TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Alasan Sustainable Fashion (Fesyen Berkelanjutan) sangat Penting

Mengenal sustainable fashion, bergaya sambil menyelamatkan bumi

15 Agustus 2022

5 Alasan Sustainable Fashion (Fesyen Berkelanjutan) sangat Penting
Pexels/Genaro Servín

Dilansir dari Vogue, industri fesyen menjadi salah satu yang merusak lingkungan karena jejak karbon yang menyumbang lebih dari 10% emisi gas rumah kaca global. Perubahan sangat dibutuhkan, dari menciptakan kesadaran yang lebih terhadap praktik fesyen berkelanjutan atau dikenal sustainable fashion hingga mengambil peran aktif dalam melakukan perubahan.

Untungnya, perubahan positif dalam lanskap mode sedang terjadi; beberapa merek pakaian dunia telah memikirkan untuk menggunakan bahan yang lebih etis dan konsumen yang sadar akan merek pakaian berkelanjutan. 

Fashion berkelanjutan menjadi salah satu cara untuk menolong bumi dari kepunahan dan kerusakan akibat industri fashion yang terus berkembang. Dilansir dari Vogue, Berikut Popmama.com akan mengulas mengapa penting mempertimbangkan untu kemajuan sustainable fashion.

1. Fashion berkelanjutan menghasilkan lebih sedikit limbah

1. Fashion berkelanjutan menghasilkan lebih sedikit limbah
Pexels/Lara Jameson

Secara global, ada satu truk sampah limbah tekstil yang dibuang ke tempat pembuangan akhir atau dibakar setiap detik.

Pemborosan dalam jumlah besar ini dibuat oleh perusahaan mode yang cepat meluncurkan tren mode mingguan dan menjualnya dengan produk harga murah berkualitas buruk.

Sebagai perbandingan, merek berkelanjutan fokus pada produk pakaian berkualitas dari bahan tahan lama. Apalagi merek fashion berkelanjutan jarang mengikuti tren fashion cepat. Nggak sedikit merek yang memiliki konsep ini menjual kualitas yang setimpal dengan harga yang ditawarkan. Hal ini pastinya bisa menghasilkan limbah yang sedikit dengan produk murah yang punya kualitas buruk.
 

Editors' Picks

2. Fashion berkelanjutan memastikan upah yang adil dan kondisi kerja yang layak

2. Fashion berkelanjutan memastikan upah adil kondisi kerja layak
Kaospabrik.com

Bisa dikatakan bahwa fashion berkelanjutan, memikirkan kondisi kerja yang adil dalam mode.  Pakaian fast fashion murah memungkinkan oleh kondisi kerja yang keras bagi pekerja garmen.

Sebagian besar merek mode cepat memproduksi pakaian di negara berkembang di mana pekerja dibayar di bawah upah layak.

Kondisi keselamatan dan kesehatan yang buruk, jam kerja yang panjang, dan tekanan terus-menerus untuk berproduksi semuanya menciptakan lingkungan eksploitasi pekerja.

Tuduhan pekerja anak yang sering juga diajukan terhadap merek fashion cepat. Sebagai perbandingan, merek pakaian berkelanjutan memprioritaskan upah yang adil dan kondisi kerja yang aman bagi semua karyawan.

3. Fashion Bberkelanjutan mengurangi CO2 & emisi gas rumah kaca lainnya

3. Fashion Bberkelanjutan mengurangi CO2 & emisi gas rumah kaca lainnya
Paxels/Pixabay

Fast fashion memiliki jejak karbon yang sangat besar yang dihasilkan dari pembuatan material, manufaktur, transportasi, dan bahkan limbah tekstil yang membusuk di tempat pembuangan sampah.

Misalnya, sebagian besar pakaian fast fashion terbuat dari bahan berbasis minyak bumi. Pikirkan akrilik, nilon, dan poliester; dengan demikian, produksi dan pembuangan memerlukan sejumlah besar energi.

Di sisi lain, mode berkelanjutan menggunakan bahan yang dapat terurai secara hayati dari kain alami atau daur ulang. Bahan-bahan ini membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan kimia, lebih sedikit energi, lebih sedikit air, dan tidak ada pestisida atau pupuk untuk tumbuh. 
 

4. Fashion berkelanjutan menghemat air

4. Fashion berkelanjutan menghemat air
Freepik/wayhomestudio

Industri fashion adalah salah satu konsumen air terbesar di dunia saat ini. Air tersebut dipakai tidak hanya untuk mencuci pakaian tetapi juga selama proses manufaktur, pencelupan, dan finishing.

Sebagai gambaran, dibutuhkan sekitar 2.720 liter air untuk membuat satu kemeja katun dan 7.000 liter untuk membuat satu celana jins!

Selain menggunakan air, produksi pakaian berdampak pada lingkungan dengan mencemari air tawar dengan bahan kimia beracun yang masuk ke saluran air.

