Memasuki Akhir Tahun, Lakukan Hal Ini untuk Buat Kamu Merasa Bahagia

Me time diakhir tahun bisa menjadi cara terbaik menutup buku

26 Desember 2019

Memasuki Akhir Tahun, Lakukan Hal Ini Buat Kamu Merasa Bahagia
Pexels/Just Name

Waktu berjalan begitu cepat, apa resolusi tahun ini sudah terwujud? Atau masih beberapa prioritas yang justru terabaikan. Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang merasa bahwa ternyata masih banyak hal yang belum tercapai di tahun ini. 

Tapi, apakah kita sudah merasa bahagia pada tahun 2019 ini? Ternyata, banyak orang yang merasa bahwa dirinya masih belum bahagia. Ada banyak hal yang membuat orang merasa tidak bahagia.

Dalam acara Bio-Oil Year End Gathering 2019 dengan tema “Bio-Oil, Your Healthy Skin Habit: The Treasure is You” yang berlangsung pada 13-14 Desember 2019 di Royal Tulip Gunung Geulis, Bogor, Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengatakan bahwa banyak hal sederhana yang bisa membuat kita merasa bahagia asal kita bisa selalu bersyukur dan tidak selalu membandingkan diri dengan orang lain. 

Rosdiana mengatakan, saat kita sedang bahagia terdapat tiga hormon yang bekerja, diantaranya:

  • Serotonin: Perasaan senang dan tenang 
  • Dopamine: Saat kita melakukan kegiatan yang menyenangkan 
  • Oxytocin: Saat kita dekat dengan orang yang kita sayang

Ada banyak cara untuk membuat kamu bahagia seperti melakukan kegiatan yang kamu suka dan menyenangkan. Rosdiana menambahkan dengan melakukan hal yang membuat kamu bahagia, sama dengan peduli dengan diri kamu sendiri atau istilahnya adalah self care. Beberapa kegiatan ini, bisa menjadi cara kamu untuk lebih membuat diri kamu merasa nyaman dan bahagia. Apa saja?

1. Painting on leather journal

1. Painting on leather journal
Dok. Bio Oil Indonesia

Melukis menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Menggambar atau melukis dipercaya dapat membuat merasa bahagia dan mengurangi hormon stres yang disebut kortisol. Melukis melepaskan perasaan baik yang disebut endorfin dan membantu melawan stres dan rasa sakit. 

Dengan membiarkan kita menikmati lukisan yang kita buat tanpa memikirkan bagus atau tidak dapat menimbulkan rasa puas yang membuat kita menjadi manusia yang lebih positif. Salah satu kegiatan melukis yang menyenangkan adalah melukis di journal dengan bahan kulit. Dalam acara Bio-Oil Year End Gathering 2019 beberapa waktu lalu, Popmama.com melukis bersama Tangkap Seni. 

Menurut Rena Octavia selaku Owner & Primary Teacher dari Tangkap Seni, dengan melukis kita bisa lebih mencintai diri sendiri melalui 3 proses berikut: 

  1. Sebelum melukis, semua kosong dan belum tahu jadinya seperti apa tapi kita kasih kepercayaan ke diri bahwa akan tercipta sesuatu yang indah dari lukisan nanti. Ya walau ada keragu-raguan juga kadang muncul. 
  2. Saat melukis, kita menuangkan yang ada di imajinasi kita dengan feeling yang tetap percaya akan tercipta sesuatu yang indah nanti. "Dalam proses, possible banget ada kesalahan. Uniknya dalam melukis banyak cara menghapus kesalahan, dengan penambalan warna cat lain atau membuat objek manis dari kesalahan tersebut. Sama seperti diri kita yang pasti pernah salah dalam menjalani kehidupan, tapi karena kita cinta diri kita, banyak cara untuk memaafkan kesalahan kita, let it go, bahkan kita bisa membuat kesalahan itu jadi sesuatu yang manis kedepannya," ungkap Rena. 
  3. Selesai melukis, kita akan appreciate diri kita bahwa petualangan telah selesai dan kita berhasil. "Ada sesuatu dalam diri yang ter-release lho karena kita sedang Me Time selama melukis, dan ada perasaan ga nyangka juga, kok bisa jadi seindah itu ya hehehe," katanya. Menurut Rena, seni itu relatif, yang paling penting adalah pujian terbesar datang dari diri sendiri. Kepuasan tersendiri ada dalam hati kita yang telah melalui proses dari awal sampai akhir. Seketika sadar bahwa diri ini luar biasa mampu mencapai garis finish.

