Memahami Perawatan Kulit Agar Wajah Tetap Sehat Hingga Tua

Jangan sampai menjelang usia matang, kamu menyesal karena kulit mengalami banyak permasalahan

19 Februari 2019

Memahami Perawatan Kulit Agar Wajah Tetap Sehat Hingga Tua
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Seberapa peduli kamu dengan perawatan kulit wajah? Jika kamu salah satu orang yang jarang mencuci wajah atau membersihkannya setelah seharian beraktivitas, kepedulian kamu terhadap kulit kamu perlu dipertanyakan nih.

Padahal menjaga kesehatan kulit sejak dini menjadi salah satu investasi terbesar bagi perempuan untuk masa depan. Jika kamu merawat wajah kamu, kamu nggak akan mengeluarkan banyak budget di masa depan.

Menjaga kulit tetap sehat membuat kita terhindari dari segala macam permasalahan kulit pada masa yang akan datang seperti flek hitam, jerawat, kulit kering dan kusam serta berbagai permasalahan kulit lainnya.

Perawatan kulit wajah dapat kita lakukan sehari-hari dan rutinitas ini sangat mudah diterapkan. Pertama, kamu harus tahu dulu jenis kulit kamu, apakah kering, berminyak, atau kombinasi.

Selanjutnya, kamu harus tahu apa yang yang diperlukan untuk membentuk rutinitas kulit yang sehat. Perhatikan produk apa yang benar-benar yang kamu butuhkan untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan bersih.

Apa saja jenis produk yang kamu perlukan untuk merawat kulit kamu setiap hari?

1. Pembersih

1. Pembersih
Freepik/Alexander132

Pembersih adalah produk utama yang harus kamu gunakan untuk merawat wajah kamu. Kamu membutuhkanya untuk mencuci wajah. Saat memilih produk pembersih, kamu perlu melihat jenisnya dan sesuaikan dengan kondisi kulit kamu.

Saat mencuci wajah, cucilah dengan lembut dan berhati-hati, jangan menggosok muka terlalu keras. Kemudian, bilas dengan air hangat, jangan gunakan air terlalu panas karena air panas dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit kamu menjadi dehidrasi.

Untuk menemukan pembersih yang tepat, pastinya kamu akan melakukan proses ciba-coba. Sebaiknya, jika kau memiliki kulit kering, pastikan cari jenis pembersih tanpa alkohol atau pewangi. Jika kulit cenderung berminyak, kamu perlu mencari produk bebas minyak.

2. Toner

2. Toner
Freepik/ 3008571

Toner diterapkan setelah mencuci wajah dan dapat menghaluskan, melembutkan, dan menenangkan kulit. Toner sering mengandung bahan yang mengisi dan mengembalikan nutrisi ke kulit dan dapat mengurangi kemerahan dan kekeringan. Sudah kah kamu menggunakan toner sehabis membersihkan wajah?

3. Pelembab

3. Pelembab
Freepik

Seperti halnya pembersih, pelembab juga harus digunakan setiap hari.  Dalam memilih pelembab, cari pelembab yang bebas minyak atau gel. Pelembab dapat mencegah kulit jadi kering, membuat kulit terhidrasi dan halus seharian.

Editors' Picks

4. Tabir surya

4. Tabir surya
Freepik/Rawpixel.com

Beberapa pelembab memiliki kandungan SPF, tapi nggak ada salahnya gunakan tabir surya atau sunscreen juga ya, apalagi kalau kamu sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Jika pelembab sudah punya SPF, maka pilih sunscreen di bawah 30.

Oleskan tabir surya setiap hari, bahkan ketika udara sedang dingin, meskipun kamu menggunakan lengan panjang sekalipun, gunakan tabir surya ya.

Saat terpapar sinar matahari, aplikasikan kembali setiap dua jam. Pastikan tabir surya melindungi kamu dari sinar UVA dan UVB.

