Bebas Bibir Menghitam dan Kering, Kandungan Ini Wajib Ada pada Lipstik

Coba cek lagi komposisi kandungan lip cream kamu, apa sudah ada kandungan bahan alami ini?

14 Mei 2020

Bebas Bibir Menghitam Kering, Kandungan Ini Wajib Ada Lipstik
Freepik/drobotdean

Pecinta lipstik, warna menjadi salah satu perhitungan penting ketika memilih produk. Baik dalam bentuk stik maupun lip cream, kandungan dan tekstur juga perlu menjadi pertimbangan ya Ma.

Hal ini harus dipertimbangkan karena beberapa kandungan lipstik maupun lip cream yang berasal dari bahan kimia bisa membuat bibir menjadi hitam, kering, bahkan hingga menyebakan sensasi terbakar. Biasanya, bahan kimia yang harus dihindari pada kandungan lipstik adalah Triclosan, Methylparaben, Propylparaben dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, ketika membeli lipstik atau lip cream ada baiknya melihat kandungan alami yang dimiliki oleh produk favorit kamu. 

Bebas Bibir Menghitam Kering, Kandungan Ini Wajib Ada Lipstik
Dok. Y.O.U

Sama halnya dengan artis muda yang juga Brand Ambassador Y.O.U, Prilly Latuconsina pun cukup tricky ketika memilih produk lipstik favoritnya. Bagi Prilly, kandungan dan tekstur menjadi salah satu pertimbangan ketika memilih lipstik atau lip cream.

"Aku suka banget lip cream yang nggak bikin bibir kering, pecah-pecah, dan bibir menghitam," katanya dalam peluncuran Y.O.U Rouge Lip Cream yang terdiri dalam 36 warna dan Prilly’s Favourite yang terdiri dari 2 warna favorit Prilly, yaitu 09 Latte dari Rouge Velvet Matte Lip Cream dan 13 Mauve Pavlova dari Rouge Satin Lip Cream dengan box dan desain yang dipilih langsung oleh Prilly pada Rabu (13/5/2020) melalu Live Instagram @youmakeups_id. 

Dalam kesempatan tersebut, Prilly juga mengungkapkan bahwa lipstik favoritnya memiliki kandungan yang aman untuk bibir. Kandungan ekstrak coconut oil, sunflower seed oil, dan Jojoba oil. 

Nah Ma, sebenarnya apa sih manfaat ketiga kandungan ini untuk kesehatan bibir? Cek yuk, informasinya di bawah ini!

Editors' Picks

1. Kandungan coconut oil pada lip cream bisa mengatasi bibir kering

1. Kandungan coconut oil lip cream bisa mengatasi bibir kering
Freepik

Salah satu hal yang bikin jengkel saat menggunakan lipstik atau lip cream adalah bibir pecah-pecah saat mengaplikasikan lipstik atau lip cream.

Alhasil, tampilan warna yang pecah membuat makeup jadi nggak sempurna. Oleh sebab itu, perhatikan kandungan produk lip cream kamu, dan pastikan terdapat coconut oil di dalamnya.

Minyak kelapa atau coconut oil sangat berguna untuk melembabkan bibir dan bibir pun bebas pecah-pecah saat menggunakan lip cream. Bibir sangat sensitif jika hilang kelembabannya karena kulit bibir sangat tipis.

Minyak kelapa juga dianggap sebagai emolien. Emollients adalah pelembab non-kosmetik yang membantu menjaga kelembaban kuli dan digunakan untuk melindungi kulit.

Minyak kelapa cenderung bekerja paling baik segera setelah mandi. Kamu bisa  menerapkannya sepanjang hari sesuai kebutuhan, terutama saat kehilangan kelembaban pada bibir kamu. Manfaat lainnya adalah disinfektan dan efek antimikroba dari minyak kelapa.

Manfaat ini dapat menjaga bibir bebas kuman, dan membantu melindungi kulit yang pecah dari infeksi. Selanjutnya, minyak kelapa adalah anti-inflamasi. Ini berarti dapat mengurangi pembengkakan.

2. Sunflower seed oil menutrisi bibir agar tetap sehat saat menggunakan lip cream

2. Sunflower seed oil menutrisi bibir agar tetap sehat saat menggunakan lip cream
Pixabay/ulleo

Sunflower seed oil menjadi salah satu kandungan yang cukup populer di industri perawatan kecantikan karena memiliki manfaat yang sangat baik dalam menutrisi rambut, bibir, dan kulit.

Minyak bunga matahari organik adalah cara alami dan sangat sehat untuk melembabkan emolien bibir sehingga membuat bibir sangat lembut dan menyejukkan kulit. Kandungan alami ini juga memelihara bibir dengan kaya nutrisi dan antioksidan.

Untuk mencapai dampak perawatan bibir terbaik, kulit di bibir harus mampu mempertahankan kelembaban. Cara kerja minyak bunga matahari adalah sebagai pelindung yang mengunci kelembaban dan bahkan melindungi dari infeksi kulit.

Manfaat lainnya menggunakan minyak biji bunga matahari adalah kandungan vitamin E yang diperlukan untuk mencegah kerusakan UVA dari matahari. Berfungsi untuk memberikan penampilan bibir yang tampak lebih menawan, membuat bibir terlihat lebih halus dan membantu mencegah jaringan parut. Selain itu juga bisa menghaluskan dan mencegah kerutan pada bibir.

3. Jojoba oil membuat bibir tetap lembut meskipun sering menggunakan lipstik atau lip cream

3. Jojoba oil membuat bibir tetap lembut meskipun sering menggunakan lipstik atau lip cream
bulknaturaloils.com

Minyak jojoba mengandung vitamin esensial seperti Vitamin B, E dan mineral utama seperti seng, tembaga yang bermanfaat untuk bibir dan kulit yang lembut.

Kandungan jojoba oil pada lip cream sangat diperlukan untuk menghindari bibir yang kering dan pecah-pecah. 

Nah, jika ingin digunakan rutin, Mama bisa membeli minyak jojoba untuk merawat kulit bibir untuk mendapatkan bibir yang segar dan lembut. Cara mengaplikasikannya, minyak jojoba dapat dipijat dengan lembut di bibir untuk memastikan tidak ada kekeringan dan retak.

Itulah tiga kandungan yang sebaiknya ada di dalam lip cream atau lipstik kamu ya. Selain warna dan tektrur lip cream dan lipstik, mempertimbangkan kandungan alami untuk perawatan bibir yang sehat juga perlu lho. Jadi, bibir cantiknya bisa tetap on point, tanpa hitam dan pecah-pecah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.