Rena membenaarkan bahwa melukis adalah salah satu cara yang bisa membuat kita merasa lebih cinta sama diri sendiri.

Pada acara Gathering yang diadakan Bio Oil, kami melukis di atas leather journal yang akan kami gunakan untuk tahun 2020, kami membuat wajah kami sendiri. Pada sampul halaman depan, kami membuat wajah kami sesuai dengan keinginan kami yang mewakili setiap karakter dan warna pada diri kami. Ini menjadi cara untuk merasa lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. 

Editors' Picks

2. Mengikuti workshop tentang self care

2. Mengikuti workshop tentang self care
Dok. Bio Oil Indonesia

Kegiatan selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk membuat merasa bahagia adalah bertemu dengan banyak orang-orang positif dalam sebuah workshop dengan tema self care.

Datang ke tempat yang membahas pesan-pesan yang positif mampu membuka pikiran kita bahwa kehidupan nggak bicara soal kemarin dan hari ini melainkan harus berpikir untuk esok dan masa depan. 

Kita bisa mencari berbagai workshop dengan tema yang kaitannya dengan self care atau mental health di media sosial. Bukan hanya mendapat banyak masukan positif, datang ke sebuah workshop juga bisa membuat kita bertemu teman yang baru dengan misi yang sama.

3. Memanjakan diri dengan pijat refleksi

3. Memanjakan diri pijat refleksi
Dok. Bio Oil Indonesia

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat bahagia adalah memanjakan diri ke tempat refleksologi. 

Memijat beberapa titik tubuh bisa membuat kita merasa santai selama dipijat. Melakukan pijat refleksi juga membantu mengurangi kecemasan bahkan depresi. 

Saat tubuh terasa sangat lelah, nggak sedikit orang memilih melakukan refleksi. Gunakan minyak dengan khasiat dan aroma yang menenangkan untuk menambah perasaan nyaman.

4. Ikut kelas modern dance

4. Ikut kelas modern dance
Dok. Bio Oil Indonesia

Bagi banyak orang, menari bisa mendorong pelepasan emosi. Menari juga meningkatkan kesadaran spasial, serta meningkatkan detak jantung dan menyebabkan pelepasan endorfin yang baik ke dalam aliran darah, ditambah dengan musik yang enerjik mampu membuat kamu merasa senang dalam melakukan setiap gerakan dalam tarian. 

Nah, nggak ada salahnya nih, mengikuti kelas modern dance dipenghujung tahun ini. Buat diri menjadi lebih produktif dengan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan pastinya. Kalau kamu suka dan senang dalam melakukan kegiatan ini, nggak ada salahnya terus berlanjut hingga tahun depan. 

5. Mulai melakukan perawatan kulit

5. Mulai melakukan perawatan kulit
Dok. Bio Oil Indonesia

Kegiatan terakhir yang juga bisa membuat kamu senang adalah merias diri dan melakukan perawatan kulit agar lebih sehat dan bersih. 

Gunakanlah produk makeup yang sudah lama sekali kamu ingin coba. Setelah makeup, lakukan perawatan kulit dengan produk yang terjamin mutunya. Mulai mencoba rutin menggunakan skin care agar kamu bisa lebih mencintai kulit kamu. 

Punya kulit yang sehat dan tidak kering menjadi salah satu cara kamu peduli sama diri kamu sendiri. Sesederhana, jangan pernah lagi melupakan cuci muka, menggunakan krim pelembab, atau mulai mengguanakan produk yang mengandung vitamin E dan A, minyak dari tumbuh-tumbuhan yang baik untuk mengatasi kulit kering serta mampu melembabkan. 

Itulah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita merasa bahagia. Mencintai dan menghargai diri kita serta banyak bersyukur ketimbang mengeluh terus bisa menjadi cara sederhana membuat hati kita senang dan lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.