Biar Awet, Begini Cara Merawat Sepatu Hak Tinggi

Sebagian perempuan, sepatu hak tinggi bisa meningkatkan kepercayaan diri

18 September 2019

Biar Awet, Begini Cara Merawat Sepatu Hak Tinggi
Popmama.com/Onic Metheany

Bagi Mama yang mencintai sepatu hak tinggi, pastinya bisa menggunakan sepatu ini hampir setiap kegiatan. Jenisnya pun beragam, mulai dari Stiletto, Wedge, Pumps, Ankle strap, dan masih banyak lagi.

Bagi sebagian perempuan, menggunakan sepatu hak tinggi mampu meningkatkan kepercayaan diri. Tetapi, apakah kita sudah tepat merawat barang yang bisa membuat kita tampil maksimal ini?

Nah Ma, berikut ini Popmama.com memberikan beberapa tips untuk merawat sepatu hak tinggi agar tetap awet tahan lama. Cari tahu, yuk!

1. Biarkan sepatu hak tinggi kamu beristirahat

1. Biarkan sepatu hak tinggi kamu beristirahat
Freepik

Jika kita suka satu atau dua model sepatu hak tinggi, bisa dikatakan kedua sepatu itu menjadi lebih sering dipakai dari koleksi yang lainnya. Tapi, sebaiknya agar tetap terjaga dan nggak mudah rusak, jangan memakai sepatu terlalu sering ya.

Biarkan sepatu beristirahat dan pilihlah alas kaki yang berbeda sehingga sepatu favorit kamu itu juga bisa bernapas dan siap pertempuran yang berat di hari selanjutnya.

2. Simpan sepatu dalam lemari dengan teratur dan nggak berantakan

2. Simpan sepatu dalam lemari teratur nggak berantakan
bellefit.com

Lemari sepatu adalah cara terbaik untuk menjaga sepatu agar tetap aman dan bebas lembab. Kalau kamu gemar mengoleksi sepatu apapun jenisnya, tak ada salahnya memiliki lemari sepatu yang bagus dan berkualitas sehingga sepatu kamu bisa bertahan lebih lama dan tidak terpengaruh oleh elemen luar.

Editors' Picks

3. Jangan pernah menggunakan sepatu hak tinggi untuk mengemudi

3. Jangan pernah menggunakan sepatu hak tinggi mengemudi

Jangan pernah mengemudi dengan tumit saat mengenakan sepatu hak tinggi. Mengemudi dengan sepatu hak tinggi adalah cara yang pasti bisa merusak sepatu karena tekanan pada tumit saat mengemudi dapat menyebabkan sepatu hak atau beting patah. Kenakan sandal jepit saat mengemudi mobil.

4. Selalu jaga kebersihan sepatu hak tinggi

4. Selalu jaga kebersihan sepatu hak tinggi
Dok. ALDO

Saat ini banyak produk untuk membersihkan sepatu secara cepat. Sebagai rekomendasi kamu bisa menggunakan beberapa produk dibawah ini untuk kamu gunakan:

  • Talas Water Repellent Sprayer merupakan waterproof spray atau spray anti air yang bisa kamu gunakan untuk melindungi sepatu hak tinggi dari air. Bukan hanya untuk sepatu hak tinggi, ini juga bisa digunakan untuk sneakers. Produk ini bisa membuat sepatu kamu terlindungi dari noda cair.
  • Aldo Cleans Nettoie Leather Conditioner. Bagi kamu penggemar sepatu hak tinggi berbahan dasar kulit, penting banget untuk merawatnya secara ekstra. Kamu bisa gunakan Aldo Cleans Nettoie Leather Conditioner untuk membuat sepatu hak tinggi berbaha dasar kulit kamu tetap lembab dan nggak mudah terkelupas. Produk ini juga bisa mengangkat noda pada sepatu dan tas kulit kamu.
  • Cololite Suede Lotion, jika sepatu hak tinggi kamu berbahan suede kamu bisa menggunakan semir sepatu ini untuk menjaganya dari kotoran. Semir sepatu ini bebas minyak, jadi nggak perlu khawatir bahan suede kamu rusak.

Selain menggunakan produk khusus, kamu bisa sering menyapukan kain lembut pada sepatu kulit kamu. Jangan menggunakan sikat kaku buat sepatu suede. Gunakan penghapus suede untuk menghilangkan kotoran atau noda kering.

5. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau pada sepatu

5. Gunakan baking soda menghilangkan bau sepatu
Pexels/kelly samuel

Salah satu cara untuk merawat sepatu hak tinggi adalah menghindarinya dari bau tak sedap. Kamu bisa menggunakan soda kue untuk menyerap kotoran pada sepatu dan mengurangi bau tak sedap.

Masukkan soda kue ke dalam kaos kaki pada malam hari. Keluarkan baking soda keesokan paginya.

Itulah lima tips untuk menjaga sepatu hak tinggi agar tetap awet dan tahan lama. Semoga tips ini dapat berguna buat kamu pecinta sepatu hak tinggi ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!