Jika kanker kulit dan kerusakan akibat sinar matahari tidak cukup meyakinkan kamu, paparan sinar UV juga merupakan penyebab utama keriput, warna kulit tidak merata, hilangnya kekencangan dan tanda penuaan. Wah, mulai sekarang jangan sampai lupa gunakan sunscreen ya, Ma!

5. Scrubing

5. Scrubing
reflektskincare.com

Inilah produk yang mungkin tidak perlu atau ingin kamu terapkan setiap hari. Jika kamu memiliki kulit kering, kamu dapat melakukan pengelupasan atau scrubing, tetapi kamu harus tetap menggunakannya satu atau dua kali seminggu.

Scrubing, dapat digunakan setelah pembersih tetapi sebelum pelembab, karena membantu menghilangkan kulit yang terkelupas dengan meningkatkan pergantian sel kulit.

Manfaatnya adalah menghilangkan kulit mati dan membuat kulit lebih halus. Tetapi sebagian besar dokter kulit akan merekomendasikan pengelupasan kimiawi pada scrub untuk mencegah kerusakan pada pelindung alami kulit kamu.

6. Serum

6. Serum
Pixabay/saponifier

Tambahan opsional lain untuk rutinitas perawatan kulit kamu selanjutnya adalah menggunakan serum yang mengandung bahan-bahan seperti antioksidan atau retinol. Kandungan ini mendukung kesehatan kulit dalam beberapa cara, seperti menenangkan kemerahan dan meningkatkan tekstur dan kekencangan.

7. Lakukan perawatan kecantikan di klinik jika perlu

7. Lakukan perawatan kecantikan klinik jika perlu
dok. Surface

Selain melakukan perawatan sendiri tak ada salahnya untuk melakukan treatment khusus untuk membuat kulik kamu lebih sehat. Kamu dapat melakukannya di klinik kecantikan yang menawarkan segala jenis perawatan yang kamu perlukan.

Salah satunya, kamu bisa mengunjungi Surface Skin Habit. Surface Skin Habit memiliki tujuan membantu kamu mendapatkan kulit sehat yang ideal, dengan mengkombinasikan mesin perawatan yang dimiliki klinik ini dan dengan perawatan yang ringan.

Konsumen yang melakukan perawatan di Surface Skin Habit dapat tetap menggunakan skin care yang mereka miliki dirumah, tanpa diharuskan mendapatkan resep dokter seperti yang didapat di klinik kecantikan lainnya.

Perawatan Dokter di Surface Skin Habit memberikan saran agar pasien menjalankan perawatan berkala, yang dapat mengatasi beberapa masalah kulit dibawah ini, seperti 

  • Oily
  • Acne
  • Anti Aging
  • Dry & Dehydration
  • Dullness
  • Pores

Di surface juga menghadirkan perawatan slimming treatments, hair removal and hair growth. Eyelash extension juga menjadi salah satu perawatan kecantikan yang kami tawarkan. Semua perawatan di Surface Skin Habit adalah perawatan non-ivasive dimulai dari facials, estetik kedokteran sampai ke injeksi seperti botox dan fillers.

Ditemui dalam press conference pada Kamis (14/2) pembukaan new clinic expansion di Setiabudi, Kuningan Jakarta, salah satu dokter kecantikan di Surface Skin Habit, dr. Dinda Fath Faathiren, MBBS, perawatan di klinik dibutuhkan sebagai salah satu komponen pelengkap dari rangkaian perawatan kesehatan wajah dan tubuh.

"Perawatan rutin yang dilakukan di rumah, dengan perawatan di kliniksifatnya adalah saling melengkapi. Keduanya harus dilakukan bersamaan," tambahnya. 

Jadi, bukan berarti meskipun kamu lakukan perawatan wajah di klinik manapun, kamu juga harus tetap perawatan di rumah secara rutin ya, agar hasilnya lebih maksimal.  

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!