Sebagai perbandingan, sebagian besar merek fesyen berkelanjutan memiliki kebijakan “air sesuai anggaran” yang membatasi penggunaan air selama produksi pakaian.

Selain itu, mode berkelanjutan memprioritaskan tekstil organik yang terbuat dari linen, rami, dan kapas organik, yang membutuhkan sedikit atau tanpa air selama fase produksi.
 

5. Fashion berkelanjutan menyelamatkan kehidupan Hewan dan tumbuhan

5. Fashion berkelanjutan menyelamatkan kehidupan Hewan tumbuhan
Dok. Lenzing

Hewan adalah bagian penting dari ekosistem kita, masing-masing memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa Bumi layak huni. Dengan demikian, setiap ancaman terhadap satwa liar dan keselamatan hewan lain harus menjadi perhatian kita semua.

Tas kulit, sepatu, mantel bulu, dan barang-barang lain yang terbuat dari kulit hewan, bulu, dan wol, mempengaruhi populasi hewan dan, dengan demikian, kelangsungan hidup umat manusia di planet ini.

Sebagai perbandingan, merek pakaian berkelanjutan (bebas kekejaman dan vegan) melindungi hewan dengan menggunakan alternatif kulit dan bulu dalam produk mereka, menyelamatkan hewan dari eksploitasi dan kematian sambil menjaga keseimbangan ekosistem.

Alasan dalam mempertimbangkan untuk menggunakan konsep fashion berkelanjutan juga digagas oleh sebuah perusahaan bernama Lenzing. 

“Keberlanjutan merupakan kunci dari kesuksesan industri fashion. Dengan membawa komitmen tersebut, Lenzing yang hadir di Indonesia sejak 1983 terus membawa inovasi teknologi ke dalam industri fashion melalui produksi serat tekstil unggulan. Dalam kesempatan ini kami mengusung  produk serat yang ramah lingkungan demi  terciptanya keberlanjutan, mengatasi perubahan iklim, serta mendukung percepatan Indonesia dalam mencapai bebas emisi karbon pada tahun 2050.  Melaui serat TENCEL™ dan LENZING™ ECOVERO™ kami yakin mampu membawa tren baru bagi masa depan fashion Indonesia. Seiring dengan bertumbuhnya pemahaman masyarakat yang semakin bijak dalam memilih produk yang tidak saja trendi namun juga berkualitas dan terjangkau serta ramah bagi lingkungan,” ungkap Winston A. Mulyadi, Head of Commercial Textile, Lenzing Group SEA and Oceania. 

Pada booth Lenzing di Indo Intertex 2022, Lenzing berkolaborasi dengan para mitra andalan yang telah memproduksi dan meluncurkan berbagai produk tekstil untuk fashion dengan menggunakan serat TENCEL™ dan LENZING™ ECOVERO™ sebagai bahan dasar berkualitas tinggi dan dapat diaplikasikan untuk pakaian sehari-hari, denim serbaguna, pakaian olahraga berperforma tinggi serta home-textile.

Para mitra Lenzing ini memiliki kesamaan visi dan berkomitmen untuk berkontribusi kepada industri fashion yang berkelanjutan dan hendak menampilkan dan menawarkan berbagai pilihan benang dan kain dengan merek serat unggulan dari Lenzing dalam perhelatan Indointertex tahun ini. 

Terobosan yang tidak kalah penting dari Lenzing adalah serat dengan merek LENZING™ ECOVERO™ , yaitu serat viscose atau rayon yang diproduksi dengan standar yang lebih tinggi dibanding dengan serat viscose dipasaran saat ini, karena menggunakan proses produksi yang lebih ramah lingkungan, karbon emisi 50% lebih rendah dan dampak penggunaan air yang lebih sedikit serta telah disertifikasi oleh EU Ecolabel.

Serat viscose bermerek LENZING™ ECOVERO™  terjangkau bagi semua kalangan konsumen, untuk pasar Indonesia, LENZING™ ECOVERO™ telah berkolaborasi dengan berbagai brand lokal kenamaan seperti DUST, SARE Studio, Alowalo, Belimukena, Bhoemi Brand dan beberapa merek fashion lokal lainnya.

“Kami ingin menghadirkan koleksi busana yang tidak hanya indah untuk dikenakan, namun juga memiliki nilai tambah bagi pemakainya. Inovasi Lenzing melalui serat LENZING™ ECOVERO™ menjadikan setiap potong pakaian kami memiliki kualitas terbaik serta turut membantu terciptanya keberlanjutan dalam industri fashion, sehingga para konsumen tidak perlu merasa khawatir saat mengenakannya,“ ungkap Matthew Aldo Susabda CEO dari PT. Cipta Adhyabusana dengan merek pakaian Dust.

Demikian informasi mengenai pentingnya mempertimbangkan sebagai pelaku bisnis maupun konsumen dalam menggunakan fashion berkelanjutan. Konsep ini begitu bermanfaat dalam memberikan kontribusi untuk menyelamatkan bumi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk