Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Persiapan Wajib yang Harus Dilakukan sebelum Makeup agar Riasan Awet

Jangan abaikan ritual skincare sebelum menggunakan makeup

28 November 2022

7 Persiapan Wajib Harus Dilakukan sebelum Makeup agar Riasan Awet
Freepik/cookie_studio

Saat menggunakan makeup, salah satu permasalahan yang kerap ditemukan adalah riasan yang nggak bisa bertahan lama.

Pastinya menyebalkan ketika sudah menghabiskan sepanjang waktu buat makeup yang sempurna, menjelang siang makeup sudah berantakan.

Selain teknik makeup yang tepat, mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk makeup juga sangat disarankan.

Apa saja rutinitas perawatan kulit sebelum makeup  untuk mendapatkan riasan yang tahan lama, Popmama.com akan menjabarkannya untuk kamu.

Mengapa Penting Mempersiapkan Kulit Wajah dengan Pakai Skincare sebelum Makeup?

Mengapa Penting Mempersiapkan Kulit Wajah Pakai Skincare sebelum Makeup
Pexels/ANTONI SHKRABA

Jika kamu ingin memastikan bahwa penampilan tetap terjaga sepanjang hari (namun tetap terlihat sesempurna saat pertama kali meninggalkan rumah), kamu harus mempersiapkan kulit dengan benar.

Kalau kamu tidak melakukan langkah-langkah yang diperlukan sebelum makeup, mungkin kamu akan mendapatkan wajah yang kering, kusam, atau makeup yang tidak rata. 

Ada beberapa langkah yang harus kamu persiapkan, ini dia:

1. Membersihkan wajah dengan tepat

1. Membersihkan wajah tepat
Pexels/ Amar Preciado

Sebelum kamu mulai mempersiapkan kulit untuk riasan, pastikan untuk memulai dengan kulit yang bersih dan kering.

Cara membersihkan wajah juga harus tepat Menggunakan gerakan melingkar, gosokkan pembersih favorit kamu dengan lembut ke kulit untuk menghilangkan kotoran, polusi, dan minyak.

Gunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu ya. 

2. Lakukan eksfoliasi wajah minimal 2 kali seminggu

2. Lakukan eksfoliasi wajah minimal 2 kali seminggu
Instyle.com

Sama seperti kulit di bagian tubuh lainnya, wajah juga perlu dikelupas untuk menghilangkan sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori. Mengatasi kulit kering? 

Eksfoliasi juga dapat membantu meringankan bercak kering yang dapat menyebabkan kulit tidak rata atau berjerawat. Namun, jika memiliki kulit sensitif, formula dari produk untuk eksfoliasi tertentu mungkin agak keras untuk kamu gunakan.

Coba lakukan uji tempel pada sebagian kecil kulit  untuk memastikan tidak mengalami reaksi. Sebaiknya pengelupasan wajah segera setelah dibersihkan. 

Setelah membilas wajah, pijat dengan lembut formula exfoliator pilihan ke kulit dengan ujung jari menggunakan gerakan melingkar yang lembut. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat.

Editors' Picks

3. Jangan lupa, pakai toner!

3. Jangan lupa, pakai toner
Instagram.com/avoskinbeauty

Toner adalah langkah yang sering diabaikan dalam rutinitas perawatan kulit kita sehari-hari, tetapi ini adalah waktu resmi untuk menambahkannya ke rangkaian produkmu.

Toner membantu menenangkan dan melindungi kulit sambil membantu mempersiapkannya untuk langkah paling penting dalam rutinitas kamu.

Oleskan sedikit ke kapas dan sapukan produk dengan lembut ke seluruh wajah dan leher.

Salah satu rekomendasi toner yang bisa kamu coba adalah AVOSKIN Miraculous Refining Toner. Toner yang satu ini su menjadi best seller lho. 

Kandungannya cukup lengkap, yaitu kombinasi AHA-BHA-PHA+ Niacinamide + 2% Tea Tree + Witch Hazel dan kandungan Aloe Vera yang efektif melindungi kulitmu. 

4. Gunakan pelembap untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit

4. Gunakan pelembap memberikan perlindungan ekstra kulit
Skintific.id

Selanjutnya pada daftar tugas pra-makeup adalah melembapkan. Oleskan pelembap dalam jumlah banyak ke seluruh wajah saat kulit masih sedikit lembap karena toner.

Salah satu merek pelembap yang bisa kamu gunakan sebelum makeup adalah SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Moisture Gel. 

Produk ini, diformulasikan menggunakan teknologi 5X Ceramides yang meniru struktur skin barrier kita, moisturizer ini menggunakan 5 tipe Ceramide yang memiliki fungsi berbeda untuk menjaga kesehatan kulit (Ceramide NP, Ceramide AP, Ceramide NS, Ceramide AS, Ceramide EOP). 

Memiliki tekstur seperti gel yang sangat ringan pada kulit, pelembap ini menyimpan banyak kandungan air sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif

5. Lindungi kulit dari paparan sinar dengan sunscreen

5. Lindungi kulit dari paparan sinar sunscreen
Dok. Hanasui

Terutama bagi kamu yang menggunakan makeup agar tidak terpapar sinar matahari maupun sinar gadget, jangan pernah abaikan menggunakan sunscreen ya. 

Pilihlah sunscreen dengan kandungan lengkap. Kamu bisa mencoba Hanasui yang kembali mengeluarkan produk Sunscreen dengan SPF yang lebih rendah guna memenuhi kebutuhan kulit wajah agar terlindungi dari paparan sinar UVA & UVB meski di dalam ruangan terutama untuk yang sering menggunakan gadget seharian.

Hanasui Collagen Water Sunscreen SPF 30+ PA++++ hadir dengan Super Skin Protector, memiliki kandungan Blue Oléoactif® yang berbahan dasar alami dari tumbuhan serta mengandung Mugwort Extract. Blue Oléoactif® itu sendiri berguna untuk meningkatkan perlindungan kulit dari bahaya sinar biru yang berasal dari paparan sinar matahari dan gadget serta polusi lingkungan.

Dengan formulanya yang ringan mampu melindungi kulit dari sinar UVA & UVB sampai 97%. Hanasui Collagen Water Sunscreen SPF 30+ PA++++ ini juga cocok untuk semua jenis kulit, no alcohol & no perfume, tidak lengket dan tidak menimbulkan whitecast. Kulit terasa 3x lebih lembap, halus, dan kenyal setelah pemakaian.

6. Gunakan primer agar kulit siap jadi kanvas makeup kamu

6. Gunakan primer agar kulit siap jadi kanvas makeup kamu
Freepik/artursafronovvvv

Tahap selanjutnya, mengoleskan primer mungkin merupakan langkah yang paling penting. 

Primer membantu menciptakan kanvas yang halus dan rata pada kulit dan membantu membuat alas bedak tahan lama, perona pipi, bronzer, dan produk wajah lainnya.

Jika menginginkan riasan yang bertahan dari pagi hingga sore, menemukan primer yang diformulasikan khusus untuk jenis dan masalah kulitmu dan menggunakannya secara konsisten adalah suatu keharusan.
 
Apakah kamu menginginkan hasil akhir dewy atau matte, pilihlah primer yang akan membantu. Kamu mencapai tampilan akhir yang  diinginkan (sebaiknya gunakan primer berbasis non-silikon).

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak dalam beberapa jam, pertimbangkan primer mattifying yang akan membantu mencegah kulit  menjadi berminyak atau berkilau sepanjang hari.
 
Untuk kamu dengan kulit kering di luar sana, pilihlah primer yang menghidrasi yang membantu Anda mendapatkan hasil akhir yang tahan lama dan bercahaya. 

7. Jangan lupakan kelembapan bibir

7. Jangan lupakan kelembapan bibir
Pexels/Burst

Persiapan wajah belum selesai, pastikan juga untuk menunjukkan sedikit cinta pada bibir. Memiliki bibir kering dapat membuat lipstik tampak terkelupas atau tidak rata, terutama jika kamu memilih formula matte klasik atau Lipstik Cair. 
 
Sebelum mengaplikasikan warna pilihan, lapisi bibir  dengan Lip balm. Lip balm yang tidak berwarna dan ringan sangat menghidrasi, menghaluskan, dan mempersiapkan bibir, menciptakan kanvas yang sempurna untuk tampilan bibir apa pun.

Itu dia 7 persiapan sebelum menggunakan makeup yang bisa kamu jadikan rutinitas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk