbaiki kulit wajah, termasuk memudarkan flek hitam.

Nah itu dia Ma, cara untuk memudarkan flek hitam, baik dengan cara alami atau menggunakan skincare. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest