5 Manfaat Saffron untuk Membuat Kulit Bersih dan Cerah secara Merata

Kandungan skin care dengan saffron sempat menjadi promadona untuk mencerahkan kulit

5 Juli 2022

5 Manfaat Saffron Membuat Kulit Bersih Cerah secara Merata
Freepik/BalashMirzabey

Saffron menjadi salah satu bahan alami yang dikenal sangat baik untuk kulit. Saffron merupakan rempah-rempah yang berasal dari putik bunga Crocus sativus. Meskipun sangat mahal, saffron masih digunakan secara luas di seluruh dunia. Saffron kaya nutrisi dan penuh manfaat  bagi kesehatan, kulit, dan rambut. 

Saffron digunakan sejak zaman kuno sebagai ramuan dalam Ayurveda untuk meningkatkan kecantikan, seperti dilansir dari girlstyle.com. Saffron digunakan untuk berbagai permasalahan kulit seperti bekas luka, jerawat, warna kulit tidak merata, kulit kusam, bercak berubah warna, dan lain-lain.

Nah, ada banyak manfaat baik dari saffron untuk membuat kulit lebih bersih dan cerah merata. Berikut Popmama.com ulas selengkapnya untuk Mama:

1. Saffron bermanfaat sebagai anti-inflamasi

1. Saffron bermanfaat sebagai anti-inflamasi
Thepersianfushion.com

Saffron dikenal sebagai anti-inflamasi. Saffron membantu dalam memberikan bantuan dari sengatan matahari, ruam, iritasi dan kemerahan.

Bukan hanya itu, saffron mengobati luka bakar pada kulit juga. Ya, karena memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

2. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

2. Mencerahkan meratakan warna kulit
Freepik/Jcomp

Saffron membantu mencerahkan dan memutihkan warna kulit. Untuk mengaplikasikannya, Mama dapat merendam beberapa helai safron dalam susu, lalu mengoleskannya pada wajah dan leher  selama beberapa menit dan mencucinya.

Selain itu, Mama dapat menambahkan beberapa helai safron dalam susu dan meminumnya setiap hari untuk mendapatkan kulit yang lebih baik.

3. Saffron dianggap ampuh membasmi jerawat

3. Saffron dianggap ampuh membasmi jerawat
Pexels.com/Polina

Saffron dikenal memiliki sifat anti jamur yang membantu dalam mengatasi jerawat dan noda.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa membuat pasta dengan menghancurkan beberapa lembar saffron bersama dengan beberapa helai kunyit.

Oleskan pasta pada wajah selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Ramuan ini bukan hanya mengurangi jerawat tetapi juga akan membantu menghilangkan noda lho.

Editors' Picks

4. Saffron bisa membuat wajah terlihat lebih cerah

4. Saffron bisa membuat wajah terlihat lebih cerah
Freepik/benzoix

Saffron membersihkan kulit sehingga membuat kulit terasa segar dan membantu menghilangkan lingkaran hitam. Saffron juga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit tampak bercahaya.

Rendam beberapa helai safron semalaman dalam satu sendok teh air. Tambahkan sejumput garam dan sedikit minyak zaitun ke dalam air dan oleskan pada kulit keesokan harinya. Biarkan masker mengering selama 15 menit sebelum dicuci. Rasakan sensasi kulit glowing!

5. Saffron dapat mengurangi hiperpigmentasi

5. Saffron dapat mengurangi hiperpigmentasi
Pexels.com/Rizknas

Hiperpigmentasi terjadi ketika bagian kulit menjadi lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Ini disebabkan oleh kelebihan pigmen, atau melanin. Kamu dapat mengembangkan hiperpigmentasi karena kulit mengalami paparan sinar matahari terus menerus, atau perubahan hormonal, seperti dilansir dari healthline.com.

Sebuah penelitian pada manusia tahun 2013 menemukan bahwa senyawa aktif safron, termasuk crocin, dapat menurunkan melanin. Senyawa ini bekerja dengan menekan tirosinase, enzim yang penting untuk produksi melanin.

Produk Skincare dengan Kandungan Saffron

Produk Skincare Kandungan Saffron
Pexels/Polina Tankilevitch

Setelah mengetahui keunggulan dari saffron untuk kulit, kamu bisa memilih skincare yang memiliki kandungan saffron. Dengan memilih produk dengan kandungan saffron di dalamnya, kamu bisa menikmati keunggulan tanaman ini setiap hari.

Berikut Popmama.com rekomendasikan tiga produk yang di dalamnya terkandung saffron, salah satunya ada produk lokal lho:

Chaiza, Facemist dengan Kandungan Utama Saffron di Dalamnya

Chaiza, Facemist Kandungan Utama Saffron Dalamnya
Dok. Chaiza

Chaiza Saffron Mist menjadi produk skincare yang memiliki kandungan saffron di dalamnya.  Kandungan Saffron Mist dari brand Chaiza nggak perlu diragukan kualitas dan keamanannya, karena produk facemist ini telah memiliki sertifikat BPOM dan Halal, dermatologist tested, dan cruelty free. Selain itu, kandungan utama yang ada di dalam produk ini pun tidak hanya saffron, terdapat juga 3 kandungan utama lainnya seperti, niacinamide, centella asiastica, dan daisy flower. Super lengkap ya!

Manfaat dari kandungan facemist ini diklaim dapat menutrisi kulit, mengontrol produksi sebum (minyak) berlebih, meredakan jerawat dan beruntusan, mencerahkan dan melembabkan kulit, serta mencegah maskne atau dikenal dengan jerawat yang muncul akibat memakai masker. Khasiat dari facemist ini juga telah terbukti dari review-review konsumen dan juga influencer yang dapat dilihat pada media sosial Instagram-nya di @chaizaofficial.id.

“Chaiza saffron mist ini kegunaannya sangat multifungsi, karena bisa digunakan sebagai skincare dan juga sebagai makeup. Apabila dijadikan skincare, facemist kami dapat menjadi booster skincare selanjutnya, dan apabila dipakai setelah makeup, dapat membuat makeup menjadi tahan lama,” kata Anisah Balgis selaku Owner dari brand Chaiza

Tak hanya facemist, brand ini juga mengeluarkan produk Chaiza Sunsation Moisturizer (Sunscreen) dan juga Lip care. Produk Sunsation Moisturizer ini diklaim memiliki 2 kegunaan sekaligus, yaitu seperti memakai sunscreen dan lotion (pelembab), yang nyaman dipakai sehari-hari, bersifat ringan, dan tidak membuat muka berminyak.

Sunsation Moisturizer (Sunscreen) ini memiliki tiga ingredients utama, yaitu centella asiastica, chamomile, dan Tranexamic Acid, ketiga ingredienst tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Produk ini juga telah bersertifikat BPOM, dan Halal, dermatologist tested, dan cruelty free. Untuk produk Lip care nya sendiri memiliki manfaat untuk merawat dan melembabkan bibir, serta menutrisi bibir dan meratakan warna bibir.

Produk skincare dari brand Chaiza pun terbilang cukup affordable, karenadengan kualitas yang bagus dan keamanannya terjamin, produk lokal ini tidak akan membuat kantong bolong. 

Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash

Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash
shopee.co.id

Himalaya menjadi salah satu produk skincare dari India yang didirikan pada tahun 1930 oleh Meraj Manal. Salah satu produknya memiliki saffron sebagai bahan utamanya yaitu Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash.

Himalaya Clear Complexion Whitening Face Wash memiliki kandungan campuran herbal yang premium dari bunga safron, delima, akar manis dan damar putih untuk mencerahkan kulit. Harganya dibawah 50 ribu saja lho.

Nuxe Nuxuriance Anti-Ageing Rich Cream

Nuxe Nuxuriance Anti-Ageing Rich Cream
nuxe.com

Nuxe Nuxuriance Anti-Ageing Rich Cream merupakan krim anti penuaan dengan kandungan saffron di dalamnya. Krim malam anti penuaan yang memiliki kandungan saffron dan bougainvillea bi-floral cells ini membantu meregenerasi dan mengencangkan kulit serta membentuk kembali kontur wajah.

Kulit tampak tidak bergaris dan bercahaya. Tampaknya lebih muda: halus dan padat. Pancaran alaminya ditingkatkan dan fitur-fiturnya terlihat tenang.

Demikian deretan informasi mengenai keistimewaan saffron yang mamou membuat kulit lebih cerah, bersih, dan berbagai manfaat lainnya. Semoga bisa menjadi pertimbangan ketika kamu masih dibingungkan dengan berbagai pilihan kandungan alami dalam produk skincare.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk